Comscore Tracker

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!

Jadi flagship pertama Motorola setelah bertahun-tahun

Motorola belum merilis HP flagship yang benar-benar flagship dalam beberapa tahun terakhir, namun pada Desember 2019 kemarin, presiden Motorola – Sergio Buniac menyebut bahwa itu akan berubah di awal tahun 2020. Dan diharapkan perubahan itu akan berbentuk Motorola Edge+, yang memang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini.

Motorola sendiri sangat lihai dalam menyembunyikan informasi mengenai HP flagship terbaru mereka, sehingga tidak banyak info yang bisa ditemukan. Namun berikut beberapa rumornya dari berbagai sumber terpercaya, yang kemungkinan berujung benar. Check it out!

1. Nama

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!droidholic.com

Sejauh ini, masih belum ada situs atau komunitas tertentu yang membuat 3D render dari Motorola Edge+. Namun dikabarkan bahwa HP kelas flagship ini akan datang dengan salah satu fitur unggulan di 2019 yaitu layar waterfall.

Fitur ini lah yang pada akhirnya membuat banyak orang berspekulasi bahwa nama HP Motorola terbaru adalah “Edge+”. Dari sini, Motorola nampaknya resmi memberhentikan seri One yang di tahun 2019 kemarin, menghiasi katalog HP Motorola dengan One Power, One Vision, One Action, One Zoom, One Macro dan One Hyper.

2. Desain

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!androidpit.com

Di samping layar waterfall, rumor terbaru juga menyebut bahwa Motorola Edge+ akan hadir dengan punch-hole di bagian kiri atas sebagai ‘rumah’ dari kamera selfie. Ukurannya kemungkinan akan lebih kecil dari yang sebelumnya terlihat di Motorola One Vision.

Selain itu, diharapkan pula jika Motorola akan menyematkan sejumlah desain ekstra premium yang umumnya ada di HP flagship. Itu seperti sasis berbahan kaca dan metal, bezel yang tipis di sekitaran layar dan sistem keamanan biometrik, entah itu sensor fingerprint atau sensor pendeteksi wajah.

3. Spesifikasi

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!wccftech.com

Motorola One+ disebut-sebut akan dilengkapi dengan layar waterfall 6,67 inci beresolusi FHD+ atau 2,340 x 1,080. Layarnya akan memiliki pinggiran atau edge seperti yang ada di beberapa HP flagship Samsung dan nampaknya akan mendukung refresh rate 90Hz.

Untuk spesifikasi utama, Edge+ hampir bisa dipastikan akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 865 terbaru dari Qualcomm bersama dengan RAM hingga 12GB, baterai 5,170mAh dan sistem operasi Android 10. Seperti yang dikatakan oleh presiden Motorola, Edge+ dipastikan akan mendukung konektivitas 5G.

Baca Juga: Ikon Hp Lipat Dunia, Inilah 10 Tahap Perkembangan Motorola Razr

4. Fitur

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!cnet.com

Salah satu fitur utama yang akan dihadirkan Edge+ adalah jajaran aplikasi terbaru dari Motorola yang cukup menarik. Itu terdiri dari tiga aplikasi yaitu Moto Edge Assistant, Moto Gametime dan Moto Audio. Untuk Moto Edge Assistant, dilaporkan dapat membantu pengguna memanfaatkan desain layar melengkung yang baru.

Sementara Moto Gametime, memperkenalkan sejumlah alat untuk kebutuhan bermain game seperti pemblokiran notifikasi. Yang terakhir yaitu Moto Audio, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan profil audio berdasarkan jenis konten yang sedang dinikmati.

5. Fakta menarik

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!notebookcheck.net

Dalam beberapa tahun terakhir, Motorola seakan ‘takut’ merilis HP kelas flagship dan itu terbukti dengan eksistensi seri One dan G – yang notabene merupakan HP kelas mid-range. Oleh karena itu, Edge+ akan menjadi HP flagship Motorola pertama setelah bertahun-tahun.

Dilansir dari AndroidHeadlines, akhir Januari kemarin, hasil pengujian Geekbench untuk Edge+ muncul ke permukaan internet dan menampilkan skor 4,016 untuk pengujian single-core dan 12,823 untuk multi-core, serta menunjukkan bahwa Edge+ ditenagai oleh chipset dari Qualcomm yang kemungkinan adalah Snapdragon 865.

6. Tanggal rilis

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!laptopmag.com

Motorola awalnya dijadwalkan untuk merilis Edge+ pada 21 Februari kemarin di Mobile World Congress 2020. Sayangnya, acara tersebut dibatalkan karena kekhawatiran seputar virus corona. Maka dari itu, Motorola nampaknya akan menyelenggarakan event sendiri dalam beberapa minggu ke depan.

Belum diketahui di mana dan kapan, tapi nampaknya akan segera berlangsung dalam waktu dekat. Edge+ tidak sendirian, karena Motorola juga diketahui akan merilis Moto G8, G8 Power dan HP stylus kelas mid-range yang belum diketahui namanya.

7. Harga

Yang Sejauh Ini Diketahui dari Motorola Edge+, Punya Layar Waterfall!tudocelular.com

Belum ada rumor mengenai harga dari Edge+ sejauh ini, namun kemungkinkan harganya akan berada di kelas pada umumnya yaitu di kisaran Rp9 juta hingga di atas Rp10 juta. Kendati demikian, harga Edge+ sepertinya tidak akan sedekat Samsung Galaxy S20 Series atau bahkan Motorola Razr terbaru.

Kemungkinan besar, Edge+ akan dibanderol di harga US$700 (Rp9,7 juta) hingga US$900 (Rp12 juta), tergantung varian RAM dan penyimpanan internal. Selain itu, belum diketahui pula apa nantinya Edge+ akan masuk dan dijual secara resmi di Indonesia. Kita tunggu saja!

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai apa saja yang diketahui tentang Motorola Edge+ sejauh ini. Semoga saja, Motorola segera merilis Edge+ di luar MWC seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Sony dan Realme.

Baca Juga: Rekomendasi 7 HP Motorola Terbaik dari Berbagai Lini, Layak Dipinang!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya