Comscore Tracker

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Ini

Dijamin bisa menarik minat pembaca!

Kegiatan membuat konten tentang review HP belakangan ini memang sedang naik daun. Pasalnya, para content creator saat ini punya sangat banyak media untuk menyalurkannya, baik dalam bentuk audio, visual, maupun tulisan. Nah, khusus untuk review HP di bidang penulisan, menulis artikel tentu jadi yang paling populer untuk dibuat dan dicari.

Akan tetapi, menulis artikel review HP ternyata tidak bisa sembarangan menulis. Ada beragam langkah-langkah yang harus kamu kuasai terlebih dahulu sebelum bisa membuat artikel yang informatif, menarik, bahkan viral.

Untungnya, tim editorial IDN Times bersama vivo Indonesia dalam gelaran Indonesia Writers Festival 2021 bertema How to Review Tech Product telah membagikan langkah-langkah tersebut secara gratis, lho. Makin penasaran dengan pembahasan tersebut? Yuk, simak enam langkah dalam menulis artikel review HP berikut ini!

1. Menentukan tujuan review

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Iniilustrasi bingung memilih sesuatu (pixabay.com/Tumisu)

Secara garis besar, tujuan dari membuat review suatu produk gadget pasti untuk kebutuhan berbagi informasi kepada pembaca. Oleh sebab itu, dalam menentukan topik yang akan diangkat, kita harus memperhatikan lagi tujuan besar dari membuat artikel review.

Nah, biasanya tujuan-tujuan review tersebut tak jauh-jauh dari tulisan yang ingin menyampaikan kelebihan suatu produk, review jujur penulis atas produk HP yang telah dicobanya, atau perbandingan antara HP dengan batasan-batasan tertentu. Dengan melandaskan tulisan pada tujuan tersebut, pastinya artikel kita nanti jadi punya pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada pembaca, bukan?

2. Cari tahu target pembaca dan sudut pandang yang akan diambil

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Iniilustrasi mencari analisis pembaca (pixabay.com/Pexels)

Sebelum memulai menulis, ada satu pertanyaan yang harus bisa dijawab oleh seorang penulis, yaitu siapa target pembaca yang ingin disasar? Sebab, tanpa adanya perencanaan yang matang terkait target pembaca yang ingin dicapai, pastinya sulit untuk memfokuskan tulisan pada satu topik tertentu.

Pastinya dalam mencari tahu target pembaca ini, seorang penulis artikel juga harus mengetahui dan menyesuaikan apa unique selling product (USP) dan costumer benefit yang dapat ditawarkan oleh suatu brand HP. Misalnya, jika ingin membuat tulisan yang mengarah pada anak muda yang hobi fotografi, pastikan kamu membuat daftar atau rekomendasi HP yang memiliki kemampuan kamera yang cukup baik.

Nah, berbicara soal HP dengan kemampuan kamera terbaik, pastinya sudah tahu brand smartphone vivo, bukan? Yapbrand yang satu ini sudah lama dikenal sebagai salah satu produsen HP yang terbilang sukses di Indonesia. Kesuksesan tersebut tentu berkat hadirnya beragam HP yang menonjolkan segi fotografi sebagai tagline utamanya.

Jika kamu tertarik dengan sebuah HP dengan kualitas kamera jempolan, vivo baru saja merilis smartphone terbarunya, yakni vivo V21, sebagai kompetitor di kelas menengah, lho. Kamera depan dengan konfigurasi 64 MP + 8 MP + 2 MP dan kamera depan 44 MP dari vivo V21 pastinya dapat diandalkan untuk fotografi di berbagai keadaan, terutama malam hari.

Misalnya saja, kamera dari vivo V21 ini punya fitur Motion Autofocus yang bisa membuat kualitas video jauh lebih fokus pada objek tertentu, Eye Autofocus di kamera depan yang bisa membuat momen swafoto semakin jernih, dan kemampuan Super Night Mode yang dimiliki kamera depan serta belakang dijamin bisa buat hasil fotomu semakin menarik. Oh, ya, vivo V21 juga memiliki banyak fitur di software kameranya yang wajib dicoba!

3. Pilih metode review sesuai dengan kemampuan

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Iniilustrasi content marketing yang mengharuskan memilih metode tertentu dari yang tersedia (pixabay.com/Tumisu)

Metode review yang dapat digunakan oleh seorang penulis artikel secara garis besar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan membagikan pengalaman langsung setelah menggunakan produk gadget ataupun menggunakan sumber dari internet yang dapat dipertanggungjawabkan dan dipercayai.

Perbedaan keduanya tentu akan sangat kontras. Ketika seorang penulis artikel membuat review berdasarkan pengalaman pribadi, ada berbagai hal yang bisa diulik dari gadget atau HP yang sedang ia coba. Sementara, dalam sumber dari internet, penulis hanya dapat menggambarkan spesifikasi teknis dari produk yang dibuat review.

Akan tetapi, tentunya perbedaan metode tersebut bukan jadi penghambat, kok. Pada akhirnya, jika seorang penulis dapat mengemas informasi yang diperoleh dengan baik, baik secara langsung maupun dari sumber lain, sudah pasti tulisan tersebut dapat menarik minat pembaca untuk membacanya.

Baca Juga: Murah, tapi Gak Murahan! 5 HP vivo V Series Harga 4 Jutaan

4. Tulis poin-poin penting yang akan dijelaskan secara berurutan

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Iniilustrasi check list poin-poin penting (pixabay.com/DCG_MAK)

Salah satu hal krusial dalam proses pembuatan artikel gadget review adalah menentukan poin-poin yang akan dibahas di dalamnya. Secara garis besar dalam gadget review, khususnya HP, poin-poin penting yang harus dibahas setidaknya adalah masalah performa, desain, kamera, daya tahan baterai, fitur yang jadi unggulan dari produk tersebut, dan terakhir biasanya baru mencantumkan harga.

Urutan poin-poin ini jadi sangat penting lantaran akan memengaruhi minat pembaca untuk membaca artikel review kita dari awal hingga akhir. Tim editorial IDN Times dalam pembahasannya juga menekankan kalau pembahasan harga diletakkan di akhir. Sebab, jika harga sudah disebutkan di awal dan ternyata pembaca tidak tertarik dengan HP pada rentang harga tersebut, besar kemungkinan kalau artikel tersebut akan dilewatkan.

5. Pilih gambar dari situs resmi dan pastikan kalau gambar tersebut legal

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Iniilustrasi memilih gambar (pixabay.com/jarmoluk)

Selain memperhatikan minat dari pembaca, penulis juga harus memperhatikan masalah plagiarisme. Masalah ini tak hanya sebatas pada susunan kalimat dalam artikelnya, melainkan juga pada pemilihan gambar. Sebab, jika gambar yang disematkan bukan autentik milik sendiri atau dari web resmi yang kredibel, artikel tersebut bisa saja tersandung masalah hak cipta dengan pemilik aslinya.

Nah, selain itu, pemilihan gambar yang tepat juga bisa memberikan pemahaman kepada pembaca terkait poin apa yang sedang dibaca. Misalnya, ketika sedang membahas poin kamera, foto yang disematkan bisa foto close-up dari konfigurasi kamera HP tersebut.

6. Pilih judul yang dapat memikat perhatian pembaca

Ingin Nulis Artikel Review HP? Yuk, Ikuti 6 Langkah Iniilustrasi seseorang yang sedang membaca artikel dengan judul menarik (pixabay.com/kaboompics)

Judul dalam artikel ibarat penampilan luar dari manusia. Sebab, jika dari judul saja kurang memikat pembaca, sudah pasti ia akan enggan meneruskan. Oleh sebab itu, strategi dalam pembuatan judul artikel juga jadi salah satu aspek penting dalam proses penulisan artikel.

Adapun, cara membuat judul menarik, di antaranya buatlah judul dengan menggunakan keyword yang sedang viral atau banyak dicari, sesuaikan dengan kebutuhan pembaca, bagikan pengalaman pribadi, sampaikan keunggulan dan USP dari HP yang sedang dibahas.

Buat bikin gadget review gak susah, bukan? Apalagi, saat ini, begitu banyak web kredibel yang bisa jadi sumber rujukan kita dalam menulis artikel tersebut. Jika masih kurang, tenang saja, vivo Indonesia punya solusi agar kita bisa menghadirkan artikel yang berdasarkan pengalaman pengguna.

Adalah vivo CLUB, sebuah komunitas yang dibuat vivo Indonesia agar para pengguna setia smartphone vivo dapat saling berinteraksi, berbagi pengalaman, maupun membaca berita seputar produk vivo. Bukan cuma itu, vivo CLUB juga punya beragam penawaran menarik dan banyak event seru yang bisa diakses oleh para anggotanya, lho. Oh, ya, pastinya ada pula hadiah-hadiah menarik yang ditawarkan oleh vivo CLUB pada para penggunanya. Gimana? Tertarik bergabung?

Baca Juga: Yuk, Intip Perbedaan vivo V21 dan vivo V21 5G!

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya