Comscore Tracker

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022

Jadi alternatif menarik ditengah banyaknya konsol modern

Di tengah kehadiran konsol-konsol gaming modern yang menjadikan kinerja mumpuni dan berbagai game dengan visual megah sebagai nilai jual utama, konsol gaming retro muncul sebagai alternatif bagi mereka yang ingin bernostalgia dengan masa kecil mereka.

Beberapa konsol retro yang ada saat ini tidak seperti yang dulu, melainkan versi baru yang dibuat ulang dengan berbagai fitur dan dukungan tambahan tapi di sisi lain, tetap mempertahankan elemen nostalgia dan juga klasik. Jika kamu sedang mencari konsol gaming retro, berikut beberapa di antaranya yang direkomendasikan untuk dibeli.

1. The A500 Mini

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi The A500 Mini (pledgetimes.com)

The A500 Mini merupakan konsol retro yang dirancang untuk “menghidupkan” kembali komputer rumahan klasik – Amiga 500 dan hadir dengan 25 game yang siap untuk dimainkan. Dirilis oleh Retro Games Ltd. sebagai suksesor bagi The C64 Mini dan The C64, The A500 Mini juga dilengkapi dengan keyboard namun hanya sebagai pajangan saja.

The A500 Mini memiliki dimensi yang minimalis, membuatnya bisa dengan mudah diletakkan di mana saja. Dukungan output yang diusung berada di 720p 60Hz (via HDMI) namun pemain bisa mengotak-atik pengaturan agar dapat merasakan kesan yang benar-benar retro seperti ketika bermain di TV tabung.

2. Blaze Evercade VS Premium Pack

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi Blaze Evercade VS Premium Pack (pcmag.com)

Menyusul perilisan konsol handheld – Evercade pada 2020 kemarin, Blaze Evercade VS Premium Pack hadir dalam bentuk konsol rumahan yang dilengkapi dua slot cartridge (dengan beberapa cartridge memiliki game rahasia), port HDMI dan dukungan dimainkan via kontroler Bluetooth. Jika mau, pemain juga bisa melakukan pengaturan visual untuk bisa mendapatkan kesan bermain game retro seperti zaman dahulu.

Konsol retro ini memiliki 18 game yang siap untuk dimainkan dari publisher game arcade kenamaan seperti Data East dan Technos. Selain berbagai game bawaan, konsol ini juga kompatibel untuk cartridge bagi Evercade.

3. The C64 Mini

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi The C64 Mini (techradar.com)

The C64 Mini diproduksi oleh Retro Games Ltd. untuk membangkitkan memori lama dari masa keemasan konsol game retro di era 80-an. Konsol ini dibuat berdasarkan Commodore 64 – salah satu konsol rumahan yang sukses di pasar Amerika dan Eropa. Melalui konsol ini, pemain bisa kembali bernostalgia dengan Commodore 64 karena sudah ada 64 game yang dapat langsung dimainkan.

Jika masih dirasa kurang, pemain juga bisa memuat game dalam format ROM via flashdik. Di samping dua port USB dan satu port HDMI yang mendukung resolusi 720p, The C64 Mini juga menghadirkan satu joystick dengan desain klasik di dalam paket pembelian.

Baca Juga: 7 Emulator Game Boy Terbaik, Nostalgia Game Retro!

4. Nintendo Game & Watch: The Legend of Zelda

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi Nintendo Game & Watch: The Legend of Zelda (pockettactics.com)

Menjadi penerus dari Nintendo Game & Watch: Super Mario Bros, Game & Watch: The Legend of Zelda merupakan konsol handheld berukuran mungil yang berisi tiga game dari seri Zelda. Desain dari konsol ini terinspirasi dari konsol Game & Watch klasik di awal 80-an namun dengan layar yang telah berwarna.

Ketiga game Zelda yang diusung konsol keren ini adalah The Legend of Zelda, The Legend of Zelda: Link’s Awakening dan The Adventure of Link. Selain bisa digunakan untuk bermain game, konsol ini juga dialihfungsikan sebagai jam, yang akan muncul secara otomatis ketika diisi daya.

5. Sega Astro City Mini Console

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi Sega Astro City Mini Console (justforgames.com)

Sega Astro City Mini Console menjadi salah satu konsol retro terbaik yang dirilis pada 2021 kemarin di mana konsol ini menghadirkan 36 game klasik Sega seperti Shadow Dancer, Shinobi, Golden Axe dan Virtua Fighter.

Nama dari konsol ini terinspirasi dari mesin arcade klasik – Astro City dan memiliki skala bentuk 1/6, terbuat dari resin dan memiliki joystick dan konfigurasi tombol yang sama seperti Astro City. Layarnya punya ukuran 4 inci dan jika pemain ingin merasakan bermain di layar lebih besar, tersedia untuk dihubungkan ke TV lewat kabel HDMI dengan dukungan resolusi di 720p.

6. Sega Genesis Mini

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi Sega Genesis Mini (theverge.com)

Sega Genesis Mini merupakan konsol retro yang dibuat agar pemain bisa menikmati game-game dari Sega Genesis (atau Mega Drive di Eropa). Konsol ini membawa 42 game, kontroler Sega asli (hanya bisa terhubung via kabel USB) dan kabel HDMI serta power adapter.

Berbagai game yang diusung konsol ini beberapa diantaranya adalah Sonic the Hedgehog. Ghouls and Ghosts, Golden Axe, Virtua Fighter 2 dan Strider.

Lalu, ada juga dua game bonus yaitu Tetris dan Darius. Sesuai namanya, konsol ini punya ukuran yang jauh lebih dari Sega Genesis namun tak kalah sukses, dengan telah diproduksi sejak 2019 hingga sekarang.

7. Anbernic RG351V

7 Konsol Gaming Retro Terbaik untuk Kamu Beli di 2022ilustrasi Anbernic RG351V (retrododo.com)

Tidak seperti banyak konsol retro di daftar ini yang berusaha untuk membawa kembali konsol klasik dalam bentuk yang lebih modern, Anbernic RG351V merupakan konsol third-party yang menghadirkan dukungan untuk lebih dari 20 konsol klasik mulai dari PSP, PS1, Nintendo DS, Nintendo 64 hingga NEOGEO.

Konsol ini memiliki bentuk seperti Game Boy, namun didalamnya tertanam CPU quad-core dan RAM 16GB, serta dua slot microSD untuk memuat game dalam format ROM. Untuk navigasi dan kontrol, konsol ini menyediakan d-pad, tombol ABXY dan satu analog. Untuk fitur lain, Anbernic RG351V juga telah mendukung konektivitas via Wi-Fi.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa konsol gaming retro untuk dibeli di 2022. Ada yang menarik perhatian dari beberapa konsol di atas?

Baca Juga: 7 Game FPS Retro yang Bisa Dimainkan di Konsol Next-gen

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya