Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai 

Teliti sebelum membeli ya

Semakin hari, laptop menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki setiap orang seperti para pekerja, pebisnis, hingga pelajar dan mahasiswa. Selain membantu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, laptop juga fleksibel dan bisa di bawa ke mana saja. Hal inilah yang membuat laptop digandrungi banyak orang.

Ada banyak varian laptop yang dijual di pasaran. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan budget yang tersedia. Ada laptop keluaran terbaru, atau laptop bekas alias second. Dalam membeli laptop bekas, maka kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. 

1. Cek keyboard dan touchpad apakah berfungsi dengan sempurna

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai Unsplash.com/Akshay M

Keyboard dan touchpad pada laptop sangat vital, untuk itu jika kedua hal ini rusak atau tidak berfungsi maka kinerja laptop yang kamu pakai cenderung tidak optimal. Kamu malah harus mengeluarkan kocek tambahan untuk membeli keyboard eksternal serta mouse tambahan untuk menunjang kinerja laptop bekas yang kamu beli.

Untuk itu, lebih baik periksa terlebih dahulu fungsi keyboard dan touchpad pada laptop bekas yang kamu incar, jika salah satu huruf atau angka di keyboard tersebut tidak berfungsi, sebaiknya jangan dibeli.

Mengganti keyboard laptop juga mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Daripada beli bekas tapi tidak berjalan optimal, lebih baik kamu tabung uang lebih banyak lagi untuk langsung membeli laptop yang baru.

2. Periksa port Universal Serial Bus (USB) pada laptop, apakah masih aktif atau sudah rusak

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai Unsplash.com/Brina Blum

Terkadang fungsi port USB pada laptop bisa terganggu. Cara mengeceknya bisa dengan memasukkan flasdisk ke port USB pada laptop. Jika flasdisk tidak bisa dibaca oleh laptop, berarti port USB tersebut bermasalah atau flasdisk yang kamu pakai memang sudah rusak.

Kalau sudah begini kamu bisa jadi repot. Untuk itu jangan lupa periksa dan cek kembali port USB laptop bekas yang ingin kamu beli.

Jika semua port berfungsi normal, termasuk port memori atau SD Card reader, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli laptop tersebut. Ingat, selalu teliti dalam membeli ya.

Baca Juga: 7 Tips Simpel Memilih Laptop Bagi Kamu yang Hobi Menulis

3. Pastikan layar laptop tidak bermasalah

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai Unsplash.com/ Christopher Gower

Jangan lupa untuk mengecek layar atau Liquid Crystal Display (LCD) pada laptop bekas yang akan kamu beli.Hal ini sangatlah penting sebab setiap mengoperasikan laptop, kamu akan terpaku terus terhadap layarnya untuk bekerja.

Jika layar laptop bekas yang kamu incar sudah bergaris-garis atau tidak bagus lagi kondisinya, sebaiknya hindari dan jangan beli. Bisa jadi nantinya saat kamu sudah membeli dan mengoperasikan laptop tersebut, kerusakan layar akan semakin parah. Ujungnya kamu malah menghabiskan uang untuk mengganti LCD baru.

4. Cek ruang penyimpanan hardisk dan kapasitas RAM pada laptop yang mau kamu beli

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai Unsplash.com/ Tobias Lystad

Dalam membeli laptop bekas, kamu perlu memeriksa ruang penyimpanan atau hardisk, serta kapasitas memori sementara atau Random Access Memory (RAM) pada laptop bekas yang hendak kamu beli.

Jika ruang penyimpanan hardisk-mu sedikit, maka ruang penyimpanan datamu juga terbatas, jadi gak bisa banyak menyimpan berkas. Begitu juga jika RAM pada laptop yang kamu gunakan kapasitasnya kecil, maka kinerja laptop bisa lambat.

Adapun saat ini di pasaran RAM yang ada pada laptop di antaranya sebesar 2 Gigabite (GB), 4 GB, bahkan 8 GB hingga 16 GB. Semakin tinggi kapasitas RAM juga mempengaruhi harga jual laptop tersebut dan juga membuat performa laptop tersebut semakin baik.

So, kamu perlu mencocokkan laptop yang hendak kamu beli dengan kondisi kantongmu ya.

5. Jangan lupa periksa apakah laptop bisa terhubung dengan internet

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Membeli Laptop Bekas Pakai Unsplash.com/ Benjamin Dada

Hal ini juga penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop bekas. Periksa lagi koneksi internet pada laptop tersebut apakah aktif atau tidak sama sekali. Cek lagi fitur wireless apakah sudah berfungsi dengan baik. Sebab bisa jadi laptop yang sudah bekas pakai tidak memiliki fitur wireless.

Sayang sekali rasanya jika laptop yang kamu beli tidak terhubung dengan internet, pekerjaanmu juga bisa terganggu. Apalagi zaman sekarang internet sangat dibutuhkan untuk mencari data dan informasi dalam menunjang pekerjaan yang kamu lakukan.

Demikian 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas pakai. Barang second tetap oke kok, asalkan kamu teliti dan mencari tahu terlebih dahulu kondisi laptop yang hendak kamu beli.

Jika kamu awam mengenai laptop, jangan sungkan untuk bertanya kepada orang-orang di sekitarmu yang ahli di bidang komputer. Dengan begitu kamu kaya akan informasi terkait laptop yang mau kamu beli. Jangan sampai kamu membeli laptop yang sudah bermasalah ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Memakai Laptop yang Berakibat Fatal 

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You