Comscore Tracker

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!

Tidak lagi gunakan lima kamera belakang?

HMD Global – perusahaan yang menaungi Nokia, tidak dikenal karena HP flagship-nya, namun Nokia 9 PureView yang dirilis pada tahun 2019 membuktikan bahwa mereka mampu mengeksekusi HP flagship dengan baik. Kini setelah satu tahun, HMD Global siap merilis penerus dari HP flagship luar biasa itu.

Sebelumnya, Nokia 9 PureView dilengkapi dengan lima kamera belakang – menjadi yang pertama di industri smartphone – dan penerusnya diharapkan untuk mengambil pendekatan serupa dengan menjadi kamera sebagai nilai jual utama. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Nama

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!androidheadlines.com

Jika berkaca dari skema penamaan yang dilakukan HMD Global untuk Nokia (yang bahkan mereka sendiri juga bingung mengenai hal itu), suksesor dari Nokia 9 PureView akan bernama Nokia 9.2 PureView. Sebelumnya, rumor lain menyebut jika itu akan memiliki nama 9.1 PureView.

Mengingat ini akan menjadi HP dengan kapabilitas 5G, ada kemungkinan pula jika akan ada tambahan “5G” di belakang namanya menjadi “Nokia 9.2 PureView 5G”. Yang pasti, angka “9” dan “PureView” akan menjadi bagian dari nama HP flagship Nokia yang satu ini.

2. Tanggal rilis

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!pocket-lint.com

Menurut sumber yang berbicara kepada Nokia Power User, Nokia 9.2 PureView pada awalnya dijadwalkan untuk dirilis pada kuartal ketiga 2019, sebelum akhirnya ditunda ke kuartal kedua 2020. Akan tetapi, dengan HMD yang ingin memasukkan spesifikasi internal yang lebih baru lagi, besar kemungkinan Nokia 9.2 PureView tidak akan terlihat hingga musim gugur tahun ini. Itu artinya, Nokia 9.2 PureView paling lambat akan meluncur pada bulan September dan paling lambat di bulan Desember. Kita tunggu saja!

3. Desain

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!techradar.com

Alih-alih punya ‘lompatan’ desain yang jauh dari pendahulunya, Nokia 9.2 PureView nampaknya tidak akan jauh berbeda. Keseluruhan desain akan tetap sama, dengan sedikit perubahan minor. Meskipun begitu, Nokia 9.2 PureView tetap akan hadir dengan sejumlah hal baru.

Salah satu yang paling ramai dibicarakan adalah kamera selfie under-display atau bawah layar. Di samping itu, Nokia 9.2 PureView juga dikabarkan akan meminimalkan bezel atas dan bawah, serta membuang sensor fingerprint samping dan menggantinya dengan di dalam layar.

Baca Juga: Internet Super Kencang, 10 Smartphone Terbaik dengan Koneksi 5G

4. Spesifikasi

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!whooptous.com

Seperti banyak HP flagship di 2020, Nokia 9.2 PureView kemungkinan akan ditenagai oleh chipset terbaik, tergesit dan terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 865. Selain itu, 9.2 PureView juga dikabarkan akan mendapatkan layar dengan teknologi PureDisplay V3 dan refresh rate 120Hz. Untuk lain-lain, mengingat 9 PureView sebelumnya hadir dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB, masuk akal untuk berasumsi bahwa 9.2 PureView akan mendapatkan RAM dan penyimpanan internal dengan kapasitas yang sama atau lebih besar.

5. Software

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!digitaltrends.com

Yang satu ini mungkin menjadi salah satu hal paling menarik dari Nokia 9.2 PureView yaitu sistem operasi Android stock atau murni. Saat ini, tidak ada banyak pilihan HP berkelas flagship dengan Android versi stock kecuali Google Pixel 4.

Jadi, kehadiran 9.2 PureView dapat menambah opsi bagi mereka yang ingin HP dengan Android stock diluar Pixel Series. 9.2 PureView akan hadir dengan Android 10 – tanpa skin atau UI custom apapun – dan dijanjikan akan mendapatkan pembaruan sistem operasi hingga 2 tahun serta patch keamanan hingga 3 tahun.

6. Fitur unggulan

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!androidpit.com

Dengan lima kamera belakang pada Nokia 9 PureView yang bisa dibilang ‘gagal’, Nokia dikabarkan akan menghadirkan konfigurasi yang lebih ‘umum’ pada 9.2 PureView. Dengan tetap bekerja sama dengan perusahaan kamera inovatif – Light, 9.2 PureView dirumorkan hanya akan membawa tiga kamera belakang saja.

Itu terdiri dari kamera wide 48MP, ultra-wide 24MP dan telephoto 20MP. Selain masih menggunakan teknologi kamera dari Light, 9.2 PureView juga hampir bisa dipastikan masih akan mengandalkan lensa optik garapan Zeiss.

7. Harga

Nokia 9.2 PureView: Semua Rumor dan Bocoran Info Terbaru!phoneweek.co.uk

Nokia 9 PureView diluncurkan dengan harga US$700 (Rp9,8 juta). Dengan asumsi bahwa 9.2 PureView akan memiliki spesifikasi atau jeroan yang lebih baik, masuk akal untuk menyebut bahwa 9.2 PureView akan sedikit lebih mahal.

9.2 PureView kemungkinan akan dijual di kisaran US$800 (Rp11,2 juta). Angka tersebut hanyalah prediksi dan bisa naik lebih tinggi lagi apabila 9.2 PureView nantinya memang hadir dengan dukungan konektivitas 5G (Snapdragon 865 pada 9.2 PureView telah dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi).

Demikian tadi ulasan mengenai semua rumor terkait HP flagship terbaru dari Nokia – 9.2 PureView. Untuk informasi lebih pasti dan jelasnya, kita tunggu saja pengumuman resmi dari Nokia.

Baca Juga: Review HP Lipat Terbaru, Ini 7 Fitur dan Spesifikasi Nokia 2720 Flip

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya