Comscore Tracker

3 Perbedaan Mencolok Hasil Kamera Galaxy S20 Ultra vs Mi Note 10 Pro

Sama angka, beda kelas

Pada Februari, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, seri S20, S20+, dan S20 Ultra ke pasaran. Terhalang konektivitas, seri S20 hanya dilengkapi dengan teknologi LTE. Namun, bukan di situ letak daya tariknya.

S20 Ultra, seri teranyar dari S20, mengusung empat lensa kamera dengan resolusi yang tidak main-main, 108 MP! Bukan hanya itu, S20 juga memamerkan kualitas rekam video yang jernih pake BANGET, 8K!

Hoam...

Bagi para penggemar Xiaomi, itu sudah bukan hal yang baru. Mengapa? Kamera dengan resolusi 108 MP pun mereka juga punya. Sebelum rilisnya S20, Xiaomi pada Januari merilis ponsel cerdas flagshipnya, Mi Note 10 Pro, di Indonesia.

Eits, jangan senang dulu, para pengabdi Xiaomi! It's time for the bitter truth.

Sama-sama 108 MP, apakah yang membedakan kedua ponsel cerdas ini? Jawabannya adalah "sensor kamera". Mari bandingkan sensor kamera S20 Ultra (seri S20 yang memiliki 108 MP) dengan Mi Note 10 Pro.

1. Sensor kamera yang lebih mutakhir

3 Perbedaan Mencolok Hasil Kamera Galaxy S20 Ultra vs Mi Note 10 Prosamsung.com

Walaupun sama-sama 108 MP, (maaf-maaf, nih!) Xiaomi harus mengakui keunggulan Samsung dalam segi sensor kamera.

"Mengapa begitu?"

Mi Note 10 Pro menggunakan ISOCELL Bright HMX, sementara S20 Ultra menggunakan ISOCELL Bright HM1. Fun fact, kedua sensor kamera ini diproduksi oleh Samsung! Dari sini saja sudah ketahuan, mana yang lebih dominan.

Sensor kamera HM1 lebih mutakhir dibandingkan HMX jika dibandingkan dalam sektor penggabungan piksel (pixel binning).

Baca Juga: Hands-On Samsung Galaxy S20: Ini Spesifikasi, Harga dan Keunggulannya!

2. Teknologi pixel binning yang lebih mutakhir

3 Perbedaan Mencolok Hasil Kamera Galaxy S20 Ultra vs Mi Note 10 Prothenewspocket.com

Lanjut dari poin pertama, mengapa teknologi pixel binning pada kamera S20 lebih mutakhir daripada Note 10 Pro? Begini penjelasannya.

Mi Note 10 Pro mengusung teknologi "Tetracell" pixel binning. Artinya, kamera Mi Note 10 Pro menggabungkan empat (tetra) piksel sebesar 2x2 untuk membuat satu piksel besar.

Sementara, S20 Ultra mengusung teknologi pixel binning yang lebih mutakhir, yaitu "Nonacell". Sesuai namanya, nonacell menggabungkan sembilan (nona) piksel sebesar 3x3 untuk tujuan yang serupa, membuat satu piksel besar.

Satu piksel berukuran 0,8 mikron. Ukuran piksel efektif dalam kamera S20 Ultra jauh lebih besar, mencapai 2,4 mikron dari nonacell. Sementara, dari tetracell Mi Note 10, ukuran piksel efektif yang dicapai hanya 1,6 mikron.

Singkatnya, semakin besar ukuran piksel efektifnya, semakin banyak informasi cahaya yang tertangkap oleh kamera. Jadi, S20 Ultra dapat menangkap momen secara lebih efektif dalam lingkungan minim cahaya sekalipun, ranah yang menjadi kelemahan fatal Mi Note 10 Pro.

3. Kamera HDR ala Samsung

3 Perbedaan Mencolok Hasil Kamera Galaxy S20 Ultra vs Mi Note 10 Procnet.com

Selain teknologi pixel binning dan sensor kamera yang lebih superior, perbedaan mencolok terakhir adalah kamera S20 memiliki mode real-time HDR yang absen pada kamera Mi Note 10 Pro.

Apakah saat peluncurannya, Mi Note 10 Pro mengungkit mode rekam video 8K dan zoom 100x? Tidak, kan? Hal ini disebabkan karena memang Mi Note 10 Pro tidak memiliki fitur tersebut pada kameranya.

Itulah perbedaan mencolok dari persamaan angka resolusi S20 Ultra dan Mi Note 10 Pro. Bagaimana menurut kamu, baik penggemar Xiaomi atau penggemar Samsung? Apakah perbandingan tersebut sudah apple-to-apple? Kamu tim mana, nih?

Baca Juga: Terjangkau, Ini 8 Smartphone Terbaik Xiaomi di 2020 yang Layak Diburu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya