Comscore Tracker

Apple Membuat iPad 5G dengan Fitur Lipat, Ini Bocoran Bentuk & Speknya

Disebut-sebut akan meluncur tahun depan

2019 seharusnya menjadi tahun di mana smartphone lipat menjadi penguasa baru di industri smartphone. Sayangnya, hal ini tidak terealisasikan dengan begitu baik, mengingat bencana kegagalan yang dialami oleh Samsung Galaxy Fold dan ‘hilangnya’ Mate X dari Huawei secara misterius.

Akan tetapi, perjalanan smartphone lipat tidak berhenti di situ saja, karena Apple secara mengejutkan dikabarkan sedang mengembangkan perangkat lipat baru. Apakah itu?

1. Bukan iPhone lipat melainkan iPad lipat

Apple Membuat iPad 5G dengan Fitur Lipat, Ini Bocoran Bentuk & Speknya9to5mac.com

Ini sangat menarik. Dilansir dari portal berita 9To5Mac, salah satu analis HIS Markit, Jeff Lin, mengklaim bahwa Apple diam-diam saat ini sedang mengembangkan perangkat lipat barunya sendiri. Yang menarik, itu bukanlah iPhone lipat, melainkan iPad lipat.

Lin menyebut bahwa iPad lipat ini akan memiliki ukuran layar yang hampir menyamai MacBook. Tidak diketahui secara pasti berapa ukurannya, namun mengingat iPad Pro memiliki ukuran 12,6 inci, maka iPad lipat bisa jadi 15 atau 16 inci.

2. Jadi perangkat lipat pertama dari Apple

Apple Membuat iPad 5G dengan Fitur Lipat, Ini Bocoran Bentuk & Speknyawccftech.com

Satu hal menarik yang bisa diambil dari laporan Jeff Lin ini adalah, Apple mengambil jalan yang berbeda. Alih-alih membuat smartphone lipat, Apple justru menjadikan tablet kesayangan mereka yaitu iPad, ke dalam perangkat pertama yang bisa dilipat.

Jika Apple bisa mengeksekusi ini dengan baik, maka kemungkinan kegagalan seperti yang dialami Samsung dengan Galaxy Fold-nya, tidak akan tercipta. Ini langkah baru yang cukup mengejutkan dan layak untuk diikuti perkembangannya.

Baca Juga: iPadOS dan iOS 13 Versi Beta Bisa Dicoba, Ini 7 Tahap Cara Install-nya

3. Akan dibekali dengan chip A bionic terbaru dan dukungan 5G

Apple Membuat iPad 5G dengan Fitur Lipat, Ini Bocoran Bentuk & Speknya9to5mac.com

Beralih ke spesifikasi. Selain akan memiliki ukuran yang hampir setara MacBook, iPad lipat juga dikabarkan akan dibekali dengan chip A bionic terbaru.

Jika A12 menjadi chip paling baru dari Apple saat ini, maka iPad lipat kemungkinan besar akan menggunakan A13 atau A14. Selain itu, iPad lipat juga akan mendukung konektivitas 5G untuk koneksi internet yang lebih cepat. Apple sendiri sejauh ini belum mengumumkan secara resmi perangkat yang akan mendukung konektivitas 5G.

4. Mekanisme lipat yang diusung belum begitu jelas

Apple Membuat iPad 5G dengan Fitur Lipat, Ini Bocoran Bentuk & Speknyaidownloadblog.com

Terlepas dari bocoran informasi bahwa iPad lipat akan dipersenjatai dengan chip A bionic terbaru dan dukungan 5G, mekanisme lipat yang diusungnya belum begitu jelas. Apakah iPad lipat nantinya akan memiliki mekanisme lipat seperti Galaxy Fold atau Mate X, itu masih misteri. Akan tetapi, mengingat Apple dikenal selalu memiliki ide brilian dalam menerapkan desain ke dalam perangkat-perangkatnya, iPad lipat nantinya kemungkinan besar akan membawa mekanisme yang berbeda.

https://www.youtube.com/embed/UZHu7w0dVKU

Demikian tadi sedikit kabar mengenai iPad lipat yang kabarnya sedang dikembangkan Apple. Untuk tanggal rilis, iPad lipat disebut-sebut akan meluncur tahun 2020 mendatang, bersama dengan beberapa model iPhone yang juga akan mendukung konektivitas 5G.  

Baca Juga: iPadOS Siap Hadir, Ini 10 Fitur Terbaru yang Nanti Kamu Dapatkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya