TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbandingan Samsung Galaxy A6 Series dengan A8 Series

#Gadget101 Mending upgrade seri yang mana?

infoglitz.com & pocket-lint.com

Samsung hingga saat ini masih menjadi merek ponsel dengan pembelian terbanyak di Indonesia, begitu banyak orang yang percaya dengan kualitas Samsung. Beberapa waktu lalu Samsung meluncurkan seri Galaxy A6 dan A6+ yang seolah memberikan makin banyak pilihan bagi masyarakat dalam memilih ponsel.

Buat kamu yang saat ini memakai Samsung Galaxy A5 (2017) dan ingin upgrade ke ponsel Samsung seri A yang lebih baru atau kamu pengguna merek ponsel lain yang ingin membeli Samsung seri A dan bingung memilih seri A6 atau A8 yang sudah diluncurkan terlebih dahulu, bisa menyimak artikel ini ya!

1. Desain khas Samsung

smartprix.com & firstpost.com

Samsung memang memilki desain ponsel yang khas, Samsung Galaxy A6 Series memiliki bodi metal dengan hiasan garis melintang di bagian ujung atas dan bawahnya sedangkan Samsung Galaxy A8 Series memiliki bodi yang hampir mirip dengan Samsung Galaxy A5 (2017) yaitu bodi berbahan kaca.

Sedangkan layar Samsung Galaxy A6 dan A8 sama-sama memiliki bentang 5.6 inci dan A6+ dan A8+ memiliki bentang 6 inci. Detail yang membedakan Samsung Galaxy seri A6 dan A8 adalah bentuk ujung layar meruncing untuk A6 sedangkan A8 memiliki desain layar melengkung (rounded) sehingga lebih kekinian.

Keduanya sudah menggunakan panel AMOLED khas Samsung dan rasio layar kedua seri ponsel ini sudah menggunakan rasio layar lebar yaitu 18,5 : 9 lho! Khusus untuk Samsung Galaxy A8 dan A8+ sudah mengantongi sertifikat tahan debu dan air IP68 lho sehingga kamu bisa lebih tenang dalam penggunaan di kondisi yang cukup ekstrim.

2. Chipset Exynos dan Snapdragon

techweez.com & androidcentral.com

Nampaknya Samsung tak melulu menggunakan chipset buatannya yaitu Exynos di setiap ponselnya. Samsung Galaxy A6 menggunakan chipset Exynos 7870 Octa Core sedangkan seri A6+ menggunakan chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 lho! Untuk Samsung Galaxy seri A8 dan A8+ keduanya menggunakan chipset sama yaitu Exynos 7885 Octa Core.

Samsung Galaxy A6 series sudah mendukung sistem operasi Android Oreo 8.0 saat pertama kali dibeli sedangkan Samsung Galaxy A8 series masih menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1.1 namun jangan khawatir karena Samsung termasuk rajin memberikan update sistem operasi lho.

Pilihan RAM yang tersedia untuk Samsung Galaxy A6 series adalah RAM 3 GB atau 4 GB dengan pilihan memori internal 32 GB atau 64 GB. Sedangkan Samsung Galaxy A8 series dibekali dengan pilihan RAM 4 GB atau 6 GB dengan memori internal sebesar 32 GB atau 64 GB.

3. Kamera dengan resolusi besar

thegioididong.com & techdroider.com

Samsung memang memiliki kamera yang cukup baik di setiap serinya. Pada Samsung Galaxy A6 dibenamkan kamera beresolusi 16 MP f/1.7 dan tambahan kamera kedua beresolusi 5 MP f/1.9 untuk seri A6+ sedangkan kamera untuk Samsung Galaxy A8 dibenamkan satu kamera belakang beresolusi 16 MP f/1.7 baik untuk seri biasa maupun seri A8+.

Untuk kamera depan, Samsung Galaxy A6 memiliki resolusi 16 MP dan seri A6+ dibekali kamera depan resolusi besar yaitu 24 MP. Sedangkan Samsung Galaxy A8 memiliki dual kamera depan dengan resolusi 16 MP + 8 MP f/1.9 untuk fitur wide aperture.

4. Harga dan penjualan

webchaat.com & gadgetmatch.com

Samsung Galaxy A6 dibanderol dengan harga Rp 3.799.000 dan Samsung Galaxy A6+ dibanderol dengan harga Rp 4.899.000. Kedua ponsel ini bisa dibeli mulai tanggal 3 Juni 2018 baik di toko online ataupun offline.

Sedangkan Samsung Galaxy A8 saat ini sudah bisa dibeli melalui toko online atau offline dengan harga resmi Rp 6.499.000 dan harga promo Rp 5.999.000 melalui Lazada. Untuk Samsung Galaxy A8+ dihargai Rp 8.099.000 dan harga promo Rp 7.499.000 melalui Lazada.

Verified Writer

Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya