Comscore Tracker

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!

Diperkirakan bakal dirilis awal tahun 2020

Rumor mengenai iPhone versi entry-level alias terjangkau, baru-baru ini menguat berkat laporan dari analis Apple terpercaya, Ming-Chi Kuo. iPhone varian murah ini dikabarkan akan menargetkan mereka para pengguna iPhone 6, namun tidak bisa menikmati iOS 13.

Smartphone yang dibicarakan ini adalah iPhone SE 2, penerus dari iPhone SE yang Apple perkenalkan 5 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2016. Lantas, seperti apa bentuk dari iPhone SE 2? spesifikasi seperti apa yang akan diusung? dan kira-kira berapa harganya?

1. Nama

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!turn-on.de

Sebelum ke desain dan spesifikasi ada baiknya untuk membahas mengenai penamaan. Kuo menyebut bahwa iPhone SE 2 akan menjadi nama bagi iPhone SE terbaru. Kendati demikian, iPhone SE 2 tidak akan mengikuti form factor atau bentuk dari pendahulunya.

iPhone SE 2 akan memiliki layar yang lebih besar dan dukungan sistem operasi iOS 13 terbaru dari Apple. Meski nama “iPhone SE 2” terdengar masuk akal, tidak menutup kemungkinan jika Apple akan menyebut iPhone low-cost terbaru mereka dengan nama lain, seperti iPhone Lite atau iPhone Mini misalnya.

2. Desain

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!cnet.com

iPhone SE 2 disebut akan berbagi banyak kesamaan dengan iPhone 8. Itu artinya, layarnya akan berukuran 4,7 inci dengan tombol Home di bawahnya serta bezel tipis di sisi kanan dan kiri.

Sementara di bagian belakang, hanya akan ada satu kamera, untuk menjaga segalanya agar tetap sederhana dan hemat biaya. Untuk warna, Kuo mengatakan bahwa iPhone SE 2 akan tersedia dalam tiga varian warna yaitu Space Gray, Silver dan Red. Dari sini, kita bisa melihat bahwa Apple tidak merombak banyak hal di sisi desain dari iPhone SE 2.

3. Spesifikasi

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!gizblog.it

Selanjutnya adalah spesifikasi yang cukup mengejutkan. Berdasarkan laporan dari berbagai sumber, iPhone SE 2 nampaknya akan ditenagai oleh chipset A13 Bionic. Ini adalah chipset terbaru dari Apple yang juga digunakan di iPhone 11. Untuk RAM, 3GB bisa jadi kapasitas yang sesuai untuk iPhone dengan harga murah.

Mengingat desainnya yang mengikuti iPhone 8, besar kemungkinan jika iPhone SE 2 hanya akan membawa fitur autentikasi Touch ID, alih-alih Face ID seperti iPhone 11. Jika rumor mengenai A13 Bionic benar, maka iPhone SE 2 setidaknya bisa bertahan hingga 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Antara iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu?

4. Kamera

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!t3.com

Beralih ke sektor fotografi, iPhone SE 2 digadang-gadang akan dibekali dengan kamera selfie/FaceTime 5MP dengan Retina Flash, menggantikan kamera FaceTime 1,2MP yang sebelumnya digunakan di iPhone SE. Sementara untuk kamera belakang, nampaknya akan dipertahankan di 12MP dengan aperture f/2.2.

Tentunya, mereka yang menunggu menginginkan agar kualitas kamera iPhone SE 2 ditingkatkan lebih jauh lagi. Dan satu lagi, kamera belakang iPhone SE 2 juga dirumorkan tidak akan memiliki bump atau ‘tonjolan’.

5. Tanggal rilis

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!techradar.com

Berdasarkan bocoran info yang beredar, iPhone SE 2 akan dirilis tidak lama lagi. Kuo mengatakan bahwa iPhone SE 2 kemungkinan akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2020.

Apple memiliki kebiasaan mengadakan event spesial di bulan Maret dalam beberapa tahun terakhir, dan nampaknya event spesial itu akan menjadi event pengenalan atau peluncuran dari iPhone SE 2. Tambahkan itu dengan fakta bahwa iPhone SE dirilis pada Maret 2016, membuat rumor mengenai perilisan iPhone SE 2 di bulan Maret 2020 bisa berujung benar.

6. Harga

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!macworld.com

Ditargetkan sebagai HP entry-level, iPhone SE 2 tentunya akan jauh bersahabat untuk dompet ketimbang seri iPhone lainnya. Kuo menyebut bahwa Apple menargetkan harga US$ 399 atau sekitar Rp5,6 juta untuk iPhone SE 2 varian paling rendah dengan penyimpanan internal 64GB.

Ada juga varian dengan penyimpanan internal 128GB yang dibanderol di harga US$ 449 atau sekitar Rp6,3 juta. Sebelumnya, iPhone SE dirilis dengan harga yang sama yaitu US$ 399, untuk varian dengan penyimpanan internal 16GB.

7. Kesimpulan

Setara iPhone 11, Ini Rumor dan Bocoran Spek Terbaru dari iPhone SE 2!techradar.com

Seperti yang dikatakan Kuo, tujuan Apple membuat iPhone SE 2 adalah untuk memberi alternatif kepada mereka para pengguna iPhone 6, untuk upgrade ke HP yang lebih baru tanpa perlu merogoh kocek yang besar. Alasan itu masuk akal mengingat iPhone 6 menjadi salah satu HP yang tidak mendapatkan pembaruan iOS 13.

Dengan kehadiran iOS 13 di iPhone SE 2 nantinya, diharapkan pengguna bisa lebih memaksimalkan sejumlah layanan baru seperti Apple Arcade dan Apple TV+. Sementara itu, para analis memperkirakan bahwa iPhone SE 2 akan terjual sebanyak lebih dari 30 juta unit hingga akhir tahun 2020.

Demikian tadi informasi mengenai rumor dan bocoran info terbaru dari iPhone SE 2. Jika semua rumor di atas berakhir benar, akankah kamu membeli iPhone SE 2?

Baca Juga: Ini 7 Fitur yang Diharapkan Konsumen untuk iPhone Selanjutnya, Setuju?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You