Comscore Tracker

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PC

Praktis dan tidak repot instalasinya

Bukan rahasia kalau HP Android bisa dikendalikan via komputer di masa kini. Terlebih untuk para gamers, bermain game mobile dengan kendali dan tampilan PC terkesan jauh lebih mudah. Dari segi produktivitas, mengelola aktivitas HP Android di PC juga lebih mudah dan cepat.

Tentu saja, dengan bantuan beberapa piranti lunak atau software tertentu, menyambungkan PC dan smartphone Android semakin praktis! Nah, tidak perlu bingung, inilah 7 aplikasi yang dapat kamu pakai untuk mengontrol HP Android langsung dari PC.

1. Pushbullet

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCPushbullet (phandroid.com)

Pertama, kamu dapat memasang aplikasi Pushbullet di HP Android dan PC untuk saling dikoneksikan. Namun, perlu diingat, Pushbullet sebenarnya tidak memberikan kendali penuh atas HP Android dari PC.

Tetapi, Pushbullet dapat memberitahumu semua notifikasi di HP ke PC. Selain itu, kamu dapat mengirim dan menerima file atau pesan dan menggunakan fitur copy dan paste agar pesan dan file dapat dikelola dengan praktis. Selain itu, Pushbullet mengizinkanmu mengontrol beberapa perangkat Android secara bersamaan!

Pushbullet tersedia secara gratis dan dapat diunduh via browser PC. Namun, jika kamu tak membayar, Pushbullet membatasimu mengirim 100 pesan per bulan. Jika bayar, kamu dikenakan tarif Rp60 ribuan/bulan dan Rp500 ribuan/tahun. 

2. AirDroid

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCAirdroid (airdroid.com)

Terkenal di kalangan pengguna Android dan PC, AirDroid dari SAND STUDIO adalah salah satu aplikasi multifungsi untuk menyambungkan smartphone Android dengan komputermu. Fitur-fitur yang ditawarkan pun tidak kalah berguna dibandingkan aplikasi-aplikasi di daftar ini.

Dengan AirDroid, kamu tentu dapat menerima notifikasi smartphone di komputer mengirim dan menerima file serta pesan. Fitur luar biasa pada AirDroid adalah screen mirroring, sehingga kamu bisa membagikan tampilan layar pada teman, keluarga, atau rekan kerjamu.

3. Vysor

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCVysor (play.google.com)

Teruntuk para programmer dan developer yang biasa ingin mengetes aplikasi mereka di HP Android, Vysor bisa jadi solusinya. Seperti aplikasi lainnya di daftar ini, Vysor juga menyambungkan PC dan HP Android.

Berbeda dari aplikasi lainnya di daftar ini, Vysor lebih menekankan fungsi screen mirroring. Hanya saja, keuntungan Vysor lebih dirasakan di versi berbayar, yaitu konektivitas nirkabel hingga screen mirroring dengan resolusi tinggi dan full screen

Baca Juga: 7 Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Para Pemula

4. Scrcpy

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCScrcpy (xda-developers.com)

Ingin kontrol penuh atas Android dari PC? Scrcpy adalah jawabannya. Hanya saja, kamu harus mengunduh Scrcpy dari situs GitHub dan karena aplikasi ini bersifat open source, kamu perlu mengutak-atiknya sedikit agar mendapatkan hasil yang kamu mau, terlebih untuk komputer dengan sistem operasi (OS) Linux.

Dengan Scrcpy, kamu dapat menggunakan koneksi USB dan Wi-Fi untuk memasangkan smartphone Android dan komputer. Dengan begitu, Scrcpy menawarkan fitur screen mirroring dan mengelola notifikasi smartphone di komputer.

5. DeskDock

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCDeskDock (apkmagic.com)

DeskDock produksi Florian Draschbacher adalah aplikasi selanjutnya untuk mengontrol HP Android dari PC. Menjanjikan kontrol penuh, kamu dapat mengontrol perangkat Android dengan tetikus/mouse via kabel USB dan membagikan clipboard dengan perangkat Android. Benar-benar direkomendasikan untuk para developer.

DeskDock tersedia dalam dua mode, yaitu biasa dan Pro. Dengan versi Pro (yang berbayar), kamu dapat merasakan fitur-fitur canggih lain seperti menyambungkan keyboard dengan perangkat Android dan fitur drag-and-drop URL untuk berbagai tautan tanpa hambatan. Hampir lupa, dengan versi Pro, kamu tak akan diganggu iklan!

6. Samsung Flow/DeX

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCSamsung Flow (samsung.com)

Kamu memiliki perangkat Android bermerek Samsung dan ingin mengendalikannya dari PC? Kamu bisa menggunakan Samsung Flow! Seperti aplikasi lainnya di daftar ini, Samsung Flow membantumu mengelola notifikasi di perangkat Android dan berbagi konten dengan perangkat Android.

Untuk perangkat Samsung terbaru, tidak perlu repot-repot download Flow. Kamu bisa menggunakan Samsung DeX untuk menyambungkan perangkat Android dengan PC dan perangkat elektronik lain untuk presentasi hingga nonton film. Dijamin, produktivitas semakin digenjot tanpa stres!

7. TeamViewer QuickSupport

Gak Pakai Ribet, 7 Aplikasi Pengendali HP Android dari PCTeamViewer QuickSupport (nesabamedia.com)

Umum digunakan di perusahaan untuk membantu para karyawan yang menemui kesulitan, TeamViewer QuickSupport digunakan untuk memberikan dukungan teknis langsung dari PC ke HP Android.

Syaratnya, segera download aplikasi dan software TeamViewer di HP dan PC. Setelah terkoneksi, kamu dapat mengontrol file dan pesan dari jarak jauh ke seluruh perangkat Android yang terkoneksi dengan PC-mu. Bahkan, kamu bisa melihat detail perangkat yang tersambung!

Dapat diunduh gratis, TeamViewer adalah layanan berbayar, dari Rp360 ribu/bulan untuk perorangan hingga Rp1,5 juta/bulan untuk perusahaan. Meskipun begitu, TeamViewer memang penting untuk memastikan roda produksi perusahaan tetap berjalan lancar.

Itulah beberapa aplikasi dan software yang dapat kamu download di HP Android dan PC agar bisa disambungkan. Dengan begitu, kamu dapat mengendalikan perangkat Android dari PC. Praktis untuk developer aplikasi smartphone, kamu juga dapat mengelola smartphone Android tanpa hambatan!

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Edit Video di HP Android

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya