Comscore Tracker

Ketebak! Ini 5 Masalah Klasik yang Dialami HP Android

Apakah ini tandanya perlu ganti HP baru?

Jakarta, IDN Times - Tim pengguna HP mana sih kamu, Android atau iOS? Berkat sistem operasinya yang mudah dikembangkan, dan bahkan digunakan oleh masyarakat kalangan mana saja, rupanya Android masih jadi HP andalan kita nih. Belum lagi, Android dapat dipakai di berbagai macam media, mulai dari laptop, smart TV, GPS, dan lain sebagainya.

Bicara keunggulan, pasti juga tidak terlepas dari kelemahan. Gak jarang, para pengguna Android mulai mengeluhkan lima masalah klasik ini. Apakah ini pertanda sudah saatnya ganti HP baru ya?

1. Mudah panas ketika sering digunakan

Ketebak! Ini 5 Masalah Klasik yang Dialami HP AndroidShutterstock/fizkes

Masalah suhu pada HP tipe Android mendadak mudah panas ketika sering digunakan. Masalah ini kerap terjadi karena beberapa faktor, misalnya menjalankan aplikasi secara bersamaan. Jadi, alangkah baiknya kamu bisa mengurangi penggunaan HP yang berlebihan.

IDN Times sarankan tutup semua aplikasi yang berjalan di belakang layar. Begitu juga ketika kamu sedang berada di daerah susah sinyal, lebih baik matikan koneksi data terlebih dahulu. Sebab, HP mendadak panas penyebabnya juga karena mencari sinyal.

Baca Juga: 10 Aplikasi Android Terbaik di September 2020, Ada yang Baru dari BTS!

2. Baterai gampang ‘bocor’

Ketebak! Ini 5 Masalah Klasik yang Dialami HP Androidpocket-lint.com

Pemakaian HP Android dalam waktu berlebihan, seperti untuk gaming, nonton serial drama, dan virtual meeting berpotensi mengakibatkan baterai HP ‘bocor’. Meski sudah diisi daya berkali-kali hingga memakan waktu berjam-jam pun, sayangnya hanya bertahan dalam hitungan menit saja. Bahkan sudah muncul notifikasi low battery.  

Apapun aktivitasmu yang menghabiskan waktu banyak lewat HP, kini tidak lagi khawatir baterai cepat habis. Khusus untukmu, hadir HP anti baterai ‘bocor’ dari Samsung Galaxy S20 FE yang sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4500mAH. Soal pengisian daya, Samsung Galaxy S20 FE juga sudah support fast charging 25W. Jadi, pastinya bisa lebih cepat ketika mengisi daya. Tidak ketinggalan, HP ini juga sudah support wireless charging juga, termasuk fitur PowerShare.

3. Sering banget nge-hang dan layar gak sensitif

Ketebak! Ini 5 Masalah Klasik yang Dialami HP Androiddroidlime.com

HP nge-hang bukan lagi hal aneh bagi sebagian orang, termasuk tim Android mania. Biasanya banyak pengguna Android yang kurang aware dalam pemakaian memori internal (RAM dan ROM). Nah, ketika sudah nge-hang tiba-tiba, baru sadar RAM-nya sudah terlalu penuh sehingga sistem operasi Android menjadi lambat. 

 Biar HP gak nge-hang lagi, itu tandanya butuh RAM berkapasitas besar seperti yang ada pada Samsung Galaxy S20 FE. Kejadian nge-hang gak akan terjadi karena prosesor flagship Exynos990 dan RAM up to 8 GB. Samsung Galaxy S20 FE juga dibekali memori penyimpanan mulai dari 128GB hingga 256GB dan masih bisa ditambahkan dengan microSD up to 1TB. Wow!

Pengguna Android juga tak perlu cemas lagi dengan masalah layar gak sensitif. Dengan Samsung Galaxy S20 FE, layar akan tampak lebih smooth karena layar Infinity-O Super AMOLED 6,5 inch dengan 120Hz refresh rate, dan beresolusi Full HD+ dengan support HDR 10+. Sangat recommended ‘kan?

4. Kamera HP yang gak tajam

Ketebak! Ini 5 Masalah Klasik yang Dialami HP Androidhypebeast.com

Titik kelemahannya Android juga terletak pada kameranya yang gak tajam menghasilkan gambar. Bahkan sampai ada yang setelah di-zoom, hasilnya tidak HD. Belum lagi, ketika ingin mengambil gambar di malam hari dan kurang pencahayaan, hasilnya masih saja mengecewakan.

Namun, untuk kamu yang senang fotografi menggunakan HP saja sekarang bisa! Kuncinya, kamera HP-mu apakah memiliki tiga fitur sekaligus, yaitu 30x Space Zoom, Bright Night, dan Single Take? Jika memang belum, sudah saatnya kamu beralih ke Samsung Galaxy S20 FE. 

Fitur 30x Space Zoom, yang mengombinasikan 30x Super Resolution Zoom, 3x Optical Zoom, dan teknologi AI bikin kualitas gambar dan video lebih smooth. Sejauh apapun objek yang akan ditangkap kamera, Space Zoom tetap bisa!

Selain itu, fitur Bright Night bisa jadi solusi kamu di kondisi yang minim pencahayaan, kamera Samsung Galaxy S20 FE ini akan menyerap cahaya dengan maksimal. Nah, terakhir, fitur Single Take kamera ini bisa mengambil 4 video dan juga 10 foto secara bersamaan, hanya dengan menekan tombol shutter selama 15 detik. 

Apakah semakin tertarik untuk mulai melirik Samsung Galaxy S20 FE? Dengan segala keunggulan performanya, Samsung memberikan harga spesial yakni Rp9.999.000. Berminat?

5. Fitur bluetooth kurang berfungsi maksimal

Ketebak! Ini 5 Masalah Klasik yang Dialami HP AndroidShutterstock/fizkes

Bluetooth adalah perangkat teknologi komunikasi data wireless, yang berfungsi sebagai media tukar-menukar data. Beberapa teknologi kini sudah memanfaatkan fitur bluetooth di HP, seperti halnya ketika ingin mendengarkan lagu melalui earphone yang bisa dibawa ke mana-mana tanpa kabel. Sayangnya, terkadang di Android fitur bluetooth kurang berfungsi maksimal. 

Untuk itu, sebaiknya kamu perlu lakukan clear cache, clear data, restart, dan factory reset agar HP Android kamu kembali ke pengaturan awal. Dengan begitu, fitur bluetooth pun akan kembali berfungsi seperti sedia kala. 

Setelah mengulas tentang permasalahan klasik HP Android, pertanyaan ‘Apakah ini tandanya perlu ganti HP baru?’ masih menghantui pikiranmu? Jika ya, sudah pasti Samsung Galaxy S20 FE menjadi HP masa kini yang cocok menjawab semua kebutuhanmu. (CSC)

Baca Juga: 15 Aplikasi Android Terbanyak Diunduh Tahun 2020, Whatsapp Nomor 1

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya