Comscore Tracker

Xiaomi Gandeng Kamera Leica, Tanda-tanda Xiaomi 12 Ultra?

Kita tunggu Juli 2022 nanti!

Sebagai salah satu HP Android terlaris di Indonesia, Xiaomi terus memanjakan para pencinta gadget. Selain harga yang "merusak" pasar, Xiaomi menawarkan HP Android dengan spek ala flagship untuk umum.

Kabar terbaru dari raksasa gadget asal China tersebut adalah kerja samanya dengan produsen kamera Jerman, Leica. Awalnya dengan Huawei, apa buah dari kerja sama Xiaomi dan Leica?

1. Peningkatan imaging dan fotografi

Lewat unggahannya di Instagram pada Senin (23/5/2022), Xiaomi Indonesia dengan bangga mengumumkan kerja sama teranyarnya dengan Leica. Menurut keterangan Xiaomi Indonesia, kerja sama ini bertujuan meningkatkan mobile imaging dan fotografi pada HP Xiaomi selanjutnya.

"Xiaomi dan Leica berbagi gagasan yang sama mengenai mobile imaging, dan kami ingin membawa mobile photography ke level selanjutnya," ujar CEO Xiaomi, Lei Jun, dalam pernyataan resmi.

Setuju dengan Jun, CEO Leica, Matthias Harsch, mengatakan bahwa kerja sama perdana jangka panjang dengan Xiaomi akan memperlihatkan "kemajuan dua perusahaan" tersebut. Dengan kerja sama ini, Matthias menjanjikan kualitas gambar luar biasa sesuai standar Leica serta kreativitas tanpa batas.

Baca Juga: Baru Rilis! Ini 5 Kelebihan Leica Q2 Dibanding Kamera Lain di Kelasnya

2. Huawei sempat menyangkal

Leica awalnya terkenal bekerja sama dengan raksasa teknologi China lainnya, Huawei. Sejak 2016, Leica terlibat di kamera HP flagship Huawei secara perdana dengan P9. Meski begitu, pada 2021, Leica dikabarkan tengah mencari mitra baru dan seri P50 akan jadi penghujung Leica di Huawei.

Menurut GSM Arena, hal ini dikarenakan dampak konflik perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China. Sementara baik Huawei dan Leica menyangkal kebenaran rumor tersebut, tampaknya, informasi tersebut terbukti benar dengan langkah terbaru Leica menggandeng Xiaomi.

3. Berpotensi hadir di Xiaomi 12 Ultra

Berbagai kabar burung memperkirakan bahwa Xiaomi akan mengusung lensa Leica secara perdana di seri lanjutan Xiaomi 12, yaitu Xiaomi 12 Ultra. Xiaomi dipastikan akan meluncurkan produk baru pada Juli 2022, dan besar kemungkinan Leica terlibat di dalamnya.

Saat terpasang di seri P Huawei, Leica menghadirkan gambar-gambar monokrom melalui piranti lunaknya dengan dukungan perangkat keras HP Huawei, serta aplikasi kamera yang menghadirkan filter warna. Jadi, kemungkinan besar, kita akan melihat hal yang sama di ponsel Xiaomi selanjutnya.

Menurut bocoran desain dari media sosial China, Weibo, Xiaomi 12 Ultra diperkirakan akan hadir dengan empat kamera belakang. Selain Leica, laman Engadget meramalkan bahwa Xiaomi 12 Ultra juga akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yang baru meluncur Jumat (20/5/2022) kemarin, Snapdragon 8+ Gen 1.

Info selengkapnya? Mari kita tunggu bulan Juli mendatang! Sebagai gambaran, kemungkinan besar, Xiaomi 12 Ultra akan berbentuk seperti ini:

https://www.youtube.com/embed/pxVTEAwbSiY

Baca Juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya