Comscore Tracker

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San Andreas

Geng rival tak bisa berkutik!

Perang geng adalah salah satu mini game yang ada dalam GTA San Andreas. Kamu akan mendapatkan mini game ini setelah menyelesaikan misi dari Sweet bernama 'Doberman'. Sederhananya, perang geng merupakan mini game dimana kamu harus merebut semua wilayah geng rival kamu dalam GTA San Andreas. Ada dua geng rival yang harus kamu hancurkan, yaitu Geng Ballas dan Geng Vagos. 

Perang geng akan gagal apabila kamu mati selama berperang atau kamu meninggalkan zona perang kamu. Supaya kamu tetap survive, ada tips-tips menang perang geng khusus yang bisa kamu pakai dalam mini game ini. Simak tips-tips tersebut berikut ini:

1. Selalu ingat bahwa musuh selalu muncul berlawanan dari pandangan kamera kamu terlepas dari posisi kamu pada saat itu

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San AndreasMusuh muncul (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Salah satu kekurangan dalam GTA San Andreas pada perang geng adalah titik spawn musuh yang terlalu mudah diprediksi. Saat perang geng berlangsung, musuh kamu tidak akan pernah spawn di depan pandangan kamu. Mereka akan selalu muncul secara rame-rame dengan cara mendatangi kamu secara berlawanan dari point of view kamu. 

Karena hal tersebut, kamu dapat menentukan titik spawn musuh dengan mudah. Sebagai contoh, jika kamu berperang di jalan raya yang lurus, maka kamu hanya cukup berdiri saja di tengah jalan tersebut dan tidak menggerakkan pandangan kamera kamu sama sekali. Kamu bisa menggunakan mini map untuk memprediksi arah muncul dari musuh. Beberapa detik kemudian, cek kembali mini map kamu dan gerombolan musuh akan muncul di belakang point of view kamu.

Baca Juga: 7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu Tahu

2. Gunakan Desert Eagle untuk membunuh musuh secara instan hanya dengan satu kali tembak

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San AndreasDeagle GTA San Andreas (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Pistol terkuat dalam GTA San Andreas adalah Desert Eagle. Desert Eagle mempunyai dua kelebihan, yaitu mempunyai damage output yang luar biasa dan jarak tembak yang cukup baik. Jika kamu melatih skill Desert Eagle kamu sampai mahir, kamu dapat membunuh musuh hanya dengan satu peluru saja. 

Harga Desert Eagle adalah $1440 sehingga menjadikannya sebagai pistol paling mahal di dalam game. Meskipun harganya tidak ramah di kantong, tapi worth it! Kamu bisa menang perang geng hanya bermodalkan Desert Eagle saja, loh! Saat baku tembak, kamu hanya perlu menunduk dan menembak ke badan musuh. Selain itu, kamu dapat berganti posisi secara cepat karena kamu hanya memegang pistol sehingga kamu bisa berlari kapan saja. 

3. Perhatikan gradasi warna dalam zona geng musuh karena itu menandakan tingkat kesulitan zona tersebut

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San AndreasGradasi warna geng (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Ketika kamu membuka map kamu, kamu akan melihat bahwa beberapa zona geng musuh mempunyai gradasi warna yang berbeda-beda. Ada zona geng musuh yang mempunyai gradasi warna yang terang dan gelap.

Perlu kamu ketahui bahwa gradasi tersebut menunjukkan tingkat kesulitan zona geng tersebut. Semakin terang gradasinya, semakin musuh yang akan dihadapi karena mereka tidak punya perlengkapan yang baik. Jangan heran apabila kamu akan menembak musuh yang hanya membawa tongkat baseball dalam zona ini. Sebaliknya, jika gradasi warnanya gelap, maka musuhnya akan semakin sulit. Kemungkinan besar, mereka akan memakai SMG atau Assault Rifle sejak fase perang geng pertama. 

4. Jaga jarak kamu saat adu tembak dengan gerombolan musuh agar armor dan health kamu tidak cepat berkurang

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San AndreasJaga jarak saat duel (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Saat baku tembak bersama geng musuh, kamu wajib menjaga jarak kamu dengan mereka. Semakin tinggi fase perang geng kamu, maka geng musuh akan melawan kamu dengan senjata yang lebih kuat seperti SMG dan Assault Rifle. Kedua jenis senjata ini mempunyai jarak tembak yang cukup jauh. Jika kamu salah dalam mengambil posisi, kamu dapat 'wasted' seketika. 

Dengan menjaga jarak kamu dengan musuh, hal ini berguna untuk menghemat armor dan darah kamu sehingga kamu tak perlu lagi mengambil ikon armor atau health yang tersebar dalam area perang geng. Selain itu, kamu juga dapat menghemat uang kamu untuk tidak membeli armor baru atau menambah health kamu dengan makan di restoran. Untuk membantu kamu dalam hal ini, penulis menyarankan kamu agar selalu rajin mengambil senjata Assault Rifle dan SMG setelah perang selesai karena kedua jenis senjata tersebut memiliki jarak tembak yang cukup jauh. 

5. Gunakan sniper untuk memulai perang geng apabila jarak gerombolan geng terlalu sulit dijangkau

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San AndreasPakai sniper (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Terkadang, saat kamu sudah sampai di zona geng musuh untuk memulai perang geng, kamu tidak mendapati gerombolan geng di dekat posisi kamu. Penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari jarak gerombolan musuh yang terlalu jauh sehingga tak bisa ditembak dengan senjata biasa atau ada anggota geng musuh yang sedang berkendara dalam mobil. 

Untuk mengakali hal tersebut, kamu perlu membawa Sniper Rifle. Meskipun harganya mahal, Sniper Rifle mempunyai jarak tembak yang sangat jauh sehingga sangat efektif untuk memulai perang geng. Untuk memulai perang geng, kamu hanya perlu membidik sniper kamu dari dalam zona geng musuh. Juga, perlu kamu ingat bahwa kamu hanya perlu membunuh tiga anggota geng musuh untuk memulai perang. 

Baca Juga: 7 Video Game Paling Tua dalam Sejarah Video Game

6. Jangan selalu rekrut geng sebelum memulai perang geng karena geng kamu tidak pintar dalam baku tembak

6 Tips Menang Perang Geng dalam Game GTA San AndreasBantuan geng (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Kelemahan GTA San Andreas yang lain adalah sistem AI geng kamu yang cukup buruk. Mereka tidak punya keterampilan yang baik dalam baku tembak dengan geng musuh. Akurasi tembakan mereka juga sangat buruk, ditambah dengan positioning mereka yang berantakan. Makanya penulis tidak menyarankan untuk membawa mereka saat perang geng.

Namun jika kamu tetap bersikeras membawa mereka dalam perang geng, kamu dapat merekrut mereka sebagai body shield kamu atau mengganggu konsentrasi musuh. Kamu bisa berlindung di belakang badan mereka sembari menembak musuh sehingga kamu tak perlu lagi bersusah payah mencari tempat cover selama perang berlangsung. 


Dalam GTA San Andreas, perang geng tidak semenakutkan seperti yang kamu kira. Kamu hanya perlu tetap survive sampai akhir dan tetap percaya diri. Bahkan, kamu bisa merebut semua zona geng musuh tanpa mati sama sekali. Tips-tips ini dapat kamu aplikasikan agar membuatmu lebih berani menghancurkan semua geng rival kamu. Selamat mencoba!

Andra Setiawan Weltofa Photo Verified Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / E-mail: andrasweltofa@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya