Comscore Tracker

Huawei Resmi Rilis Nova 5, Ini Faktanya yang Perlu Kamu Ketahui

Smartphone RAM 8GB seharga Rp4 jutaan!

Terlepas dari konflik dengan Google dan perusahaan Amerika lain, Huawei tetap merilis sejumlah smartphone baru hingga saat ini. Mulai dari P30 Pro yang digadang-gadang memiliki teknologi kamera terbaik hingga Mate X yang notabene merupakan smartphone lipat, Huawei punya jajaran smartphone terbaik di tahun 2019.

Beberapa hari yang lalu, pada sebuah event di Cina, Huawei merilis smartphone terbaru dari lini mid-range bernama Nova 5. Lantas, hal-hal terbaik apa saja yang ditawarkan oleh Nova 5? Berikut 5 faktanya untuk kamu.

1. Datang dengan chipset terbaik di kelas mid-range

Huawei Resmi Rilis Nova 5, Ini Faktanya yang Perlu Kamu Ketahuitrustedreviews.co.uk

Untuk dapat bersaing dengan banyak smartphone mid-range lain, Huawei membekali Nova 5 dengan chipset octa-core Kirin 810. Ini merupakan salah satu chipset Kirin terbaru yang menawarkan dua core Cortex-A76 2,27GHz dan enam core Cortex-A55 1,88GHz.

Sementara itu, Kirin 810 juga ditemani oleh GPU Mali-G52 untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan di sektor grafis. Namun salah satu bagian terbaik dari Kirin 810, adalah NPU-nya (Neural Processing Unit) yang membawa AI dedicated ke dalam smartphone mid-range untuk pertama kalinya.

2. Konfigurasi empat kamera belakang yang mengesankan

Huawei Resmi Rilis Nova 5, Ini Faktanya yang Perlu Kamu Ketahuirevu.com.ph

Tidak hanya datang dengan chipset terbaik, Huawei Nova 5 juga hadir dengan konfigurasi kamera terbaik. Meski berada di kelas mid-range, Huawei Nova 5 nyatanya dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera belakang yang umumnya ada di smartphone flagship.

Keempat kamera itu terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultra-wide 16MP, kamera depth 2MP dan kamera macro 2MP. Untuk kamera depan, berkekuatan 32MP dan ditempatkan di notch kecil di bagian atas layar. Layarnya sendiri menggunakan panel OLED dengan ukuran 6,39 inci, resolusi FHD+ dan teknologi fingerprint dalam layar.

Baca Juga: Huawei Nova 3i vs Asus Zenfone 5, Adu Canggih Dua Ponsel Menawan!

3. Dibekali dengan fast-charging 40W yang super cepat

Huawei Resmi Rilis Nova 5, Ini Faktanya yang Perlu Kamu Ketahuihicomm.bg

Salah satu bagian terbaik lain dari Huawei Nova 5 adalah kemampuan pengisian dayanya yang super cepat. Huawei mengkonfirmasi jika anggota terbaru dari keluarga mid-range nya itu dibekali dengan teknologi fast-charging 40W.

Itu membuat Nova 5 dapat diisi dayanya hingga 50 persen dalam waktu 15 menit dan 85 persen dalam waktu 35 menit saja. Apa yang dibawa Nova 5 melalui fitur fast-charging nya tergolong revolusioner, mengingat sangat sulit untuk menemukan fitu semacam itu di smartphone mid-range.

Untuk baterainya sendiri, Nova 5 memiliki baterai berkapasitas 3,500mAh yang tergolong cukup besar.

4. Memiliki varian lain yang tidak kalah menarik

Huawei Resmi Rilis Nova 5, Ini Faktanya yang Perlu Kamu Ketahuisohu.com

Selain Nova 5 (biasa), Huawei ternyata masih memiliki dua varian lain dari seri Nova 5. Yang pertama adalah Nova 5i yang bisa dibilang merupakan versi lite dari Nova 5 (biasa), yang dibekali dengan layar punch-hole, chipset Kirin 710 dan baterai 4,000mAh.

Selain itu, Nova 5i juga dilengkapi dengan kamera utama 24MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera depth 2MP dan kamera macro 2MP. Sementara yang kedua adalah Nova 5 Pro sebagai versi yang ‘lebih’ sekaligus ‘pro’ yang dibekali dengan chipset flagship Kirin 980, RAM 8GB dan penyimpanan internal 128/256GB.

5. Dibanderol diharga yang bersahabat

Huawei Resmi Rilis Nova 5, Ini Faktanya yang Perlu Kamu Ketahuisoyacincau.com

Huawei mungkin tidak seberani Xiaomi dalam mematok harga miring, namun melalui seri keluarga Nova 5, mereka seakan ingin mencoba memberanikan diri untuk itu. Nova 5 (biasa) hanya tersedia di model 8GB/128GB dengan harga Rp5,7 juta.

Sementara untuk Nova 5i dimulai dari Rp4,1 juta untuk model 6GB/128GB dan Rp4,5 juta untuk model 8GB/128GB. Sedangkan untuk Pro, dimulai dari harga Rp6,1 juta untuk model 8GB/128GB dan Rp6,9 juta untuk model 8GB/256GB. Sejauh ini, belum ada konfirmasi lebih lanjut terkait apakah Nova 5 akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai Nova 5 yang baru saja dirilis beberapa hari kemarin. Bagaimana dengan kamu, tertarik untuk membeli smartphone yang satu ini?

Baca Juga: 5 Smartphone Huawei dengan Bodi Aluminium Frame, Tampil Elegan!

Arif Gunawan Photo Community Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You