Comscore Tracker

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Lite

Dikonfirmasi akan memiliki layar dengan refresh rate 120Hz!

Pada tahun 2019 kemarin, OnePlus merilis lebih banyak HP dari tahun-tahunnya sebelumnya. Dan di tahun 2020 ini, OnePlus nampaknya tidak akan melambat, terlebih dengan banyaknya rumor yang menyebut bahwa OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro, akan segera dirilis.

Selain rumor yang hampir bisa dikonfirmasi akan benar-benar terjadi itu, OnePlus juga dikabarkan tengah mengerjakan HP non-flagship dari keluarga OnePlus 8 yang bernama OnePlus 8 Lite. Untuk informasi lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Nama

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Litecnet.com

Terlepas dari fakta bahwa OnePlus sangat baik dalam menjaga informasi dari produk-produk mereka – terutama HP, tidak ada indikasi bahwa HP flagship terbaru mereka, nantinya akan berganti skema nama. Jadi, hampir bisa dipastikan bahwa HP terbaru dari OnePlus akan bernama OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro, mengikuti OnePlus 7 dan OnePlus 7 Pro tahun lalu.

Sementara untuk OnePlus 8 Lite, belum bisa dipastikan. Bisa jadi, OnePlus akan memberi nama OnePlus X2, mengingat HP non-flagship terakhir dari mereka bernama OnePlus X.

2. Detail OnePlus 8

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Liteandroidauthority.com

Tampilan OnePlus 8 nampaknya akan sedikit menjauh dari OnePlus 7, namun agak mirip dengan OnePlus 6T. Modul kamera masih disusun vertikal dan posisi di tengah, namun dengan ekstra satu kamera baru dan lampu flashlight yang diletakkan di luar modul.

Sementara di bagian depan, notch ditiadakan dan digantikan oleh punch-hole sebagai tempat untuk kamera selfie, yang diletakkan di pojok kiri atas. Untuk yang lain-lain seperti tombol volume, power dan port USB-C, masih akan berada di posisi yang biasanya.

3. Detail OnePlus 8 Pro

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Litephonearena.com

Berdasarkan bocoran render yang beredar, body belakang OnePlus 8 Pro tidak akan jauh berbeda dengan OnePlus 7T Pro. Tata letak kamera, termasuk sensor ToF di kiri tengah, semuanya diatur dalam posisi yang sama seperti OnePlus 7T Pro.

Yang menarik terletak di bagian depan, di mana alih-alih menggunakan mekanisme pop-up, OnePlus 8 Pro memilih untuk menggunakan punch-hole seperti OnePlus 8. Banyak yang menduga jika perubahan desain kamera depan ini dipilih agar OnePlus 8 Pro jadi bisa memiliki rating IP.

Baca Juga: 9 Smartphone Pesaing dari OnePlus 7 Pro, Kamu Pilih Mana?

4. Detail OnePlus 8 Lite

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Lite9to5google.com

Jika dibandingkan dengan dua ‘kakaknya’, OnePlus 8 Lite akan jadi yang paling berbeda. Dari bocoran foto yang beredar, OnePlus 8 Lite dideskripsikan hanya akan membawa dua kamera belakang, yang dikemas dalam modul ‘persegi vertikal cukup besar’ di sisi kiri atas.

Untuk yang lainnya, alih-alih mengusung desain layar curved atau melengkung seperti saudaranya, OnePlus 8 Lite juga hanya akan dibekali dengan layar datar, dengan bezel yang lebih tebal. Sayangnya, meski jadi varian ergonomis, OnePlus 8 Lite nampaknya masih tidak akan dilengkapi dengan headphone jack.

5. Spesifikasi yang dikonfirmasi

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Liteandroidauthority.com

Pada CES 2020, OnePlus mengonfirmasi bahwa HP flagship mereka selanjutnya akan memiliki layar dengan refresh rate 120Hz. Ini menjadi peningkatan dari OnePlus 7 Pro, 7T dan 7T Pro yang sebelumnya hanya memiliki refresh rate 90Hz. Meski klaim itu benar, varian paling hemat yaitu OnePlus 8 Lite, nampaknya hanya akan ‘mentok’ di 60hz.

Selain refresh rate yang lebih tinggi, berdasarkan bocoran presentasi yang beredar, OnePlus 8 dan 8 Pro juga akan dilengkapi dengan chip MEMC, untuk upscaling video dengan fps rendah menjadi lebih tinggi, sehingga gambar yang dihasilkan bisa jadi lebih halus dan natural.

6. Spesifikasi yang dirumorkan

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Litetrustedreviews.com

Meski belum ada pengumuman resmi, hampir bisa dipastikan bahwa OnePlus 8 dan 8 Pro akan ditenagai dengan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 865. Sementara OnePlus 8 Lite akan lebih rendah dengan Snapdragon 700 atau bahkan 600 series.

Untuk kamera, OnePlus 8 Pro bisa jadi akan dilengkapi dengan kamera 108MP, namun tidak menutup kemungkinan juga akan dibekali dengan kamera 48MP atau 64MP. Lebih lanjut, sejumlah rumor menyebut bahwa OnePlus terbaru juga akan jadi yang pertama yang menawarkan fitur wireless-charging dan rating IP.

7. Harga

Rumor Harga dan Bocoran Spesifikasi HP OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Litemashable.com

HP dari OnePlus semakin mahal setiap tahunnya, dan tidak ada alasan untuk berpikir jika tahun ini akan berbeda. Dengan perkiraan seri OnePlus di tahun lalu, harga OnePlus 8 nampaknya akan berada di antara US$600 (Rp8,1 juta).

Sementara OnePlus 8 Pro tentu akan lebih mahal dengan diperkirakan akan dibanderol di harga US$700 (Rp9,5 juta). Yang terakhir yaitu OnePlus 8 Lite, belum diketahui kira-kira akan dijual di harga berapa, namun jika OnePlus ingin serius bersaing dengan Google Pixel 3a, maka itu setidaknya harus memiliki harga di bawah US$400 (Rp5,4 juta).

Demikian tadi ulasan mengenai rumor dan bocoran info mengenai OnePlus 8, 8 Pro dan 8 Lite. Jika berkaca dari perilisan seri-seri sebelumnya, OnePlus 8 series diperkirakan akan dirilis pada Mei mendatang. Kita tunggu saja!

Baca Juga: 7 Smartphone Saingan OnePlus 7 Pro, Mana Pilihan Kamu?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya