Comscore Tracker

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!

Harganya setengah dari Pixel 3 biasa lho...

Ketika merilis Pixel, Google berusaha untuk memberikan pengalaman Android murni terbaik kepada pecinta smartphone berbasis Android. Google merealisasikan hal itu lewat spesifikasi dan fitur yang mumpuni yang disematkan ke dalam Pixel. Kini, sejak perilisan pertamanya pada tahun 2016, Pixel telah memiliki tiga generasi dengan Pixel 3 dan Pixel 3 XL sebagai generasi yang terbaru.

Akan tetapi, meskipun baru saja dirilis di akhir tahun lalu, rupanya Google telah bersiap-siap untuk merilis smartphone Pixel terbaru. Dikabarkan jika smartphone Pixel terbaru ini merupakan versi ergonomis dan lite dari Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Penasaran kira-kira seperti apa? Berikut informasi lebih lengkapnya.

1. Nama

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!xda-developers.com

Bocoran informasi terbaru dari salah satu sumber terpercaya yaitu WinFuture mengungkapkan bahwa varian terbaru dari keluarga Pixel ini akan memiliki nama Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Belum diketahui, arti huruf “a” disini merujuk ke singkatan apa.

Satu yang pasti, Pixel 3a dan Pixel 3a XL akan menjadi smartphone Pixel pertama yang masuk ke dalam kelas mid-range. Dan satu lagi, disebutkan pula jika nantinya akan dihadirkan varian warna terbaru, yaitu ungu untuk Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

2. Desain

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!9to5google.com

Salah satu perbedaan desain paling mencolok yang akan dibawa oleh Pixel 3a dan Pixel 3a XL diperkirakan akan berada di bahan utama body yang nantinya akan terbuat dari plastik – alih-alih kaca seperti Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Selain penurunan kualitas material, dikabarkan pula jika jumlah speaker depan akan disertakan sebanyak satu speaker saja. Namun tak perlu bersedih hati, sebab Pixel 3a dan Pixel 3a XL disebut-sebut akan dilengkapi dengan 3.5mm headphone jack, yang sebelumnya dihilangkan dari Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

3. Spesifikasi Pixel 3a

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!pocket-lint.com

Sumber dari 9to5Google mengindikasikan bahwa Pixel 3a akan dilengkapi dengan layar OLED 5,6 inci beresolusi 2,200 x 1,080. Untuk bagian dapur pacu, diperkirakan akan menggunakan Snapdragon 670 (menurun dari Pixel 3 yang dibekali dengan Snapdragon 845) – dan akan didukung dengan RAM sebesar 4GB.

Sementara di bagian lain seperti penyimpanan internal hanya akan tersedia opsi 64GB saja dan baterai diperkirakan akan berkisar di 2,915mAh atau 3,000mAh. Untuk kamera, rumor menyebut hanya akan ada satu kamera depan (8MP) dan satu kamera belakang (12MP).

Baca Juga: Google Pixel 3 Sudah Bocor di Internet, Berikut 5 Penampakan & Speknya

4. Spesifikasi Pixel 3a XL

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!digitaltrends.com

Sementara Pixel 3a mendapatkan banyak bocoran terkait spesifikasi, Pixel 3a XL justru sebaliknya. Varian yang satu ini justru masih sangat minim informasi atau bocoran hingga kini.

Namun, Pixel 3a XL diprediksi akan berbagi beberapa spesifikasi dengan Pixel 3a termasuk jenis chipset, ukuran RAM, kapasitas penyimpanan internal dan resolusi kamera. Untuk layarnya sendiri, Pixel 3a XL dirumorkan akan menggunakan layar OLED 6 inci beresolusi FHD+. Dan juga karena bentuknya yang lebih besar, Pixel 3a XL juga diperkirakan akan memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar pula.

5. Tanggal Rilis

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!engadget.com

Pada Februari kemarin, Federal Communications Commission (FCC) mendapatkan dua smartphone Google dengan nomor model G020C dan G020G, yang kemungkinan adalah Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Sementara itu, laporan dari Android Police memperkirakan bahwa dua smartphone Pixel terbaru itu akan diluncurkan pada musim ini.

Klaim ini diambil berdasarkan cerita dari 9to5Google. Di samping itu, banyak pula yang berpendapat jika event Google I/O yang berlangsung Mei mendatang, akan sedikit menyinggung tentang kehadiran Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

6. Harga

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!androidcentral.com

Sebagai smartphone yang masuk ke dalam kategori mid-range, Pixel 3a dan Pixel 3a XL tentunya akan memiliki harga yang lebih hemat ketimbang Pixel 3 dan Pixel 3 XL, yang notabene merupakan flagship. Salah satu situs asal Rusia – Rozetked, memprediksi jika Pixel 3a akan dijual di kisaran US$400 atau sekitar Rp5,6 juta, sementara Pixel 3a XL di kisaran US$500 atau sekitar Rp7 juta. Harga tersebut tentu sangat jauh dan malah hampir setengah dari harga Pixel 3 biasa yang dijual di harga mulai dari US$799 atau Rp11,3 juta.

7. Target Konsumen

7 Hal yang Sejauh Ini Diketahui dari Versi Lite Google Pixel 3 dan XL!char.gd

Salah satu pertanyaan terbesar lain selain spesifikasi, harga dan tanggal rilis dari Pixel 3a dan Pixel 3a XL adalah untuk siapa smartphone ini ditargetkan. Satu grup konsumen yang mungkin menjadi target utama bagi smartphone ini adalah mereka-mereka yang kagum dengan kualitas software dan kamera dari Pixel 3, namun tidak ingin membayar banyak uang untuk itu. Ini juga bisa jadi merupakan langkah dari Google untuk menjual lebih banyak smartphone Pixel di banyak negara, seperti Indonesia dan India mungkin, yang mana smartphone dengan harga murah jauh lebih populer.

Itulah tadi beberapa informasi atau apa saja yang diketahui sejauh dari Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL. Bagaimana pendapat kamu tentang smartphone ini? tertarik atau justru biasa saja?  

Baca Juga: Google Pixel 3 XL Dijual 30 Jutaan Rupiah, Apa Saja Spesifikasinya?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya