TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bisa Menjadi Remote TV, Ini 5 Ponsel Terbaik dengan IR Blaster

#Gadget101 Makin banyak fitur, makin keren!

jbklutse.com

IR sendiri merupakan singkatan dari Infra-Red atau inframerah, biasa digunakan sebagai sarana untuk mengirim perintah ke perangkat elektronik lain. Nah, fitur semacam ini sebenarnya sudah diterapkan oleh sejumlah produsen smartphone ke produk-produk buatan mereka, lewat IR Blaster. 

Jadi singkatnya, smartphone dengan dukungan IR Blaster secara harfiah bisa digunakan sebagai remote universal, untuk mengendalikan atau mengontrol perangkat lain seperti TV, AC atau perangkat lainnya yang kompatibel dengan inframerah. Nah, berkaitan dengan itu, di sini penulis akan membagikan rekomendasi s smartphone terbaik yang memiliki dukungan IR Blaster di dalamnya. Berikut ulasannya.

1. Huawei P20 Pro

9to5google.com

Huawei P20 Pro menjadi salah satu smartphone terkuat yang ada di pasaran saat ini. Smartphone yang satu ini dibekali dengan Kirin 970, RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Sementara di bagian lain, P20 Pro didukung oleh layar FHD+ sebesar 6,1 inch, baterai berkapasitas 4.000 mAh, sertifikasi IP67 untuk tahan air dan debu, dan tentu saja, fitur IR Blaster sebagai remote untuk segala perangkat yang mendukung.

Dibuat dengan kontruksi logam dank aca, P20 Pro juga menjadi smartphone pertama yang mengadopsi tiga kamera dibagian belakang (masing-masing beresolusi 40MP, 20MP dan 8MP). Di Indonesia sendiri, Huawei P20 Pro dijual di kisaran harga Rp 12 juta.

2. Honor View 10

hihonor.com

Honor View 10 merupakan smartphone high-end dengan harga yang terbilang cukup murah, hanya sekitar Rp. 6,3 saja. Dengan harga yang cukup terjangkau itu, kalian bisa mendapatkan smartphone dengan layar 6,0 inch FHD+, berkekuatan Kirin 970 yang dipadukan dengan RAM sebesar 6GB. 

Selain memiliki fitur AR Blaster, smartphone ini juga dilengkapi dengan headphone-jack, baterai berkapasitas 3.750 mAh dan kamera ganda dibagian belakang yang sudah mendukung AI. Berjalan di Android 8.0 Oreo, Honor View 10 menawarkan desain yang elegan dengan body yang terbuat dari logam dan bezel tipis di bagian layar. 

3. Xiaomi Mi 6

androidauthority.com

Sama seperti smartphone Xiaomi kebanyakan, Mi 6 juga dilengkapi dengan fitur IR Blaster sebagai remote TV atau AC. Diperkenalkan pada bulan April lalu, Mi 6 dibekali dengan Snapdragon 835, RAM 6GB dan 128 penyimpanan internal. Meski memiliki bezel yang relatif besar, desain dari smartphone ini tetap terlihat stylish dan juga modern. 

Body yang terbuat dari perpaduan logam dan kaca, juga membuat smartphone yang satu ini nampak premium. Mi 6 tidak sepenuhnya tahan air, namun Xiaomi mengklaim jika smartphone ini tahan terhadap percikan air. Untuk harga, khususnya di Indonesia, Xiaomi Mi 6 dibanderol seharga Rp 4,7 juta. 

4. Honor 10

theverge.com

Diumumkan pada awal Agustus lalu, Honor 10 menjadi smartphone buas dari Honor yang mendapat dukungan IR Blaster didalamnya. Smartphone ini membawa spesifikasi top-of-the-line dengan harga yang relatif terjangkau. Honor 10 dipersenjatai dengan Kirin 970 yang telah didukung AI, RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. 

Di bagian desain, smartphone ini terlihat seperti perpaduan antara Honor 9 dan Huawei P20, yang menawarkan bezel tipis dan notch di bagian layar, serta dual kamera belakang yang diposisikan secara horizontal. Kamera bagian depan atau selfie yang diusung juga sudah sangat mumpuni dengan resolusi 24MP. Untuk bisa memilikinya, kalian setidaknya harus merogoh kocek sekitar Rp 7,5 juta.

Verified Writer

Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya