Comscore Tracker

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!

Apa bedanya dengan EKG?

Bosan dengan jam analog atau digital yang begitu-begitu saja? Mungkin kamu sedang memikirkan untuk beralih ke jam multifungsi yang bisa tersambung ke smartphone dan bisa membuatmu lebih sehat. Kalau begitu, kamu bisa membeli smartwatch!

Sudah mengumpulkan brosurnya? Kemungkinan besar kamu akan melihat tulisan "ECG" atau "EKG" pada salah satu fiturnya. Apa itu fitur ECG atau EKG? Dan... mengapa begitu populer untuk smartwatch masa kini? Yuk, kenali apa itu ECG dan perannya di smartwatch.

1. Apa itu ECG

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!Hasil bacaan ECG dengan 12 lead. commons.wikimedia.org

ECG atau EKG adalah singkatan untuk "Elektrokardiogram", yaitu alat tes mengukur aktivitas listrik di jantung. Saat jantung berdetak, gelombang listrik pun terpicu. Hal ini menyebabkan jantung berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh.

Di sini, ECG/EKG bertugas untuk mengukur gelombang listrik tersebut untuk indikator kesehatan penggunanya. ECG/EKG melihat apakah aktivitas jantung normal, terlalu lambat atau cepat, dan tidak teratur. Selain itu, sebenarnya, ECG/EKG dapat memantau ukuran jantung dan apabila jantung terlalu diforsir bekerja.

2. ECG dan EKG, di mana bedanya?

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!verywellhealth.com

Daritadi, ECG dan EKG muncul terus. Terkadang, ada yang tulis ECG; terkadang, ada yang tulis EKG. Jadi, mana yang benar? Jawabannya, dua-duanya benar! Letak perbedaan ECG dan EKG hanya pada ejaan dan singkatan saja.

ECG adalah singkatan Bahasa Inggris untuk "Electrocardiogram" atau "Electrocardiograph". Sedangan, EKG adalah singkatan Bahasa Jerman untuk "Elektrokardiogramm". Itu saja! Dari segi fungsi, baik ECG dan EKG memiliki kegunaan yang sama untuk deteksi jantung.

3. Cara kerja ECG

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!Seorang wanita menggunakan alat ECG untuk memeriksa jantung. commons.wikimedia.org

Di masa lampau, ECG/EKG digunakan secara eksklusif oleh tenaga medis profesional atau kardiolog untuk memantau keadaan pasien. Caranya, mereka menempelkan 10 tempelan elektroda ke dada, lengan, dan kaki pasien yang tersambung ke ECG/EKG untuk melihat pola listrik jantung. Butuh sekitar 10 menit untuk pemindaian ECG/EKG penuh.

Dengan menyertakan fitur ECG/EKG ke smartwatch, pasien dengan gangguan jantung dapat memantau jantungnya sebelum berkonsultasi ke dokter atau kardiolog. Selain mempermudah dirinya, hal ini juga mempermudah diagnosis tenaga kesehatan tanpa harus mengulang-ulang konsultasi.

Tetapi, perlu ditekankan, ECG/EKG di smartwatch tidak bisa menggantikan fungsi ECG/EKG asli! Meskipun ECG/EKG dapat memantau keadaan jantung, jika keadaan jantung tidak wajar, segera berkonsultasi dengan dokter atau kardiolog.

Baca Juga: 7 Smartwatch Garmin Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

4. Kenapa ECG tidak tersedia untuk semua smartwatch?

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!ECG pada smartwatch. smartwatchhelp.com

Dewasa ini, kita melihat berbagai produsen smartwatch kesehatan, seperti Fitbit, Samsung, Apple, hingga Garmin, yang menyertakan fitur ECG/EKG. Kalau sepenting itu fitur ECG/EKG, mengapa tidak dibekalkan di semua smartwatch? Kenapa yang flagship saja? Ada beberapa faktor!

ECG/EKG pada smartwatch biasanya hanya niche atau untuk menarik kalangan tertentu. Contoh, smartwatch dengan ECG/EKG akan lebih laris di kalangan pasien dengan gangguan jantung. Karena mayoritas orang tidak begitu melek dengan fitur ECG/EKG, maka mayoritas produsen pun tidak menyertakannya di semua produk.

5. Butuh approval dari FDA dulu

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!Ilustrasi: Smartwatch dengan fitur ECG/EKG. smartwatchspace.com

Alasan kedua kenapa ECG/EKG hanya ada di smartwatch premium adalah karena rumitnya proses pembekalan fitur tersebut. Sebelum ada di pasar, sensor ECG/EKG di smartwatch harus melewati izin medis. Contoh, di AS, harus melewati Badan Pengawas Makanan dan Obat (FDA), sedangkan tanda CE untuk kawasan Eropa.

Oleh karena itu, tidak sedikit smartwatch yang tidak "wisuda" ke pasar karena terhambat di izin medis. Seperti contoh, ScanWatch dari Withings yang diumumkan pada 2020 lalu, sudah mendapatkan CE, tetapi masih menunggu FDA. Jadi, meskipun sudah beredar di Eropa, di AS masih belum ada kabar.

Selain Withings, Fitbit pun sempat mengalami kendala dengan Sense, smartwatch pertamanya dengan fitur ECG/EKG. Dirilis September 2020, izin FDA untuk aplikasi pemantauan ECG/EKG pada Sense baru datang pada Oktober 2020!

6. Beberapa contoh smartwatch dengan fitur ECG terbaik

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!Jajaran smartwatch. youtube.com

Meskipun hanya niche, dengan kesadaran kesehatan yang meningkat di masyarakat, smartwatch dengan fitur ECG/EKG pun terus laku di seluruh segmen. Tertarik juga untuk membeli satu? Inilah beberapa smartwatch dengan fitur kesehatan dan ECG/EKG terbaik:

  • Huami Amazfit Verge 2
  • Apple Watch Series 6
  • Apple Watch Series 5
  • Apple Watch Series 4
  • Fitbit Sense
  • Samsung Galaxy Watch 3
  • Samsung Galaxy Watch Active 2

7. Pertimbangan sebelum beli smartwatch dengan ECG

Mengenal Fitur ECG, yang Sedang Tren pada Smartwatch!Smartwatch dengan fitur ECG/EKG. thecardiologyadvisor.com

Entah untuk kesehatan atau sekedar fashion, fitur ECG dan EKG pada smartwatch memang berguna untuk mengevaluasi kinerja jantung secara rutin. Tetapi, untuk pasien gangguan jantung seperti aritmia atau fibrilasi atrium (AFib), fitur ini dapat menyelamatkan nyawa!

Untuk para pasien gangguan jantung, perangkat smartwatch dengan ECG/EKG dapat memperingatkan mereka akan keadaan jantung sebelum terlambat. Selain itu, bagi mereka yang memiliki riwayat gangguan jantung, smartwatch ECG/EKG adalah langkah proaktif.

Demikian perkenalan singkat mengenai fitur ECG atau EKG pada smartwatch masa kini. Bukan sekadar gimmick, memang fitur ini ada gunanya untuk jantung, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan atau memiliki riwayat gangguan jantung.

Baca Juga: 7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaan

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya