Comscore Tracker

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2

Kemerduan suara berpadu dengan kecerdasan AI

Pada bulan Oktober 2019 lalu, Google, lewat acara Made by Google, merilis seri lanjutan Pixel yaitu Google Pixel 4. Bersama dengan ponsel cerdas tersebut, Google juga ikut merilis beberapa produk lainnya. Salah satunya adalah Pixel Buds 2, generasi kedua dari earbuds Google Pixel. Berikut video promo dari Pixel Buds 2.

https://www.youtube.com/embed/2MmAbDJK8YY

Tetapi, earbuds nirkabel ini ternyata tidak ikut dijual bersama dengan Pixel 4. Para penggemar Google harus sabar menunggu hingga musim semi 2020, sekitar bulan Maret atau April untuk menjajal suara dan fungsi cerdas dari Google Pixel Buds 2.

"Kalau begitu, kenapa diumumkan lebih dulu, Google?!"

Hal tersebut dikarenakan Google ingin dunia segera tahu soal Pixel Buds 2 sementara mereka menyempurnakannya sebelum keluar ke pasaran. Jadi, apa saja yang dunia ketahui mengenai Pixel Buds 2 yang digadang-gadang menjadi pesaing terkuat Apple AirPods 2?

1. Penampilan Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2news.otakukart.com

Jika kamu adalah pemakai atau sudah pernah melihat Pixel Buds generasi pertama, kira-kira begitulah penampilan utama Pixel Buds 2. Tidak begitu banyak berubah di segi desain.

Perubahan signifikan hanya terletak pada earhook yang memudahkanmu untuk memasang Pixel Buds 2 dan kabel yang menghilang dari peredaran, menjadikan earbuds ini benar-benar wireless!

2. Kontrol musik Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2digitaltrends.com

Dari segi fungsi, Pixel Buds 2 mengusung Google Assistant di dalamnya. Cukup dengan menekan sisi earbuds atau cukup katakan “OK, Google” seperti saat mengaktifkan Google Assistant pada ponselmu, asisten virtual Google tersebut akan dengan setia menunggu titahmu.

Untuk segi kontrol musik, Pixel Buds 2 tidak sulit untuk dihapalkan.

  • Cukup usap ke depan dan belakang untuk membesarkan dan mengecilkan volume.
  • Untuk memainkan dan menghentikan musik, cukup pencet sekali pada sisi earbuds.
  • Untuk mengganti lagu, kamu cukup tekan dua kali untuk lagu selanjutnya dan tiga kali untuk lagu sebelumnya.

Tetapi, di sini letak daya tariknya. Pixel Buds 2 secara otomatis mendeteksi apakah ia tertempel di telinga atau tidak! Jadi, jika kamu tidak memakainya, musik akan otomatis berhenti, dan otomatis lanjut saat kamu memasang Pixel Buds 2 kembali.

3. Fungsi khusus Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2engnews24h.com

Sebagai produk eksklusif dari Google, pastinya pengguna ponsel Android sangat diuntungkan. Bagi pengguna ponsel dengan OS lain, Pixel Buds 2 tak beda seperti earbuds pada umumnya.

Beda halnya jika kamu pengguna ponsel Android dengan versi Nougat atau lebih tinggi. Pixel Buds 2 dilengkapi dengan fitur “Adaptive Sound” yang akan mendeteksi suara luar dan menyesuaikan volume musik secara otomatis.

Selain itu, Google juga menjanjikan fitur kecerdasan buatan lain yang akan segera datang. Salah satunya adalah “Live Translation”, fitur dari Google Translate yang menerjemahkan bahasa asing langsung ke telingamu lewat Pixel Buds 2!

Sudah seperti Guardians of the Galaxy atau Star Trek?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Earphone Bluetooth Terbaik Kisaran Harga Rp500 Ribuan

4. Suara Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2digitaltrends.com

Karena Google baru meluncurkan earbuds ini pada Maret – April mendatang, hingga sekarang, suaranya belum dapat “dihakimi”. Akan tetapi, terdapat beberapa fitur yang menempatkan earbuds ini lain daripada yang lain.

Terlebih lagi, jangkauan Bluetooth Pixel Buds 2 sangat luas, dari tiga ruangan hingga satu lapangan sepak bola terpisah dari perangkat! Jadi, tidak perlu takut hilang sambungan dengan perangkatmu.

Namun, bagaimana soal kualitas audio Pixel Buds 2 saat memutar lagu semacam "Bohemian Rhapsody" oleh Queen atau "Animals" oleh Martin Garrix? Hal tersebut masih menunggu tanggal mainnya.

Dengan fitting yang pas dengan telinga, Google menjanjikan kuantitas bass yang melimpah dan high yang jelas namun tidak menusuk telinga.

Amat direkomendasikan bagi para pencinta audio wireless! Biasanya, tidak disarankan untuk mencocokkan earbuds saat tengah beraktivitas di luar.

Tidak dengan earbuds ini! Pixel Buds 2 juga dilengkapi dengan “Ambient Vents” di bagian bawahnya; sehingga, kamu tidak tenggelam dalam “duniamu” sendiri tapi tidak merasa terganggu juga.

5. Menelpon dengan Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2voicebot.ai

Google juga menjanjikan pengalaman menelepon yang berbeda dengan Pixel Buds 2. Pixel Buds 2 dilengkapi dengan mikrofon tak kasat mata yang akan mendeteksi suaramu dan menyaringnya dari gangguan suara luar, sehingga suaramu terdengar jernih di telepon.

Selain itu, earbuds ini juga dilengkapi dengan akselerometer suara yang mendeteksi pergerakan rahangmu saat berbicara. Fitur ini langsung mengunci suara luar agar kamu tidak perlu berteriak,

"Apa? APA?"

6. Kenyamanan dan ketahanan Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2theverge.com

Dilapisi dengan cat matte, Pixel Buds 2 memberikan efek nyaman saat disentuh. Apakah kami sudah memberitahu bahwa earbuds ini dilengkapi dengan earhook?

"Oh, sudah."

Dengan earhook tersebut, kamu tidak perlu takut akan kehilangan Pixel Buds 2. Meskipun kepalamu geleng-geleng atau angguk-angguk seperti lagu Project Pop, Pixel Buds 2 yang ringan ini akan tetap bertahan di telingamu. Pixel Buds 2 juga tahan keringat dan percikan air, jadi kamu dapat membawanya sambil berolahraga.

7. Baterai dan harga Pixel Buds 2

Prediksi Spek Pixel Buds 2, Upaya Google Meredam Apple AirPods 2wccftech.com

Mengenai baterai, Pixel Buds 2 dapat bertahan hingga lima jam.

"Sebentar, banget?"

Eits, durasi tersebut bisa kamu akali dengan cara membawa case-nya bersamamu. Lagipula, case Pixel Buds 2 begitu ringan, sehingga tidak merepotkan. Bersama dengan case, Pixel Buds 2 dapat bertahan hingga 24 jam.

Tidak lupa, case Pixel Buds 2 juga mendukung wireless charging!

Mengenai harga, Pixel Buds 2 dapat kamu tenteng pulang dengan membayar $179 atau Rp2,6 jutaan. Harga tersebut naik $20 (Rp280 ribuan) dari $159 atau Rp2,3 jutaan. Earbuds ini hadir dalam empat warna: Clearly White, Almost Black, Quite Mint, dan Oh So Orange.

Itulah serba-serbi Google Pixel Buds 2 yang akan segera meluncur ke pasaran pada Maret – Mei mendatang, diprediksi paling lambat pada pergelaran Google I/O 2020 pada Mei mendatang. Friendly reminder, jangan bandingkan earbuds ini dengan produk keluaran Sony atau Sennheiser jika tidak ingin sakit hati.

Baca Juga: 10 Earphone Terbaik di Bawah Rp200 Ribu, Murah tapi Berkualitas Tinggi

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya