Comscore Tracker

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal 

Pengguna Android mari merapat

Jakarta, IDN Times - Masih banyak orang yang menganggap kalau foto keren cuma bisa dihasilkan dari kamera profesional seharga puluhan hingga ratusan juta. Padahal, kualitas sebuah foto itu bukan semata-mata ditentukan oleh apa kameranya, tapi siapa fotografernya. 

Jika kamu memang cukup ahli, yakin deh hasil foto kamera HP Android kamu pun sudah bisa cukup ciamik untuk dipamerkan di media sosial. Penasaran bagaimana caranya? Ini dia lima cara memaksimalkan kamera HP bak kamera profesional. 

Baca Juga: 10 Aplikasi Ini Akan Menyulap Kamera HP Jadi Kamera Film, Estetik!

1. Aktifkan mode HDR

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal Shutterstock/theshots.co

Satu fitur kecil yang bisa meningkatkan kualitas foto dengan lebih maksimal lho. HDR atau High Dynamic Range ini berperan untuk menyeimbangkan shadow dan highlight dari foto yang kamu ambil dengan menggunakan kamera HP. Alhasil, fotomu akan tampak lebih detail dengan tidak adanya bagian yang terlalu terang atau terlalu gelap. 

Contoh penggunaan fitur HDR ini adalah ketika kamu ingin mengambil foto di siang hari. Jika fitur HDR-nya kamu aktifkan, langit akan tampak lebih detail dengan kontras warna yang baik. Jika tidak kamu aktifkan, maka langit akan tampak blown-out dengan shadow dan highlight yang berantakan.

2. Gunakan grid untuk komposisi rule of third

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal Shutterstock.com/myboys.me

Seorang fotografer yang keren pasti punya kejelian dalam mengatur komposisi fotonya. Sebab, komposisi yang baik akan menciptakan makna lebih pada sebuah karya foto. Nah, untuk membantumu mengatur komposisi foto dengan lebih mudah, kamu bisa aktifkan fitur grid. Cara ini sesuai dengan rule of third dalam dunia fotografi. Apa sih rule of third itu? Sini IDN Times jelaskan.

Rule of thirds adalah konsep di mana seorang fotografer menempatkan objek foto di garis grid yang saling bersinggungan. Ternyata, konsep ini bantu mengarahkan pandangan orang lain ke arah objek yang ingin kamu highlight lho. Akhirnya, orang lain bisa dengan lebih mudah menangkap makna yang ingin kamu sampaikan dari karya fotomu. 

Setelah itu, yang perlu kamu lakukan adalah menentukan apa pesan yang ingin kamu sampaikan dari hasil fotomu.

3. Pahami dan maksimalkan setiap mode exposure

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal Shutterstock/Carlo Prearo

Saat ini kamera HP Android sudah dibekali dengan berbagai mode exposure untuk setiap kebutuhan. Misalnya, ketika kamu ingin foto orang, maka gunakanlah mode portrait karena kamera akan secara otomatis menggunakan aperture terbesar dengan optimasi software untuk menciptakan efek bokeh yang natural. 

Jika kamu ingin memotret objek yang bergerak secara cepat, maka gunakanlah mode Sports karena kamera akan secara otomatis meningkatkan shutter speed agar foto tak tampak blur. Nah, kalau kamu mau foto saat malam hari atau di tempat yang minim penerangan, maka gunakanlah Night Mode karena kamera secara otomatis akan melambatkan shutter speed untuk menangkap lebih banyak cahaya serta meningkatkan OIS agar gambar tampak lebih cerah. Tapi ingat, jika kamu menggunakan Night Mode, pastikan kondisi tanganmu cukup stabil ya supaya gak blur.

4. Jika memungkinkan, pakai lensa tambahan

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal Shutterstock/Artem Beliaikin

Jika HP kamu cuma punya satu lensa saja, maka hasil fotomu akan seperti itu terus. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan lensa tambahan yang sekarang sudah tersedia luas. Tapi, memang kualitas gak bisa bohong, karena seringkali lensa tambahan ini justru mendistorsi kejernihan kamera kamu. Makanya, jika memungkinkan, gak ada salahnya kamu sekalian saja upgrade HP kamu!

Nah, kalau butuh rekomendasi, kamu bisa coba Samsung Galaxy S20 FE yang sudah dibekali dengan triple lens camera nih guys. Pada kamera utama, Samsung Galaxy S20 FE sudah dilengkapi dengan lensa Wide-angle dengan beresolusi 12 MP, aperture f/1.8, dengan Dual Pixel PDAF dan Optical Image Stabilizer (OIS). Sebagai tambahan, Samsung Galaxy S20 FE juga memiliki lensa Ultra Wide 12 MP dengan aperture f/2.2, dan juga lensa Telephoto 8 MP 3x optical zoom dengan aperture f/2.0, PDAF, serta OIS.

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal samsung.com

Selain hardware kamera yang mumpuni, image processing Samsung Galaxy S20 FE juga didukung oleh prosesor Exynos990 yang flagship banget. Jadi, hasil fotonya sudah pasti jernih, cerah, stabil, dan tentu saja Instagram-able! Makanya, daripada ribet-ribet pilih lensa tambahan, langsung saja upgrade HP kamu ke Samsung Galaxy S20 FE!

5. Poles hasil gambar dengan software editing yang mumpuni

Cuma Modal HP Android, 5 Teknik Memotret Bak Fotografer Andal Shutterstock/Rawpixel.com

Meski tampak natural sekalipun, fotografer pastinya memberikan sedikit touch-up pada hasil fotonya untuk meningkatkan kualitas gambarnya. Misalnya, dengan mengatur white balance untuk membuat foto tampak lebih natural. Kamu juga bisa memainkan exposure, highlight, shadow, saturation, dan lain sebagainya agar hasil fotonya bisa sesuai dengan keinginanmu.

Nah, biasanya sih para fotografer menggunakan software editing seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, Skylum Luminar, Corel PaintShop Pro, dan lain sebagainya. Tapi, kalau kamu ingin meng-edit fotonya langsung HP saja maka aplikasi seperti Adobe Lightroom, Snapseed, dan VSCO bisa jadi pilihan.

Oke guys, itu dia lima cara memaksimalkan kamera HP bak kamera profesional. Jadi, jangan lupa ya, hasil foto yang keren itu tak semata-mata dihasilkan dari kamera profesional saja. Banyak kok foto keren yang dihasilkan dari kamera Android. Selamat mencoba ya! (CSC)

Baca Juga: 7 Keunggulan Kamera Samsung Galaxy S10 Lite, Layaknya Kamera Pro!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya