Comscore Tracker

Seberapa Sering Sih Kita Harus Membersihkan Keyboard? Begini Kata Ahli

Keyboard juga bisa menjadi sarang kuman lho

Selain smartphone dan pegangan pintu yang disebut-sebut sebagai barang paling kotor, ternyata keyboard laptop kamu juga merupakan harta karun bagi para kuman dan bakteri lho. Belum lagi, keyboard laptop termasuk barang yang hampir setiap saat menempel di ujung jarimu.

Jika memang begitu, seberapa sering sih keyboard perlu dibersihkan? Berikut jadwalnya menurut pendapat para ahli.

1. Barang elektronik menyimpan banyak kuman

Seberapa Sering Sih Kita Harus Membersihkan Keyboard? Begini Kata Ahlipexels.com/Azz Bad

Elektronik bukanlah benda yang bisa kita cuci menggunakan sabun dan air, seperti halnya kita mencuci piring sehabis makan. Dan itu sebabnya kita sering lupa bahwa alat elektronik juga perlu untuk dibersihkan. Apalagi jika kamu sering kontak langsung dan menjadikan barang elektronik itu sebagai hal utama dari keseharianmu. Faktanya, sebuah studi tahun 2012 dari University of Arizona menemukan bahwa meja kantor memiliki 400 kali lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet, lho. Ih, seram juga ya.

2. Bakteri yang bisa hidup di dalam keyboard

Seberapa Sering Sih Kita Harus Membersihkan Keyboard? Begini Kata Ahlitoday.com

Sebuah penelitian tahun 2006 di Northwestern Memorial Hospital menemukan bahwa dua bakteri yang resistan terhadap obat dan mematikan ini bisa kita temukan dalam keyboard, yakni (Entercomoccus faecium yang resistan terhadap obat, dan Staphylococcus aureus yang resisten methicillin, atau MRSA) dapat bertahan hingga 24 jam di dalam keyboard. Kuman lain yang lebih umum dan sering ditemukan namun gak terlalu berbahaya yakni bakteri Pseudomonas aeruginosa yang bisa bertahan selama satu jam.

Baca Juga: Mengapa Terdapat Tonjolan Pada Huruf F dan J di Keyboard Kamu? Ini Alasannya

3. Ahli menyarankan untuk membersihkan keyboard setiap seminggu sekali

Seberapa Sering Sih Kita Harus Membersihkan Keyboard? Begini Kata Ahliebay.com

Langkah pertama untuk mengatasi masalah ini adalah selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengetik di keyboard. Tapi cara itu juga gak benar-benar efektif, kita tetap perlu membersihkan laptop secara menyeluruh.

Dalam sebuah studi tahun 2012 tentang komputer, ahli mikrobiologi menyimpulkan bahwa keyboard dan mouse yang digunakan secara bergantian harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Jika merasa itu masih belum cukup maksimal, kita bisa mengikuti saran studi tahun 2006 tentang workstation rumah sakit, yang menyarankan keyboard harus dibersihkan setiap hari.

4. Cara membersihkan keyboard yang direkomendasikan

Seberapa Sering Sih Kita Harus Membersihkan Keyboard? Begini Kata Ahlianimalia-life.club

Direkomendasikan oleh National Center for Health Research (Pusat Riset Kesehatan Nasional), inilah yang bisa kita lakukan setiap minggu untuk membuat keyboard kita tetap bersih:

  1. Cuci tanganmu sebelum dan sesudah bersentuhan dengan keyboard laptop atau komputermu.
  2. Dalam keadaan tangan yang kering, matikan laptop dan cabut perangkat atau komponen komputermu.
  3. Balikkan dan goyang-goyangkan keyboard agar debu atau serpihan-serpihan kotor yang tersembunyi di celah-celah keyboard jatuh.
  4. Jika kamu memiliki peralatan vakum atau kuas untuk keyboard, kamu bisa menggunakannya untuk membantu mengeluarkan debu-debu dan kotoran yang membandel.
  5. Basahi kapas dengan air atau alkohol isopropil. Jangan sampai basah kuyup, cukup membuatnya sedikit lembab saja. Gosok-gosok pada permukaan keyboard. Atau kamu juga bisa menggunakan kain yang gak berbulu untuk membersihkannya.

Nah, sekarang sudah tahu kan seberapa pentingnya kamu harus membersihkan keyboard laptop atau komputermu. Jangan sampai sisa-sisa dari serpihan snack mu bersarang di dalam keyboard, dan jadi bakteri.

Baca Juga: 9 Keyboard Shortcut di Windows 10 yang Bikin Kerja Makin Cepat

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You