Comscore Tracker

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan Harganya

Dongkrak produktivitas dengan iPad Pro 12,9 Inci

Pada Maret 2020, Apple resmi meluncurkan Generasi ke-4 dari iPad Pro-nya. Setelah dua tahun sejak dirilisnya Generasi ke-3 pada November 2018, iPad Pro 2020 ini telah diperbarui untuk menyaingi laptop high-end.

Cocok untuk para desainer dan content creator, apa sajakah yang diperbarui dari iPad Pro 2020 yang berukuran 12,9 inci ini?

1. Desain: Tidak banyak berubah dan mirip dengan Gen. 3

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Dari segi penampilan, iPad Pro Gen 4 tidak jauh berbeda dengan Gen 3-nya. Dibandingkan dengan Gen 3, iPad Pro Gen 4 memiliki rasio layar ke tubuh 85,4 persen, membuatnya hampir bezelless.

Perbedaan terbesar terletak di bagian belakang. iPad Pro Gen 4 memiliki dua kamera dan pemindai Light Detection and Ranging (LiDAR). Anggaplah iPad Pro Gen 4 ini seperti iPhone 11 Pro versi jumbo.

Diwariskan oleh Gen. 3, iPad Pro Gen 4 memiliki strip magnet di tepi atas untuk memasang Apple Pencil. Terdapat port USB-C untuk pengisian daya dan mencolokkan aksesoris. iPad Pro Gen 4 juga memiliki kamera depan TrueDepth, untuk fitur biometrik Face ID.

Dengan ukuran yang sama dengan Gen 3, yaitu 11,04 (tinggi) x 8,46 (lebar) x 0,23 (tebal) inci, iPad Pro Gen 4 lebih berat dari pendahulunya dengan 641 gram (WiFi saja) dan 643 gram (WiFi dan seluler).

2. Kinerja layar: Tidak berubah sama sekali dari Gen 3

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Dari Liquid Retina hingga True Tone Display, kinerja layar iPad Pro Gen 4 sejatinya tidak berubah jika disandingkan dengan Gen 3.

Dengan layar LED, resolusi 2732:2048/264ppi, dan tingkat kecerahan 559 - 600 nit, layar iPad Pro Gen 4 bisa disejajarkan dengan yang terbaik di kelasnya. Layar iPad Pro Gen 4 memiliki teknologi ProMotion yang secara otomatis mendongkrak refresh rate hingga 120 Hz!

Memuat gamut warna sRGB hingga 122,9 persen, salah satu yang tertinggi di kelasnya, layar iPad Pro Gen 4 dengan cemerlang memperlihatkan kontras warna hingga detail terkecil, cocok untuk kamu yang suka nonton film dan mengerjakan desain.

3. Mendukung Magic Keyboard dan tetikus

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Inilah fitur yang membuat iPad Pro Gen 4 dapat dijadikan laptop barumu. Dengan iPadOS 13.4, iPad Pro Gen 4 jadi yang pertama mendukung tetikus dan Magic Keyboard (sayangnya, dijual terpisah).

Magic Keyboard yang dirilis pada Mei tersebut memiliki engsel yang mengangkat iPad beberapa sentimeter di udara, agar kamu bisa melihat layar lebih nyaman. Jika disambungkan, iPad Pro Gen 4 dengan Magic Keyboard terlihat seperti iMac mini.

Lagi pula, keyboard tersebut dapat menyala dan dibuat scissors-style sama seperti Macbook dengan key travel sekecil 1mm.

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Kamu juga dapat menyambungkan tetikus dengan Bluetooth. Lalu, di layar iPad Pro, akan muncul kursor berbentuk lingkaran yang bisa berubah bentuk sesuai dengan aktivitas layarmu (jika kamu mengetik akan berubah jadi kursor garis). Jika kamu kurang nyaman dengan tampilan kursornya, kamu dapat menyesuaikannya lagi di Settings.

Sayangnya, kekurangan kursor tersebut terletak pada penggunaannya untuk Google Docs, karena kursornya tidak berubah bentuk sesuai keinginanmu (tetap lingkaran jika kursor dipindahkan).

Dengan iPadOS 13.4 yang baru, iPad Pro Gen. 4 juga mendukung sentuhan trackpad yang datang bersama Magic Keyboard. Contohnya:

  • Geser bagian bawah layar untuk membuka dock;
  • Gesek tiga jari ke atas untuk membuka app switcher;
  • Gesekan tiga jari ke kiri atau kanan untuk beralih aplikasi;
  • Cubit layar untuk memperbesar atau memperkecil layar; dan
  • Dua cara untuk kembali ke layar home: jentik tiga jari di permukaan trackpad ke atas atau geser ke bawah hingga dock muncul, lalu geser ke bawah lagi

Kamu juga dapat menggunakan fitur Slide Over dan Slide View untuk melihat dua jendela sekaligus.

Tentu saja, meskipun mendukung penggunaan Magic Keyboard dan tetikus, perjalanan iPad Pro untuk menjadi setara dengan MacBook masih panjang. Setidaknya, iPad Pro pelan-pelan akan berubah menjadi perangkat hybrid untuk segala keperluanmu.

4. Performa: iPad Pro Gen. 4 dengan chip A12Z

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

iPad Pro Gen 4 dibekali dengan chip A12Z Bionic dari Apple. Memasok 8-core untuk CPU dan 8-core untuk GPU, A12Z bertujuan untuk mendongkrak performa iPad Pro Gen 4, terutama di sektor grafis. Dari segi penyimpanan internal, iPad Pro Gen 4 memiliki empat varian penyimpanan: 128GB, 256GB, 512GB, dan 1TB!

Di atas kertas, sesungguhnya, perubahan dari A12X menjadi A12Z bukanlah perubahan yang signifikan. Bukan berarti tidak ada perubahan, lho! Bekerja sama dengan Neural Engine, kamu bisa memainkan game, membuka browser Safari atau Google Chrome, sambil mendengarkan lagu; dan, iPad Pro Gen 4 akan tetap lancar jaya.

Teruntuk editor video, iPad Pro Gen 4 akan benar-benar membantumu! Dengan A12Z, iPad Pro hanya butuh 34 detik untuk mengkonversi video 4K menjadi 1080p setelah diberikan filter warna dan transisi dengan aplikasi Adobe Rush. Adiknya, iPhone 11 Pro, butuh sekitar 46 detik. Sama-sama cepat, tetapi iPad Pro Gen 4 lebih cepat!

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan Harganyamacworld.com

Dari segi konektivitas, iPad Pro Gen 4 dilengkapi dengan WiFi 6 dan Bluetooth 5.0. Sayangnya, untuk segi konektivitas seluler, iPad Pro Gen 4 belum mendukung koneksi 5G. Menutupi celah ini, iPad Pro Gen 4 mendukung kartu SIM nano dan e-SIM.

Apple menjamin iPad Pro Gen 4 dapat bertahan 10 jam berselancar di internet sambil menonton video kesukaanmu dengan WiFi. Jika kamu menggunakan data seluler, iPad Pro Gen 4 bertahan hanya 9 jam dengan aktivitas digital yang sama.

Baca Juga: Sudah Beredar 10 Tahun, Ini 7 Alasan Kenapa iPad adalah Tablet Terbaik

5. Kinerja kamera iPad Pro Gen 4: Gambar lebih tajam hingga video 4K 60fps

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Mengambil foto dengan tablet memang overkill. Namun, dengan iPad Pro Gen 4, kamu dapat mengambil foto yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan smartphone atau tablet biasa di kelasnya!

iPad Pro Gen 4 memiliki dua kamera: lensa 10 MP ultra-wide dengan aperture f/1.8 dan lensa 12 MP wide dengan aperture f/2.4; serta kamera depan True Depth berlensa 7 MP dengan aperture f/2.2.

Mendukung segudang fitur dari True Tone, Live Photo, hingga Smart HDR, kamera iPad Pro Gen 4 dapat menangkap gambar secara tajam dan detail. Tidak usah malu mengambil gambar dengan iPad Pro Gen 4! Berikut adalah beberapa hasil jepretan iPad Pro Gen 4.

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan Harganyalaptopmag.com
Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan Harganyalaptopmag.com

Selain dapat mengkonversi video 4K dengan cepat, kamera iPad Pro Gen 4 terbukti dapat merekam video setajam 4K dengan 30 hingga 60 frame-per-second (fps). Kamu pun dapat membuat video slow-mo setajam 1080p dengan 120 - 240fps. Kamera depannya sendiri dapat merekam video setajam 1080p.

Berikut adalah contoh pengambilan video 4K dengan iPad Pro Gen 4.

https://www.youtube.com/embed/2-EMCWgNF4U

6. Kinerja audio iPad Pro Gen 4: Mikrofon kelas studio hingga empat pelantang suara

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Sama dengan Gen 3, iPad Pro Gen 4 tetap dilengkapi dengan empat pelantang suara (speaker). Kalau kamu suka bikin konten, iPad Pro Gen 4 dapat membantumu dari segi audio!

Bukan hanya speaker, iPad Pro Gen 4 dilengkapi dengan lima mikrofon yang berkualitas setara studio rekaman! Lima mikrofon tersebut juga terkalibrasi secara otomatis mengikuti bagaimana kamu memegang iPad Pro Gen 4. Dengan begitu, kamu dapat merekam suara hingga detail yang terkecil (pastikan dapur rekamanmu kedap suara, ya).

Dengan kamera, audio, dan layar yang mumpuni, iPad Pro Gen 4 adalah salah satu tools multifungsi yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten video, siniar, hingga film pendek!

7. Sensor LiDAR dan Realitas Tertambah (AR) pada iPad Pro Gen 4

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Menjadi pertama di kelasnya, iPad Pro 2020 memiliki pemindai LiDAR di bagian belakang, disebut juga sensor time-of-flight yang mengukur waktu yang diperlukan untuk mencapai objek dan memantulkan kembali.

Dengan pemindai LiDar, pengembang aplikasi dapat membangun aplikasi AR yang lebih menarik. iPad Pro Gen. 4 dapat memuat game berbasis 3D (seperti Pokemon Go, Harry Potter Wizards: Unite, Jurassic World Alive, atau AR Dragon) dengan cepat dan tanpa lag atau galat.

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple
Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan HarganyaDokumentasi Apple

Pemindai LiDAR tersebut cukup akurat untuk mengukur benda-benda (salah satunya dipakai oleh IKEA) hingga membantu ahli fisioterapi memantau perkembangan pasien (dipakai oleh 3D4Medical, pengembang aplikasi Complete Anatomy), walaupun perhitungannya bisa sedikit meleset dari dimensi benda aslinya.

Hanya sedikit! Dengan kata lain, produk Apple sudah mendekati kesempurnaan dalam memasang pemindai AR.

8. Jadi, apakah iPad Pro Gen 4 cocok untuk menggantikan laptop atau MacBook-mu?

Review iPad Pro 12,9 Inci 2020, Ini Spesifikasi dan Harganyamacworld.com

Ini dia pertanyaan utamanya. Jika memang mendukung Magic Keyboard dan Touchpad, pantaskah iPad Pro Gen 4 dijadikan pengganti laptop atau MacBook-mu? Jawabannya adalah... "Tergantung".

Jika kamu ingin tetap produktif namun sering bepergian ke mana-mana, iPad Pro Gen 4 adalah pilihan terbaik untukmu di kelasnya. Akan tetapi, iPad Pro Gen 4 tetap saja hanya sebuah tablet yang belum memiliki fitur-fitur yang ditujukan untuk laptop.

Jadi, jika kamu tipe yang suka mengetik atau membuka internet untuk mengerjakan dokumen, lebih baik kamu membeli laptop saja. iPad Pro Gen 4 dibanderol seharga Rp15 hingga Rp22 jutaan, tergantung dari ruang penyimpanan dan versinya (WiFi atau WiFi + seluler). Magic Keyboard-nya pun dijual secara terpisah, seharga Rp5,3 juta!

"Lalu, jika saya memiliki iPad Pro Gen 3, apakah saya perlu tukar ke Gen 4?"

Sayang sekali, jawabannya, "Tidak perlu". Dukungan keyboard dan touchpad juga akan hadir untuk iPadOS 13.2. Menilai dari segala fitur yang ditawarkan iPad Pro Gen 4, Gen 3 tidak jauh berbeda.

Namun, jika kamu belum memiliki tablet atau laptop, iPad Pro Gen 4 recommended banget!

Baca Juga: Baru Dirilis, Ini 7 Fitur Fantastis yang Dimiliki iPad Pro 2020!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya