TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Andalkan Kamera dengan AI, Ini Spesifikasi & Harga Xiaomi Mi 6X

#Gadgets101: Kualitas fotonya dijamin bikin banjir like di media sosial

techadvisor.co.uk

Setelah beberapa waktu yang lalu Xiaomi merilis smartphone dengan prosesor Snapdragon 636 pertama di dunia, kali ini Xiaomi juga ikut merilis Xiaomi Mi 6X yang juga disebut dengan Xiaomi A2 (versi Android One) di China.

Seperti apa desain dan spesfikasi maupun fitur yang dibawanya? Yuk cek list selengkapnya di bawah ini.

1. Mengandalkan kamera yang dilengkapi kecerdasan buatan

newsnow.live

Sepertinya Xiaomi terinspirasi dari Vivo V9 dan Asus Zenfone 5 maupun smartphone lainnya yang mengimplementasikan kecerdasan buatan (AI) di kamera depannya. Teknologi ini dianggap mampu mengghasilkan foto yang menakjubkan karena kamera dapat mengenali objek wajah dan objek lainnya sehingga pemprosesan foto dapat lebih fokus dan warnanya natural dengan background yang bagus pula.

Kedua kamera belakang maupun kamera depan Xiaomi Mi 6X sama-sama dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Dengan demikian, kualitas tangkapan kamera belakang maupun kamera depan memiliki hasil yang natural dan menakjubkan berkat adanya kecerdasan buatan tersebut.

Bagian kamera belakang Xiaomi Mi 6X dilengkapi dengan dua kamera yakni kamera utama Sony IMX486 beresolusi 12MP  f/1.75 aperture dan 1.25-micron pixels serta kamera sekunder Sony IMX376 beresolusi 20MP f/1.75 aperture dan 1 micron pixels. Kedua kamera belakang ini juga dilengkapi dengan fitur PDAF dan dual-tone LED Flash. Kamera sekunder Mi 6X merupakan lensa tela yang dapat melakukan 2X optical zoom serta efek bokeh. 

Untuk urusan selfie, Xiaomi Mi 6X memiliki kamera Sony IMX376 beresolusi 20MP f/1.75 aperture, fixed focal length dan soft-LED Flash. Penggunaan kamera dengan resolusi tinggi, bukaan lensa yang lebih besar yakni f/1.75 yang mampu menangkap cahaya lebih banyak ditambah dengan adanya AI serta soft LED Flash membuat kualitas jepretan selfie patut diancungi dua jempol.

Ternyata kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera Xiaomi Mi 6X ini bukan hanya berguna untuk meningkatkan kualitas jepretan foto tetapi juga berguna untuk mentranslate bahasa yang tidak kamu pahami ke bahasa yang kamu mengerti. Selain itu, AI yang terdapat pada kamera smartphone ini juga bisa mengubah text dari suatu bahasa ke bahasa yang lainnya. Kecerdasan buatan ini juga ternyata dapat membuat Mi 6X bertahan lebih lama dengan mode smart power saving. 

2. Spesifikasi kelas menengah dengan performa garang

androidauthority.com

Xiaomi Mi 6X memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 660 octa-core (Quad core 2.2GHz Kyro + Quad 1.8GHz Kyro) dengan pengolah grafis Adreno 512. Selain itu, terdapat 3 opsi pilihan memori yakni 4GB/64GB,  6GB/64GB dan 6GB/128GB. Tentunya, setiap opsi varian memori RAM dan memori internal memiliki harga yang berbeda-beda pula.

Walaupun menggunakan chipset kelas menengah dan bukan kelas flagship, Snapdragon 660 tetap memiliki performa gahar berkat penggunaan CPU octa core Kyro, dimana CPU seri ini biasanya digunakan pada chipset Qualcomm kelas atas seperti Snapdragon 835 dan Snapdragon 845. Selain itu, memori RAM 4GB LPDDR4x model dual channel semakin menambah kegesitan performa smartphone ini. Dijamin smartphone ini akan kompromi diajak main game berat maupun aktivitas multitasking.

Baterei yang digunakan Xiaomi Mi 6X ini berkapasitas 3010mAh (fast charging), tergolong cukup kecil untuk menjalankan MIUI 9.5 berbasis Android 8.1 Oreo seharian penuh dengan segala aktivitas. Karna menggunakan launcher buatan sendiri yakni MIUI, dapat dipastikan jika Mi 6X ini bukan smartphone Android One seperti Xiaomi A1 yang menggunakan OS Android murni tanpa kustomisasi dan minim aplikasi bawaan. 

Adapun konektivitas yang dimiliki smartphone ini meliputi jaringan 4G LTE, Miracast, Bluetooth 5.0, IR emitter, USB Type-C port dan tanpa kehadiran port audio jack 3.5mm. Sensor yang dimiliki Mi 6X meliputi accelerometer, ambient light sensor, gyroscope, dan proximity sensor. Untuk urusan keamanan, Xiaomi Mi 6X memiliki sensor sidik jari dan sensor pemindai wajah.

3. Desainnya mirip dengan Redmi Note 5

digit.in

Secara sepintas, smartphone ini memiliki desain yang mirip dengan Xiaomi Redmi Note 5. Hal ini bukanlah sesuatu yang kebetulan mengingat kebanyakan smartphone Xiaomi memiliki kemiripan satu sama lain dan juga memiliki kemiripan dengan smartphone lainnya.

Menggunakan bahan metal di semua bagian bodinya, smartphone ini dijual dengan 4 pilihan warna yakni Red, Gold, Rose Gold, Blue, and Black. Dimensi smartphone ini berukuran 158.7x75.4, dengan ketebalan 7.3mm dan berat mencapai 168 grams.

Sementara itu, layar Mi 6X diketahui menggunakan layar berukuran 5.99-inch dengan resolusi full HD+ dengan aspect ratio 18:9. Kamu masih bisa mendapati beberapa bagian untuk menu di bagiaan bawah maupun atas untuk kamera dan LED Flash serta earpice. Di bagian samping, smartphone ini hanya menyisakan sedikit bezell yang tipis.  

Verified Writer

Irvin Pabane

Part of @pk189 LPDP RI || Soli Deo Gloria || Belajar Sepanjang Hayat || Baca tulisan lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya