Comscore Tracker

5 Poin Penting Mengapa Realme Cepat Mendapat Tempat di Pasar Indonesia

Ada poin terkesan sangat berani lho

Sebagai produsen smartphone baru yang mencoba peruntungan di Indonesia, Realme bisa dikatakan menjadi salah satu yang tersukses pada 2019 ini. Kurang lebih setahun sejak mereka masuk ke pasar Indonesia, namun kini mereka telah menjadi salah satu produk smartphone terlaris tahun 2019 ini.

Tentunya ada beberapa hal penting yang membuat Realme dapat mendulang kesuksesan seperti sekarang. Sekurang-kurangnya ada 5 faktor yang menyebabkan Realme cepat mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Apa saja itu?

1. Aktif meluncurkan smartphone baru selama tahun 2019

5 Poin Penting Mengapa Realme Cepat Mendapat Tempat di Pasar IndonesiaInstagram.com/realmeindonesia

Ketika merek-merek terkenal seperti Xiaomi cenderung pasif dalam peluncuran smartphone baru di Indonesia, Realme hadir sebagai salah satu produsen smartphone yang rutin meluncurkan smartphone-nya di Indonesia selama tahun 2019 ini.

Daftar smartphone keluaran Realme tahun ini antara lain Realme C1 (2019), Realme C2, Realme 3, Realme 3 Pro, Realme X, Realme 5, Realme 5 Pro, Realme XT, Realme 5s, dan Realme X2 Pro.

2. Jenis smartphone-nya beragam, mulai dari entry-level sampai sekelas flagship

5 Poin Penting Mengapa Realme Cepat Mendapat Tempat di Pasar IndonesiaInstagram.com/realmeindonesia

Selain faktor seringnya Realme merilis smartphone baru, variasi spesifikasi yang ditawarkan oleh smartphone-smartphone Realme juga beragam bentuknya. Mulai dari smartphone kelas entry hingga kelas flagship sekalipun.

Untuk kelas entry, ada Realme C1 (2019) dan Realme C2. Di kelas mid-range ada beragam variasinya, seperti Realme 3, Realme 3 Pro, Realme 5, Realme 5 Pro, Realme 5s, Realme X, dan Realme XT. Untuk kelas flagship, Realme telah merilis Realme X2 Pro yang performanya tidak dapat dipandang sebelah mata, lho.

3. Fokus utama menyasar anak muda dengan menghadirkan slogan dan desain smartphone yang kekinian

5 Poin Penting Mengapa Realme Cepat Mendapat Tempat di Pasar IndonesiaInstagram.com/realmeindonesia

Sebagai produsen smartphone, Realme juga tidak lepas dari ciri khas yang bisa berupa slogan, maupun model tertentu yang akan dipasang pada setiap smartphone rilisannya.

Dalam memasarkan smartphonenya, Realme mengusung tema "Dare to Leap" yang dapat diartikan sebagai keberanian untuk berubah yang tentunya merupakan ciri "anak muda" banget.

Dalam website resmi pun tertulis bahwa misi Realme adalah "lebih banyak anak muda yang dipermudah dengan teknologi yang diberikan". Selain itu, setiap desain smartphone keluaran Realme selalu menghadirkan desain-desain yang simpel dan cocok sekali untuk anak muda.

Baca Juga: 5 Perbedaan dari Realme 5 dan Realme 5 Pro, Mana yang Lebih Unggul?

4. Penjualan online yang masif

5 Poin Penting Mengapa Realme Cepat Mendapat Tempat di Pasar IndonesiaPixabay.com/200degrees

Salah satu langkah berani yang diambil Realme ketika memasuki pasar Indonesia adalah lebih memfokuskan penjualan secara daring ketimbang membuka gerai secara langsung.

Langkah berani yang diambil Realme ini ternyata malah membuat nama Realme semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan Realme lewat pemesanan secara online membuat masyarakat tidak perlu was-was akan kena tipu oleh toko-toko online karena pemesanan bisa dilakukan lewat website resmi Realme.

5. Spesifikasi kelas atas dengan harga yang bersahabat

5 Poin Penting Mengapa Realme Cepat Mendapat Tempat di Pasar IndonesiaInstagram.com/realmeindonesia

Langkah berani berikutnya yang juga diambil Realme yang kemudian membuat nama mereka cepat melambung di Indonesia adalah pemberian harga miring untuk smartphone kelas atas.

Salah satu contohnya adalah smartphone flagship pertama mereka, Realme X2 Pro. Dengan spesifikasi handal yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 855+, penyimpanan sebesar 12 GB RAM dan 256 GB ROM, display 90Hz super smooth, serta kecepatan pengisian baterai yang gila adalah fitur utama smartphone flagship Realme ini.

Dengan kemampuan yang sama dengan smartphone flagship merek lain, siapa sangka kalau harga yang dipasang Realme sangat miring, yaitu hanya Rp7.799.000 saja!

Nah, itu dia kelima poin penting yang membuat Realme cepat mendapat tempat di pasar dan hati masyarakat Indonesia. Apakah kamu setuju dengan kelima poin yang penulis sajikan di atas?

Baca Juga: 5 Hal Keren Ini yang Buat Realme X2 Pro Jadi Smartphone Terbaik

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya