Comscore Tracker

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalan

Flagship kelas tengah LG tertunda COVID-19

Di tengah persaingan ponsel cerdas masa kini, nama LG, perusahaan elektronik asal Korea Selatan, mungkin telah redup dalam bayangan Samsung, iPhone, dan merek ponsel cerdas lainnya.

Pada Mobile World Congress 2020 (MWC 2020) yang seharusnya digelar pada Februari lalu namun dibatalkan karena amukan virus corona yang baru (COVID-19), LG terpaksa harus menunda perkenalan produk flagship kelas menengah terbarunya untuk 2020, LG G9 ThinQ, sebagai penerus LG G8 ThinQ.

Karena kecepatan penyebaran informasi berkat internet, prediksi spesifikasi G9 ThinQ dari bentuk hingga dapur pacunya pun sudah kurang lebih diketahui oleh para pencinta gawai.

1. Segi desain

https://www.youtube.com/embed/2Bb2wSombVE

Dari segi desain, LG G9 ThinQ, yang memiliki desain serupa dengan LG G8X.

Dilansir dari situs OnLeaks dan CashCaro, paten render yang diajukan oleh LG menunjukkan bahwa G9 tidak akan memiliki tombol. G9 memiliki ukuran dimensi 169,4 mm x 77,6 mm x 8,8 mm.

Pada sisi depan, layar G9 dilengkapi dengan kamera swafoto bergaya teardrop dan mengusung OLED beresolusi 1080p. Kabar baik bagi kamu yang suka dark mode. Selain itu, layar G9 ThinQ juga terbuat dari Corning Gorilla Glass yang membuatnya tahan gores.

Menariknya, G9 ThinQ hampir bezel-less. Dimensi layar G9 diprakirakan akan selebar 6,7 - 6,9 inci. Pada sisi belakang LG G9, terdapat empat kamera yang disusun secara horizontal, satu perkembangan jika dibandingkan G8. Tidak terlihat pemindai sidik jari di belakang atau di depannya.

2. Dapur pacu

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalanandroidauthority.com

Setelah membaca spesifikasi dapur pacunya, mungkin kamu bertanya-tanya,

"Ini flagship dari LG?"

Perlu kami luruskan bahwa memang LG tidak ingin mengenakan Snapdragon 865 yang dibandrol lebih mahal. Hal tersebut membuat LG G9 ThinQ berada di kisaran pasar menengah.

"Apa alasannya?"

Hal tersebut akan dijawab di poin selanjutnya.

Sebelumnya, banyak pihak yang memprediksi bahwa dapur pacu LG G9 ThinQ akan mengikuti ponsel-ponsel cerdas di awal paruh 2020, yaitu dilengkapi dengan chipset QualComm Snapdragon 865, sama seperti LG V60 ThinQ.

Akan tetapi, GSMArena justru mengatakan hal lain. LG dikatakan akan memperlengkapi G9 ThinQ dengan Snapdragon 765G, CPU Kyro 475 octa-core, dan GPU Adreno 620. LG G9 ThinQ juga diprediksi akan dibekali oleh sistem operasi Android 10, versi Android teranyar saat ini, dengan kemungkinan untuk naik tingkat ke Android 11.

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalanqualcomm.com

Kabar gembira bagi para mobile gamers, LG G9 ThinQ yang dilengkapi dengan Snapdragon 765G akan mendapatkan fitur yang meningkatkan pengalaman gaming-mu. Fitur tersebut diberi nama "Snapdragon Elite Gaming" yang mencakup fitur:

  • Game Smoother,
  • Game Fast Loader, dan
  • Game Network Latency Manager.

Pastinya, dengan fitur-fitur ini, bermain gim pada LG G9 ThinQ jauh lebih apik dan cepat. Qualcomm menyebut Adreno 620 pada Snapdragon 765G dapat melakukan rendering 10 persen lebih cepat dibandingkan Snapdragon 765 biasa.

3. Konektivitas 5G: senjata utama LG

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalanc.mi.com

Meskipun hanya bermodalkan Snapdragon 765G, LG memastikan bahwa G9 ThinQ akan tetap dapat menangkap sinyal 5G yang super cepat dengan sistem modem-RF X52 bawaan Snapdragon.

Diketahui, LG memang tengah merugi di tengah persaingan ponsel cerdas yang semakin memanas tiap tahunnya. Bayangkan saja, dari pendapatan $5,07 miliar lead, LG kehilangan $858,34 juta untuk biaya pemasaran ponsel-ponsel flagshipnya.

Oleh karena itu, perusahaan asal Korsel ini menerapkan strategi baru: menjual flagship seri V yang dibandrol dengan harga tinggi di Amerika Utara dan Eropa; dan, menjual flagship seri G yang lebih murah di kawasan lainnya seperti Asia dan ASEAN. Jadi, G9 ThinQ akan bersaing dengan ponsel cerdas flagship kelas tengah seperti Axon 11 dan Nokia 8.3.

Satu hal yang pasti, LG tengah berfokus untuk menggunakan ranah 5G sebagai senjata utama melawan para pesaingnya. Sementara Tiongkok tengah bergelut dengan Amerika di perang dagang, LG ingin menjual produk ponsel cerdas berbekal 5Gnya di Amerika, Jepang, Eropa, dan pastinya di tanah kelahirannya sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi 7 HP Baru di Bawah Rp4 Juta untuk Dibeli di Awal 2020!

4. Segi kamera

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalanengnews24h.com

Jika dapur pacunya tidak mengikuti perkembangan zaman, setidaknya, kameranya mengikuti zaman.

Seperti yang dikemukakan pada poin ke-1, sisi belakang G9 ThinQ mengusung empat kamera, bertambah 1 kamera dari G8, dan lampu flash LED. Kamera belakang utama G9 ThinQ digadang-gadang memiliki ketajaman 48 MP.

Spesifikasi tiga kamera lainnya akan segera menyusul.

5. Fitur lain

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalanandroidheadlines.com

Dari segi baterai, LG G9 ThinQ hanya ditenagai oleh baterai sebesar 4.000 mAh dan dilengkapi oleh USB-C. Dilansir dari Qualcomm, Snapdragon 765G memang akan dilengkapi dengan teknologi QuickCharging 4+. Akan tetapi, dengan kinerja CPU Kyro 475 yang ramah energi, baterai 4.000 mAh dinilai cukup.

Dari segi keamanan, G9 ThinQ memang tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari di depan atau di belakang, melainkan di dalam layar! Kemungkinan besar, G9 ThinQ juga mendukung fitur keamanan biometrik lain seperti pemindai wajah.

Tidak mengikuti tren, LG tetap mempertahankan lubang jack audio 3,5mm. Dari segi audio, Qualcomm menjamin fitur aptX sehingga mempertahankan kualitas suara yang beresolusi tinggi dan rendah latensi. Selain itu, LG G9 ThinQ juga akan mengusung fitur Quad-DAC untuk suara yang lebih mumpuni.

Untuk transaksi wireless, LG G9 ThinQ sudah dilengkapi dengan NFC. Jadi, jika kamu butuh mengecek saldo Flazz atau E-Money, kamu tinggal mengetuknya ke belakang G9 ThinQ dan akan keluar informasi saldomu.

6. Harga dan tanggal rilis

Prediksi Spesifikasi LG G9 ThinQ, Usaha Kuat Mengejar Ketertinggalanwccftech.com

"Ini dia pertanyaan utamanya."

Dikarenakan batal diperkenalkan di MWC 2020, maka tanggal rilis LG G9 ThinQ saat itu belum diketahui. Selain itu, dikarenakan spesifikasi yang saat itu masih "kabur-kaburan", G9 ThinQ masih dibanderol dengan harga selangit.

Tapi sekarang? Tenang saja! LG G9 ThinQ dipastikan akan meluncur pada akhir Maret nanti dengan harga Rp11 jutaan ($705 dengan kurs Rp16.000/USD).

Itulah yang dunia saat ini ketahui tentang LG G9 ThinQ. Apakah saatnya berbalik ke LG?

Baca Juga: Rilis Maret 2020, Ini 7 HP Flagship Terbaru dari Brand Smartphone Asia

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya