Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusak

Jangan sampai rusak terus ya

Bagi sebagian orang, charger handphone merupakan salah satu bagian dari hidup mereka. Jika tidak ada benda kecil yang satu ini, bisa jadi akan membuat mereka panik. Di era serba digital ini keberadaan charger handphone benar-benar sangat penting. Namun masalah sering datang ketika charger handphone mudah sekali rusak.

Kalau sudah begini, harus siapkan uang ekstra untuk membeli charger baru lagi. Jika kamu sering mengalami charger yang sering rusak mungkin ada kesalahan saat kamu merawatnya.

Mau tau apa saja 5 cara sederhana merawat charger handphone agar tidak mudah rusak? Simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan cable protector

5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusakmgviplounge.com

Mungkin bagi kamu keberadaan benda yang satu ini sedikit tidak penting atau bahkan menganggapnya norak karena warnanya yang tidak sesuai dengan selera kamu. Tapi cable protector berperan penting lho untuk membuat chargermu lebih awet. Tapi kamu bisa juga lho memilih cable protector dengan warna-warna yang netral.

2. Jangan sepelekan penjepit kabel

5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusaktokopedia.com

Meski bentuknya sangat kecil, tapi penjepit kabel bisa menjadi salah satu penyelamat chargermu dari kerusakan. Gulung kabel charger-mu dengan baik, misalnya gulung melingkar lalu jepit dengan penjepit kabel. Sudah deh charger-mu akan aman dan tidak mudah rusak

Baca Juga: 7 Solar Charger Smartphone Ini Cocok Mereka yang Suka Pergi ke Alam

3. Balut ujung kabel dengan pelindung sederhana seperti selotip

5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusaklazada.co.id

Umumnya kerusakan pada charger terjadi di bagian ujung. Biasanya karena entah terlipat atau bergesekan akan membuat bagian ujung mudah terkelupas dan patah. Untuk itu sebaiknya gunakan pelindung dibagian ujung kabel agar charger tetap aman.

Kamu bisa melilitkan selotip pada ujungnya, lho. Sangat sederhana, bukan? Tapi sekarang ada banyak juga lho pelindung ujung kabel dengan bentuk yang sangat lucu kamu bisa mendapatkannya di online shop.

4. Jangan memainkan handphone sambil di-charge

5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusakhoax-slayer.net

Kebiasaan yang satu ini sangatlah sulit ditinggalkan siapapun. Rebahan, sambil memainkan handphone yang sedang di-charge wah enak sekali bukan momen itu?

Namun, memainkan handphone sambil di-charge justru malah akan membuatnya cepat rusak. Pasalnya kabel akan cenderung cepat bengkok saat kita memainkannya saat diisi daya apalagi sambil rebahan. 

5. Cabut kabel dengan segera setelah selesai melakukan isi daya

5 Cara Sederhana Merawat Charger Handphone Agar Tidak Mudah Rusakshutterstock.com/Mosay May

Selain membantu dalam penghematan energi, mencabut charger setelah melakukan isi daya dapat membuat charger-mu lebih awet. Karena listrik akan terus mengalir ke charger saat kamu tidak mencabutnya dari stop kontak. Sebaiknya langsung dicabut saja ya.

Kebiasaan kecil akan berdampak besar jika kita mau mulai disiplin dengan cara pemakaian kita terhadap charger. Pastikan juga ya selalu gunakan kabel asli atau kabel bawaan dari handphone.

Karena setiap handphone pasti memiliki ketegangan arus yang berbeda, maka sebaiknya memang gunakan kabel bawaan karena dari produsen handphone tersebut. Sebab charger tersebut memiliki standar tertentu berapa besar harus yang mampu ditampung oleh handphone kamu. Yuk, mulai rawat charger kita.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Memanfaatkan Gadget untuk Kerja dari Rumah

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya