Comscore Tracker

5 Tips Berguna Agar Mouse Nirkabel Kamu Gak Cepat Rusak

Jaga baik-baik ya! 

Dari segi penggunaan, mouse nirkabel sangat fleksibel dan mudah dipakai. Hal ini disebabkan karena mouse  nirkabel bisa berfungsi tanpa harus repot menggunakan sambungan kabel seperti mouse yang digunakan komputer pada umumnya.

Namun demikian, benda canggih yang satu ini bisa saja tidak berfungsi alias mudah rusak jika tidak tepat dalam penggunaannya.

Nah bagi kamu yang memiliki perangkat mouse nirkabel, tentu ingin benda berteknologi itu bisa awet dan gak gampang rusak kan? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mouse nirkabelmu agar terus awet. Berikut ini 5 tipsnya. 

1. Bersihkan optik mouse secara berkala

5 Tips Berguna Agar Mouse Nirkabel Kamu Gak Cepat RusakUnsplash.com /Oscar Ivan Esquivel Arteaga

Agar mouse nirkabelmu tidak cepat rusak, maka kamu harus rajin membersihkannya. Jangan lupa untuk membersihkan optik mouse secara berkala.

Kebersihan optik mouse sangat penting lantaran mouse sangat sensitif terhadap partikel debu. Jadi, kalau kamu rajin membersihkan mouse, fungsi kursor pun jadi tidak bermasalah alias berjalan normal. 

2. Matikan mouse jika tidak dipakai

5 Tips Berguna Agar Mouse Nirkabel Kamu Gak Cepat RusakPixabay.com /Free-Photos

Jangan lupa untuk selalu mematikan mouse secara manual saat sudah tidak lagi digunakan. Ini penting agar mouse tidak terus menyala. Selain itu hal ini juga penting untuk diterapkan sebagai upaya untuk menghemat baterai pada mouse nirkabelmu.

Baca Juga: Ini dia 7 Rekomendasi Terbaik Mousepad Untuk Gaming

3. Jauhkan dari benda cair

5 Tips Berguna Agar Mouse Nirkabel Kamu Gak Cepat RusakUnsplash.com /Markus Spiske

Benda cair sangat sensitif bagi benda seperti mouse nirkabel. Sebab jika terkena langsung, maka dapat menimbulkan kerusakan pada mouse. Untuk itu jauhkan mouse dari jangkauan benda cair.

Begitu juga ketika kamu menggunakan mouse, maka gunakan saat kondisi tangan sedang kering alias tidak basah. Jika mouse terkena benda cair, dapat membuat air masuk ke dalam mouse dan bisa merusak komponen di dalamnya.

4. Upayakan mouse tidak berjauhan dengan port nano receiver

5 Tips Berguna Agar Mouse Nirkabel Kamu Gak Cepat RusakUnsplash.com /Dan Counsell

Agar mouse nirkabelmu awet,  maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Salah satunya dengan tidak menjauhkan mouse dengan nano receiver, yakni benda mini yang dimasukkan ke dalam port Universal Serial Bus (USB) laptop atau komputer agar mouse nirkabel bisa berfungsi.

Dengan demikian, mouse bisa lebih awet dari segi baterai karena lebih hemat menyimpan daya baterai jika jarak mouse dan nano receiver berdekatan.

5. Jangan membongkar mouse jika tidak ahli

5 Tips Berguna Agar Mouse Nirkabel Kamu Gak Cepat RusakPixabay.com /rawpixel

Hati-hati jika kamu memiliki keinginan untuk membongkar isi dalam mouse nirkabelmu, sebab hal ini dapat berisiko membuat mouse rusak dan akhirnya gak bisa digunakan lagi.

Jika mouse nirkabelmu tiba-tiba macet dan tidak mau berfungsi, sebaiknya kamu membawa benda tersebut ke tempat service komputer, sehingga bisa menghindari kerusakan yang lebih parah daripada jika dibongkar sendiri tanpa keahlian.

Demikianlah 5 tips agar mouse nirkabelmu gak cepat rusak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mouse sehingga bisa terus dipakai untuk jangka panjang ya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik dengan Harga Bersahabat

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You