TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Catat, Inilah 5 Trik Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone!

Hati-hati dengan nomor 5!

extremetech.com

Pernah gak kamu mengalami saat di mana kamu mau bepergian sementara smartphone milikmu malah lowbat? Tentu kamu bakal panik bukan main karena takut smartphone-mu mati saat sedang butuh-butuhnya.

Kalau smartphone milikmu sudah mendukung fitur fast charging sih hal itu sudah gak jadi masalah. Tapi gimana jadinya kalau biasanya kamu butuh waktu lebih dari satu jam agar baterai smartphone-mu jadi terisi maksimal?

Berikut 5 trik yang kamu coba agar pengisian daya bateraimu jadi lebih cepat dari biasanya.

1. Gunakan charger original bawaan smartphone

extremetech.com

Sudah jadi kebiasaan saling pinjam charger dengan teman. Padahal kebiasaan menggunakan charger yang tak sesuai bisa memperpendek usia baterai.

Charger bawaan pastinya sudah disesuaikan dengan tegangan daya yang cocok untuk smartphone-mu. Menggunakan charger gak jaminan akan mempercepat proses charging smartphone-mu.

2. Gunakan charger dengan tegangan lebih tinggi

howtogeek.com

Solusi tercepat agar pengisian daya lebih maksimal adalah menggunakan charger dengan arus listrik yang lebih besar. Misal charger dengan arus 1 Ampere akan lebih lambat dibandingkan dengan charger dengan arus 2 Ampere.

Pastikan charger yang kamu pakai itu ori, karena biasanya charger yang tidak ori, arus yang dihantarkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Tapi cara ini hanya kamu gunakan saat urgent ya, karena terlalu sering menggunakan charger yang tidak sesuai dengan daya akan merusak smartphone-mu.

3. Mematikan smartphone atau airplane mode

oneclickroot.com

Salah satu cara mempercepat proses pengisian baterai adalah dengan mematikan smartphone atau mengaktifkan airplane mode. Alasannya, saat smartphone dalam keadaan menyala akan aktif mencari sinyal yang memakan daya. Dengan mematikan atau airplane mode akan mengistirahatkan smartphone dari berbagai aktivitas.

Kamu kuat kan tak menggunakan smartphone hanya beberapa saat?

4. Jauhkan dari tempat yang panas

joyofandroid.com

Tempat mengisi daya smartphone ternyata cukup berpengaruh terhadap kecepatan pengisian daya. Hindari tempat yang panas atau terpapar sinar matahari langsung karena akan menghambat durasi pengisian daya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya