Comscore Tracker

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13

iPhone 13 diperkirakan rilis September 2021

Ekspektasi untuk iPhone 13 cukup tinggi ketika nantinya dirilis pada musim gugur tahun ini. Di samping ekspektasi karena jadi produk Apple, iPhone 13 juga diharapkan bisa lebih baik dari pendahulunya – iPhone 12. Baik dari segi performa maupun kualitas kamera, iPhone 12 memang luar biasa.

Namun sama seperti banyak HP flagship, iPhone 12 tidak sempurna dan memiliki sejumlah masalah atau kekurangan yang diharapkan untuk bisa diperbaiki di penerusnya. Berikut 7 masalah iPhone 12 yang perlu dibenahi Apple di iPhone 13.

1. Dukungan refresh rate tinggi

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13macrumo

Perlahan tapi pasti, refresh rate tinggi saat ini jadi standar untuk banyak HP terutama flagship. Sayangnya, terlepas dari fakta bahwa kualitas layar iPhone 12 memukau, HP rilisan Oktober 2020 itu masih “stuck” di 60Hz – refresh rate standar untuk sebagian besar HP saat ini.

Rival beda sistem operasi seperti Samsung, bahkan telah merilis beberapa HP dengan refresh rate tinggi dan tidak hanya di lini flagship saja namun juga mid-range. Jika ingin terus update dengan perkembangan di industri smartphone, Apple setidaknya harus berani membawa refresh rate tinggi entah 90Hz atau 120Hz di iPhone 13 nantinya.

2. Meningkatkan daya tahan baterai

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13macrumors.com

Meski menawarkan internet kecepatan tinggi, 5G punya satu kekurangan yaitu boros baterai. Masalah itu terjadi di iPhone 12 di mana oleh beberapa reviewer dianggap punya daya tahan baterai di bawah rata-rata.

Apple diharapkan untuk memperbaiki masalah ini di iPhone 13 dengan tidak hanya sekadar menaikkan kapasitas baterai saja. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan layar dengan teknologi LTPO yang dikenal hemat daya, chipset A15 Bionic yang lebih efisien dari pendahulunya dan modem 5G Qualcomm X60 yang juge lebih hemat baterai.

3. Melakukan perubahan pada notch

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13macrumors.com

Ketika iPhone X diperkenalkan dengan notch-nya yang lebar, banyak HP Android yang meniru konsep itu. Kini setelah sebagian besar HP Android sudah beralih ke punch-hole yang lebih minimalis,  Apple justru masih bertahan dengan notch lebar termasuk pada iPhone 12.

Notch lebar bukan jadi favorit banyak orang saat ini dan oleh karena itu, penting bagi Apple untuk melakukan perubahan pada notch di iPhone 13. Mengimplementasikan punch-hole mungkin terlalu berlebihan, jadi membuat punch-hole menjadi tidak terlalu lebar sudah lebih dari cukup.

Baca Juga: iPhone 12 Mini vs iPhone SE 2020, Apa Bedanya?

4. Menambahkan kapasitas penyimpanan

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13indiatoday.in

Salah satu masalah yang menaungi iPhone 12 adalah kapasitas maksimalnya yang hanya 64GB. Itu terbilang relatif kecil terutama untuk HP yang penyimpanannya tidak bisa diperluas dengan kartu memori eksternal. Plus, HP-HP lain dari platform sebelah, beberapa bahkan telah menetapkan 128GB sebagai kapasitas minimum.

Dengan salah satu laporan menyebut bahwa Apple akan menyertakan opsi penyimpanan 1TB di beberapa varian (kemungkinan Pro dan Pro Max), besar kemungkinan pula jika varian standar dan Mini akan mendapat peningkatan penyimpanan, setidaknya menjadi 128GB.

5. Kamera lebih baik

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13macworld.co.uk

Kamera iPhone 12 tidak buruk dan bahkan masuk dalam kategori luar biasa, namun beberapa pesaing Apple selalu selangkah lebih depan untuk beberapa bagian seperti sensor lebih besar, kemampuan zoom dan AI lebih pintar. Apple bisa membenahi kekurangan tersebut di iPhone 13 lewat beberapa cara.

Apple dilaporkan akan mengadopsi lensa ultra wide enam elemen di varian Pro, meningkatkan dari enam elemen di iPhone 12 Pro. Untuk telephoto, Apple juga dilaporkan akan menggunakan “lensa lipat” untuk meningkatkan kemampuan optical zoom.

6. Meningkatkan fitur pengisian daya cepat

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13gadgethacks.com

iPhone 12 telah mendukung fitur fast-charging atau pengisian daya cepat, namun hanya 20W. Itu angka yang lumayan memang, namun tidak secepat 25W pada Samsung Galaxy S21 atau 65W pada OnePlus 9.

Dengan kecepatan fast-charging maksimal di angka 20W, Apple perlu meningkatkan itu untuk bisa berkompetisi dengan brand lain. Sebagai brand yang dikenal selalu merilis produk-produk premium agak mengecewakan apabila Apple tidak membuat fitur iPhone 13 semewah mungkin, salah satunya adalah fast-charging dengan kecepatan pengisian daya di atas pendahulunya.

7. Harga terjangkau

7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13techadvisor.com

Apple bukan brand yang punya hubungan baik dengan kata “murah” dan iPhone 12 masih dianggap sebagai HP mahal bagi sebagian besar orang. Alasan mengapa banyak orang lebih memilih Android adalah selain ada banyak varian, juga memiliki harga yang lebih murah untuk spesifikasi dan fitur yang sama atau bahkan lebih baik.

Memberi harga terjangkau mungkin bukan kebiasaan Apple, namun akan jadi salah satu poin plus apabila mereka memahami bahwa akan ada pasar lebih luas yang bisa dijangkau apabila mereka merilis produk seperti iPhone 13 di harga murah atau lebih terjangkau dari iPhone 12.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa masalah iPhone 12 yang perlu dibenahi Apple di iPhone 13. Berkaca dari seri-seri sebelumnya, Apple kemungkinan besar bakal meluncurkan iPhone 13 pada September mendatang. Antusias?

Baca Juga: 7 Fitur Eksklusif iPhone 12 Pro yang Tak Ada di iPhone 12

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya