Comscore Tracker

Yuk, Cari Tahu! 5 Pemicu Gambar di Galeri Smartphone Hilang Mendadak

Bisa hilang karena virus menyerang, lho

Mungkin kamu pernah mengalami momen tidak mengenakkan ketika kehilangan gambar atau video yang mulanya tersimpan rapi dalam galeri smartphone kamu. Sebenarnya, gambar dan video pada galeri bisa mendadak hilang tanpa sepengetahuanmu.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor, dari terkena virus sehingga file gambar dan video yang tersimpan tiba-tiba kandas. Untuk itu, ada baiknya kamu mengenal sejumlah pemicu yang bikin gambar atau video di galeri smartphone kamu hilang mendadak. Berikut ini beberapa pemicunya.

1. File sampah yang menumpuk

Yuk, Cari Tahu! 5 Pemicu Gambar di Galeri Smartphone Hilang MendadakUnsplash.com/Jan Böke

Rajin-rajinlah membersihkan sampah pada smartphone kamu. Sebab, jika kamu tidak melakukannya, hal ini akan semakin membuat kinerja ponselmu semakin lambat. Ujung-ujungnya, file di dalamnya bisa hilang mendadak karena kekurangan memori penyimpanan.

Jika kamu memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk membersihkan sampah pada smartphone kamu secara berkala. Dengan begitu, ruang penyimpanan tetap tersedia dan file dalam smartphone kamu tetap aman. 

2. Terkena serangan virus

Yuk, Cari Tahu! 5 Pemicu Gambar di Galeri Smartphone Hilang MendadakUnsplash.com/ Dũng Trần Việt

Semakin canggih smartphone, ternyata tidak membuat penyerangan virus pada smartphone berhenti. Jika kamu tidak memasang antivirus pada smartphone, smartphone kamu bisa saja terkena virus dan membuat file di dalamnya menjadi rusak alias tidak terbaca.

Tak hanya itu, file yang tersimpan seperti gambar juga akan hilang secara mendadak atau disembunyikan oleh virus yang menyerang smartphone kamu. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak mengunduh sejumlah aplikasi yang tidak jelas, seperti game atau aplikasi mencurigakan yang dapat mengundang kehadiran virus ke dalam smartphone kamu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk

3. Memori smartphone penuh

Yuk, Cari Tahu! 5 Pemicu Gambar di Galeri Smartphone Hilang MendadakUnsplash.com/ João Silas

Salah satu notifikasi tidak mengenakkan saat sedang asyik menggunakan smartphone yakni pemberitahuan bahwa memori smartphone kamu penuh. Jika hal ini terjadi, segeralah membersihkan sampah dan berbagai file tidak penting yang ada di smartphone kamu.

Apabila kamu tidak melakukannya, beberapa file pentingmu bisa saja hilang seperti gambar atau video yang sudah tidak ada lagi di dalam arsip atau galeri penyimpanan smartphone kamu. Sebaiknya, jika ingin menyimpan banyak file, gunakan memori berkapasitas besar agar ruang penyimpanan tetap tersedia.

4. Encode yang tidak berfungsi dengan baik

Yuk, Cari Tahu! 5 Pemicu Gambar di Galeri Smartphone Hilang MendadakPixabay.com/Foundry

Jika kamu pernah menyimpan file atau gambar hasil unduhan dari internet, bisa saja gambar atau file yang kamu unduh tidak dapat terbaca ketika telah disimpan di smartphone.

Ini bisa saja terjadi karena encode atau sandi yang melekat pada file tersebut tidak berfungsi dengan baik. Alhasil, file pun bisa rusak saat dibaca oleh smartphone kamu. Tak hanya itu, bisa saja encode dari file yang kamu unduh mengandung virus sehingga dapat membuat berkas itu hilang atau tidak terbaca di smartphone kamu.

5. Memori yang sering dilepas pasang juga bisa bikin file foto hilang

Yuk, Cari Tahu! 5 Pemicu Gambar di Galeri Smartphone Hilang MendadakPixabay.com/tomekwalecki

Hal lain yang dapat memicu gambar atau file di smartphone kamu hilang, yakni seringnya melepas pasang kartu microSD atau kartu memori non-volatile. Ini bisa terjadi saat kamu sering memindahkan data kartu memori ke komputer atau laptop.

Bisa saja, kartu memori mengalami kerusakan chips lantaran sering terkena jari saat dipindahkan ke komputer. Ingat, chips select yang umumnya berwarna kuning pada microSD sangat sensitif. Jika kotor atau rusak, dapat membuat file di dalamnya tidak bisa terbaca lagi.

Tak hanya itu, kartu memori pun bisa terkena imbas virus jika kamu tidak hati-hati menghubungkan memori ke komputer yang sudah bersarang virus. Alhasil, data yang terdapat di kartu memori akhirnya hilang.

Demikianlah lima pemicu yang dapat membuat gambar atau file di dalam smartphone kamu hilang mendadak. Agar aman, kamu bisa melakukan back up data dengan menyimpan data smartphone kamu ke penyimpanan eksternal, seperti hardisk atau flasdisk secara berkala.

Bisa juga dengan memanfaatkan penyimpanan gratis, seperti Google Drive sehingga kamu tidak perlu khawatir saat tiba-tiba data di smartphone kamu hilang.

Baca Juga: Kenali 9 Virus Komputer Ini Sebelum Terlambat 

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You