Comscore Tracker

5 Tipe Penggunaan Ponsel yang Sebenarnya Kurang Bijak, Jangan Ditiru!

Biasanya efek dari kecanduan, nih!

Apakah kamu salah satu orang yang kerap menggunakan ponsel secara terus-menerus? Mungkin hampir semua orang menggunakan ponsel untuk saat ini, fungsinya juga sudah bermacam-macam seperti melakukan panggilan telepon, berkirim pesan, dan juga bermain video game.

Walaupun memiliki fungsi yang beragam, hampir setiap orang memiliki kebiasaan yang sama dalam menggunakan ponselnya. Sayangnya semua itu tidak selamanya berdampak positif, bahkan bisa dibilang banyak yang mengarah pada negatifnya.

Berikut ini ada lima tipe pengguna ponsel yang sebenarnya kurang bijak, jangan sampai ditiru atau bahkan dijadikan kebiasaan, ya!

1. Bermain game sambil mengisi daya

5 Tipe Penggunaan Ponsel yang Sebenarnya Kurang Bijak, Jangan Ditiru!Pexels.com/Steve Johnson

Salah satu tipe pengguna ponsel yang banyak terlihat hingga saat ini, bermain game sambil mengisi daya sering dilakukan banyak orang karena game yang dimainkannya menguras banyak daya.

Ketika baterai ponsel tinggal sedikit dan tidak mau berhenti bermain game, melakukannya sambil mengisi daya sering menjadi jalan pintas. Namun sebenarnya itu sangat tidak bijak, baterai ponsel kamu bisa cepat rusak sehingga ketahanannya berkurang secara drastis.

2. Menggunakan ponsel ketika berkendara

5 Tipe Penggunaan Ponsel yang Sebenarnya Kurang Bijak, Jangan Ditiru!Pexels.com/D'Vaughn Bell

Menggabungkan dua kegiatan sekaligus memang bisa membuat semuanya efisien, namun kamu juga harus memerhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Banyak orang yang menggabungkan antara menyetir kendaraan sambil menggunakan ponselnya, itu bisa sangat berbahaya untuk semua orang.

Tipe pengguna ponsel ini biasanya orang sibuk yang ingin mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, namun sepenting apapun itu keselamatan adalah yang paling utama. Jangan jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan sebelum semuanya terlambat.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Alami Jika Lepas dari Ponsel Selama Sebulan  

3. Meminta teman untuk berbagi koneksi seluler dengan penggunaan kuota internet yang boros

5 Tipe Penggunaan Ponsel yang Sebenarnya Kurang Bijak, Jangan Ditiru!Pexels.com/Keegan Checks

Bagi kamu yang suka meminta teman untuk berbagi koneksi internet, jangan gunakan kesempatan tersebut untuk menggunakan kuota internet tanpa batas seperti menonton Youtube atau mengunduh file dengan ukuran besar.

Tentu hal itu perlu kamu hindari, setidaknya kamu harus menghargai teman yang sudah membagi koneksi internetnya. Jangan menjadi pengguna ponsel yang kurang bijak, itu sangat tidak baik bagi pertemanan kamu.

4. Memasang aplikasi berbayar dari sembarang tempat secara gratis

5 Tipe Penggunaan Ponsel yang Sebenarnya Kurang Bijak, Jangan Ditiru!Pexels.com/PhotoMIX Ltd.

Bagi pengguna gratisan, mencari aplikasi atau game berbayar secara gratis sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang. Namun hal tersebut sebenarnya kurang bijak, bisa jadi aplikasi tersebut sudah tercemar virus yang dapat menyerang perangkat kamu.

Tentu itu bukanlah tindakan yang tepat, jika kamu tidak mau membayar lebih baik menggunakan versi aslinya. Jangan memaksakan menggunakan versi premium jika masih memiliki jiwa gratisan.

5. Tidak menggunakan pelindung layar hanya karena sudah menggunakan layar terbaik

5 Tipe Penggunaan Ponsel yang Sebenarnya Kurang Bijak, Jangan Ditiru!Pexels.com/Essow Kedelina

Banyak orang yang percaya bahwa ponselnya sudah dilengkapi dengan layar terbaik sehingga tidak mudah tergores, namun bukan tidak mungkin layar tersebut memiliki kelemahan baik oleh pasir atau debu.

Meskipun ponsel kamu sudah menggunakan layar sebagus apapun, penggunaan pelindung layar atau Tempered Glass tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itu dia deretan tipe pengguna ponsel yang harusnya tidak kamu tiru karena sangat tidak bijak, apakah kamu menjadi salah satu tipe orang diatas?

Baca Juga: Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Matikan Ponsel Demi Hindari Stres

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya