Comscore Tracker

7 Aplikasi Bersepeda Terbaik untuk Android, Makin Sehat!

Bersepeda jadi gak membosankan

Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat semakin meningkat. Selain konsumsi bergizi seimbang dan istirahat cukup, olahraga, sebagai komponen gaya hidup sehat, semakin diterapkan oleh banyak orang.

Salah satu kegiatan olahraga yang tengah diminati oleh masyarakat Indonesia adalah bersepeda. Selain bisa mengitari daerah lain di kota lebih cepat dari berjalan kaki, bersepeda juga menawarkan manfaat untuk melatih otot kaki. Baik sendiri atau konvoi dengan teman-teman, sepeda memang menyenangkan.

Tentu saja, kamu ingin mengetahui seberapa banyak kalori yang dibakar dan jarak yang sudah kamu tempuh, kan? Biar kamu bisa menentukan target lain demi badan ideal. Banyak aplikasi bersepeda di Android yang dapat membantumu. Nah, tidak susah mencari lagi, inilah 7 aplikasi bersepeda terbaik untuk Android. Langsung download!

1. Komoot

https://www.youtube.com/embed/vLAcAHG0F0k

Komoot dari komoot GmbH adalah aplikasi olahraga outdoor yang memang dikembangkan untuk pengendara, di jalan hingga ke gunung. Pada dasarnya, Komoot adalah aplikasi navigasi dan dapat dikoneksikan dengan perangkat lain seperti smartwatch Garmin.

Dengan Komoot, kamu dapat men-download wilayah dan peta topografis untuk penggunaan offline. Tetapi, untuk merasakan peta dan area lainnya, kamu diharuskan membayar. Kamu juga dapat menyimpan momen saat bersepeda dan membagikannya atau menyimpannya sendiri sebagai memori.

2. Map My Ride

https://www.youtube.com/embed/936pjUMig3s

Sesuai namanya, aplikasi Map My Ride dari MapMyFitness adalah cara untukmu memetakan rute bersepeda dan melacak tempat-tempat yang pernah kamu datangi. Selain sepeda, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk joging dan maraton. Map My Ride cukup mudah digunakan.

Dipandu oleh perusahaan peralatan olahraga Under Armour, kamu dapat mengakses lebih dari 600 aktivitas yang dapat kamu sesuaikan beserta dengan statistik untuk membantumu mencapai target. Selain itu, Map My Ride dapat disambungkan dengan perangkat Under Armour, FitBit, dan smartwatch Garmin atau WearOS.

3. Ride with GPS

https://www.youtube.com/embed/LFxABw7KQsc

Ride with GPS adalah aplikasi untuk pengendara sepeda yang kaya fitur navigasi dan perencanaan rute. Selain perencanaan rute, Ride with GPS dapat membantumu memantau aktivitas bersepeda secara efektif. Agar efektif, sambungkan aplikasi ini dengan berbagai sensor kesehatan via Bluetooth.

Bukan hanya untuk memantau aktivitas bersepeda, Ride with GPS dapat membantumu melacak kondisi sepedamu! Selain itu, kamu juga dapat merencanakan rute perjalanan dengan pertimbangan jarak dan ketinggian (kalau kamu bersepeda melintasi gunung). Rute ini kemudian dapat kamu bagikan dengan sesama pemakai Ride with GPS.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi yang Akan Bikin Kamu Lebih Bahagia

4. Strava

https://www.youtube.com/embed/PY4ExLQyF4w

Seperti aplikasi lainnya di daftar ini, Strava amat berguna untuk olahraga, dari jalan, bersepeda, hingga berenang. Jika kamu sudah akrab dengan Map My Ride, maka kinerja Strava mirip, kok! Kamu dapat merencanakan rute, melihat statistik "kerja kerasmu" dan menetapkan sasaran baru.

Strava dapat memiliki fitur untuk melacak jarak, kecepatan bersepeda, ketinggian yang kamu capai, dan jumlah prakiraan kalori yang terbakar. Kamu juga dapat masuk ke "Club" dalam aplikasi untuk bersaing dan saling memotivasi para pesepeda lainnya. Bukan hanya outdoor, kamu juga dapat berolahraga indoor dengan Strava!

5. TrainerRoad

https://www.youtube.com/embed/gE2yPYZ15ew

Sedang naik daun di kalangan penggiat olahraga mancanegara, TrainerRoad juga dapat kamu gunakan untuk bersepeda. Tidak perlu khawatir terganggu olahraga lain, TrainerRoad berkonsentrasi pada sepeda saja.

TrainerRoad memiliki lebih dari 1.000 program latihan terstruktur yang bukan hanya didukung secara ilmiah, juga diadaptasikan dengan tingkat kebugaranmu. Selain itu, juga ada lebih dari 100 paket latihan bersepeda ala triatlon untuk outdoor.

Sayangnya, beberapa fitur ini memiliki harga yang lumayan. Jadi, kalau kamu serius, langsung sikat TrainerRoad!

6. TrainingPeaks

https://www.youtube.com/embed/wzZpg2dMcKU

TrainingPeaks juga adalah aplikasi bersepeda mantap lainnya. Dengan tampilan antar pengguna yang rapi, aplikasi ini mudah digunakan. Fitur dasarnya mencakup rekaman rute, statistik harian, dan komentar pasca latihan untuk mengetahui seberapa dekat kamu dengan badan idealmu.

Selain itu, aplikasi ini juga memantau tingkat kekuatan, kecepatan, jarak, dan ukuran-ukuran kesehatan lainnya. Selain itu, TrainingPeaks juga mendukung monitor jantung, lokasi GPS, dan perencanaan latihan serta rute jangka panjang. Sayangnya, beberapa fitur TrainingPeaks lumayan mahal, jadi pastikan kamu benar-benar berkomitmen!

7. Wahoo

https://www.youtube.com/embed/GW4G1ZuS-RA

Aplikasi terakhir di daftar ini adalah Wahoo dari Wahoo Fitness. Seperti aplikasi kebanyakan di daftar ini, Wahoo bukan hanya untuk bersepeda. Tetapi, kamu bisa memanfaatkannya untuk bersepeda, baik indoor atau outdoor.

Wahoo menggunakan GPS ponsel untuk melacak data bersepeda. Selain itu, aplikasi ini dapat disambungkan dengan sensor Bluetooth. Oleh karena itu, Wahoo dapat mencatat satuan yang lebih detail, seperti jarak tempuh, kecepatan bersepeda, kekuatan bersepeda, dan irama.

Kamu dapat melihat riwayat sesi bersepeda dan dapat diadaptasikan sesuai dengan kemampuanmu. Selain itu, sesi tersebut dapat kamu unggah dan bagikan ke seluruh aplikasi olahraga lain di daftar ini.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat pengalaman bersepedamu optimal. Dengan pemantauan akurat di aplikasi-aplikasi ini, akan semakin mudah bagimu untuk mencapai target kebugaran. Ingat, kuncinya adalah komitmen dan gowes terus sepedanya!

Baca Juga: Bantu Diet, 8 Aplikasi Penurun Berat Badan Terbaik Android

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya