Comscore Tracker

Sehat dan Multifungsi, Ini 7 Smartwatch Terbaik di 2020

Bukan cuma untuk pantau waktu!

Lupakan arloji konvensional yang cuma bisa mengukur waktu. Sekarang, waktunya dunia beralih ke jam tangan cerdas (smartwatch). Saking cerdasnya, smartwatch tidak hanya memberitahukan waktu, melainkan juga berbagai data soal kesehatanmu, dari kapan harus minum air hingga mengukur kadar oksigen dalam darah.

Selain fitur kesehatan, smartwatch pun bisa disambungkan dengan ponsel cerdas (smartphone) Android dan iOS agar bisa dikendalikan tanpa harus buka HP. Bahkan, smartwatch masa kini pun dapat melakukan pembayaran non tunai (cashless payment).

Kemudian, smartwatch masa kini berlomba-lomba memasukkan fitur elektrokardiogram (ECG/EKG) juga. Sekadar informasi, dengan ECG, kamu dapat mencegah atrial fibrilasi (Afib) yang ditandai dengan gangguan irama jantung yang terlalu cepat atau lambat. Meskipun diragukan secara medis, setidaknya, smartwatch dengan ECG menandakan loncatan baru di segi kesehatan secara mobile.

Jadi, berdasarkan fitur-fiturnya, smartwatch manakah yang pantas menyandang titel "terbaik untuk 2020"? Inilah 7 smartwatch terbaik di 2020 yang bisa kamu pakai di pergelangan tanganmu.

1. Apple Watch 6: Apple Watch terbaik

https://www.youtube.com/embed/TCMnrssX1NE

Pencinta Apple, kamu punya dana lebih untuk smartwatch? Kalau iya, maka kami sarankan untuk memboyong smartwatch flagship seri ke-6 dari Apple, yaitu Apple Watch 6. Baru rilis September 2020 lalu, Watch 6 langsung mengambil tempat pertama sebagai Apple Watch terbaik di 2020.

Dari segi tampilannya, Watch 6 mengusung layar Retina LTPO OLED berukuran 1,78 inci yang selalu aktif. Dari segi dapur pacu, Watch 6 didukung OS terbaru untuk Apple Watch, watchOS 7, dan prosesor dual-core S6 yang diadaptasi dari chip A13 Bionic pada iPhone 11.

Selain itu, kamu dapat memilih bahan untuk Watch 6, yaitu aluminium, stainless steel, atau titanium! Dengan baterai untuk pemakaian hingga 18 jam, apa saja fitur utama Watch 6? Ini dia fitur-fitur utamanya:

  • Sensor ECG dengan rakurasi tinggi di kelasnya;
  • Delapan sensor - 4 LED dan 4 fotodiode - untuk mendeteksi kadar saturasi oksigen dalam darah (SpO2) dari aplikasi Health;
  • Mengukur kualitas tidur; dan
  • Water resistance hingga kedalaman 50 meter bagi yang para perenang.

Kemudian, Watch 6 juga mendukung fitur NFC, GPS, sambungan Bluetooth 5.0 dan pengisian daya nirkabel, serta pembayaran non tunai dengan Apple Pay. Dengan fitur-fitur tersebut, Apple Watch 6 dibanderol seharga Rp8 - 9 jutaan (tergantung spesifikasi dan tipe).

2. Apple Watch SE: Apple Watch termurah

https://www.youtube.com/embed/W0qEOZNJjyA

"Heavy on features, light on price."

Itulah tag Apple Watch SE, "berat di fitur, ringan di harga". Dirilis juga pada September 2020, Apple memang membekali Apple Watch SE dengan fitur yang mirip seperti Apple Watch 6! Jadi, jika kamu pencinta Apple Watch dan sudah menghabiskan duit untuk iPhone, Watch SE adalah pilihan yang tepat untuk dompetmu.

Dari segi tampilan, Watch SE sama persis dengan Watch 6. Bedanya, Watch SE yang berbahan aluminium ini dibekali dengan prosesor SiP dual-core S5, tetapi Watch SE tetap ditenagai watchOS 7. Inilah fitur-fitur utama yang ditawarkan Watch SE:

  • Water resistance hingga kedalaman 50 meter;
  • Reminder untuk mencuci tangan dengan timer selama 20 detik;
  • Sensor Always on altimeter yang secara aktif beradaptasi dengan ketinggian saat kamu berolahraga; dan
  • Deteksi jatuh dan panggilan SOS jika kamu tertimpa cedera atau kecelakaan.

Watch SE juga mendukung fitur GPS, NFC, cashless payment dengan Apple Pay, sambungan Bluetooth 5.0, dan wireless charging. Untuk membeli Apple Watch SE, siapkan dana sebesar Rp6,5 - 7 jutaan.

3. Samsung Galaxy Watch3 (45mm): Smartwatch terbaik untuk Android

https://www.youtube.com/embed/P4YuzFSIbJM

Untuk para pemakai gadget berbasis Android yang ingin lebih sehat dan tampil bergaya, saatnya kamu beli Samsung Galaxy Watch3. Dirilis pada Agustus 2020, inilah smartwatch flagship dari Samsung. Apa sajakah yang ditawarkan Galaxy Watch 3?

Dari segi layar, Galaxy Watch 3 mengusung layar Super AMOLED selebar 1,4 inci dengan resolusi 360x360. Dari segi jeroannya, Galaxy Watch3 ditenagai oleh chip dual-core Exynos 9110 besutan Samsung dan Tizen OS. Dengan baterai 340 mAh, Galaxy Watch3 dapat bertahan 2 - 3 hari. Inilah fitur-fitur utama Galaxy Watch3:

  • Mengukur tekanan darah lewat aplikasi Samsung Health Monitor;
  • Sensor ECG;
  • Sensor untuk mengukur detak jantung;
  • Deteksi jatuh dan panggilan SOS;
  • Mengukur pola dan waktu tidur yang direkomendasikan National Sleep Foundation; dan
  • 120 program fitness yang bisa dilakukan di rumah.

Selain itu, Galaxy Watch3 juga menawarkan fitur GPS, NFC, koneksi Bluetooth 5.0, dan wireless charging. Samsung Galaxy Watch3 dihargai Rp6,3 juta (biasa) dan Rp8,5 juta (versi titanium).

Baca Juga: 7 Smartwatch Terbaik dari Berbagai Segmen Harga di 2020

4. Samsung Galaxy Watch Active2 (44mm): Smartwatch terbaik untuk Android di kelas harganya

https://www.youtube.com/embed/Tck_3e0zfAQ

Sama seperti Apple Watch SE, kamu pun dapat membeli Galaxy Watch yang tidak kalah dari Galaxy Watch3 dengan harga terjangkau. Dirilis sejak September 2019 lalu, Samsung merekomendasikan Galaxy Watch Active2. Kenapa? Di harganya, Galaxy Watch Active2 menawarkan fitur yang mirip dengan Galaxy Watch3.

Dari segi layar dan dapur pacu, Galaxy Watch Active2 sama-sama memiliki layar 1,4 inci Super AMOLED beresolusi 360x360, prosesor dual-core Exynos 9110, dan Tizen OS! Sama-sama berbaterai 340 mAh, Galacy Watch Active2 sama-sama bertahan 2 - 3 hari. Inilah fitur-fitur yang ditawarkan Galaxy Watch Active2:

  • Water resistance hingga kedalaman 50 meter;
  • Sensor untuk mengukur detak jantung dengan delapan sensor fotodiode;
  • Sensor ECG;
  • Stress-tracker yang memantau kesehatan rohani sekaligus kualitas tidurmu; dan
  • Asisten fitness untuk menemanimu berolahraga.

Meskipun dikeluarkan tahun lalu, Galaxy Watch Active2 tetap mendukung GPS, NFC, koneksi Bluetooth 5.0, dan wireless charging. Dengan membayar Rp5,5 juta (biasa) atau Rp4,5 juta (Aluminium Black), silahkan pakai Galaxy Watch Active2 sambil ngegym!

5. Fitbit Versa 3: Smartwatch terbaik untuk Android & iOS

https://www.youtube.com/embed/IHx_bL3YQLc

Kamu pemakai Android & iOS? Tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak untuk smartwatch? Rilis pada September 2020, Fitbit Versa 3 direkomendasikan untukmu! Dengan harga Rp4,5 jutaan, kamu dapat memiliki jam yang kompatibel dengan kedua OS tersebut.

Dari segi layar, Versa 3 memiliki layar always on AMOLED 1,58 inci beresolusi 336x336. Dibekali Fitbit OS, pengguna Android 7 (Nougat) ke atas dan iOS 12 ke atas dapat mengunduh aplikasi Fitbit agar Versa 3 dapat disinkronisasikan. Di harganya, Versa 3 menawarkan fitur-fitur berikut:

  • Water resistance hingga kedalaman 50 meter;
  • Sensor untuk mengukur detak jantung dengan teknologi PurePulse 2.0;
  • Sensor untuk memeriksa kadar SpO2;
  • Fitness tracker yang memantau kualitas tidur, pernapasan, hingga siklus menstruasi;
  • Asisten olahraga SmartTrack yang secara cerdas menyesuaikan program latihan sesuai dengan targetmu; dan
  • Voice assistant dari Google Assitant serta Amazon Alexa.

Jika mematikan fitur always on dan jarang mengaktifkan pendeteksi SpO2, baterai Versa 3 dapat bertahan hingga lebih dari 6 hari. Dengan pengisian daya cepat, 12 menit sama dengan kinerja 1 hari! Selain itu, Versa 3 juga mendukung fitur GPS, NFC, cashless payment dengan Fitbit Pay, dan koneksi Bluetooth 5.0.

6. Fitbit Sense: Smartwatch dengan fitur fitness tracker terbaik

https://www.youtube.com/embed/lJg1-lPmxMI

Dengan menambah Rp1,5 juta, kamu dapat memiliki smartwatch flagship dari Fitbit, yaitu Sense seharga Rp6 juta. Apa yang akan kamu dapatkan dari Fitbit Sense?

Dari tampilan, Sense memiliki layar AMOLED dengan resolusi dan lebar yang sama dengan Versa 3. Dengan Fitbit OS, Sense pun dapat dikoneksikan dengan Android 7.0 (Nougat) ke atas dan iOS 12.2 ke atas.

Lalu, apakah yang membuat Sense lebih baik dibandingkan Versa 3? Tentu saja dari fitur-fiturnya! Inilah fitur-fitur utama yang ditawarkan oleh Sense:

  • Water resistance hingga kedalaman 50 meter;
  • Sensor pemindai temperatur kulit;
  • Pemindai aktivitas elektrodermal (EDA) untuk mengetahui tingkat stres tubuhmu;
  • Sensor ECG;
  • Sensor untuk mengukur detak jantung dengan teknologi PurePulse 2.0;
  • Pemantau kadar SpO2;
  • Fitness tracker yang memantau kesehatan jasmani, dari olahraga, pernapasan, kualitas tidur, hingga siklus menstruasi;
  • Asisten olahraga SmartTrack yang secara cerdas menyesuaikan program latihan sesuai dengan targetmu; dan
  • Voice assistant dari Google Assitant serta Amazon Alexa.

Selain fitur-fitur tersebut, Sense juga mendukung NFC, GPS, cashless payment dengan Fitbit Pay, dan koneksi Bluetooth 5.0. Sama seperti Versa 3, baterai Sense juga dapat bertahan lebih dari 6 hari (dengan tidak menggunakan always on dan fitur SpO2) dengan pengisian daya 12 menit untuk satu hari.

7. Garmin Forerunner 245 Music: Smartwatch terbaik untuk yang suka joging

https://www.youtube.com/embed/XNL_EiQDk5g

Smartwatch terakhir di daftar ini didedikasikan bagi mereka yang suka joging. Diluncurkan pada April 2019, Forerunner 245 Music dari Garmin amat direkomendasikan untuk mereka yang suka berlari tanpa henti. Berlari tanpa takut kecapekan, tag yang diusung Forerunner 245 Music adalah:

"You run, it thinks"

Dari segi tampilan, Forerunner 245 Music memiliki layar transreflective selebar 1,2 inci beresolusi 240x240 berbahan Corning Gorilla Glass 3. Layar transreflective berarti kamu dapat membaca layar meskipun di bawah teriknya matahari! Dengan Garmin OS, kamu dapat menyambungkan Forerunner 245 Music dengan Android dan iOS.

Joging dengan cerdas, inilah fitur-fitur utama Forerunner 245 Music:

  • Water resistance hingga kedalaman 50 meter;
  • Sensor pemantau SpO2 berteknologi Pulse Ox;
  • Sinkronisasi aplikasi music streaming seperti Deezer atau Spotify dan opsi penyimpanan hingga 500 lagu;
  • Fitness tracker yang mengukur VO2 Max (volume maksimum oksigen yang dikonsumsi tubuh), status pelatihan, dan waktu pemulihan;
  • Kalkulasi energi tubuh dengan Body Energy; serta
  • Olahraga lebih cerdas dengan Garmin Connect dan Garmin Coach.

Sayangnya, Forerunner 245 Music tidak mendukung fitur NFC atau wireless charging. Koneksi yang didukung adalah Bluetooth 4.2, GPS, serta Wi-Fi. Siaga tanpa menyalakan fitur lainnya, Forerunner 245 Music tahan hingga 7 hari! Garmin Forerunner 245 Music dibanderol seharga Rp5,05 juta (biasa) dan Rp5,9 juta (Japan Edition).

Itulah 7 smartwatch terbaik pada 2020 dari segala kategori, untuk pencinta Apple dan Android. Meskipun fitur kesehatan seperti ECG sudah tersemat, bersegeralah ke rumah sakit jika ada masalah, terutama pada jantungmu. Dengan smartwatch yang sekaligus bertindak sebagai fitness tracker ini, dijamin kamu lebih sehat! Jadi, mau yang mana?

Baca Juga: Stylish dan Canggih, 7 Smartwatch Wear OS Terbaik di 2020

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya