Comscore Tracker

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!

Sebagian besar adalah HP flagship

2021 kemarin menjadi tahun yang sangat baik bagi smartphone terlepas dari fakta bahwa tidak sedikit yang berakhir absen karena sejumlah faktor, salah satunya kelangkaan komponen seperti chip. Meskipun begitu, ada banyak HP keren yang dirilis oleh brand-brand besar seperti Samsung, OnePlus, Google dan Apple. Nah meski terhitung masih baru, 2022 siap menjadi tahun yang sekali lagi luar biasa untuk industri smartphone.

Akan ada banyak HP keren yang direncanakan meluncur, baik yang sebelumnya hanya sekadar rumor maupun telah dikonfirmasi namun tanpa jadwal rilis pasti. Selain itu, ada juga beberapa yang bahkan sudah dirilis meski 2022 masih berjalan beberapa hari saja. Berikut daftarnya.

1. Samsung Galaxy S21 FE

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi Samsung Galaxy S21 FE (slashgear.com)

Dari sekian banyaknya HP di daftar ini, Samsung Galaxy S21 FE jadi salah satu yang sudah dirilis. Diluncurkan beberapa hari yang lalu, Galaxy S21 FE merupakan varian paling terjangkau di seri Galaxy S21. HP ini dibuat untuk mereka yang ingin fitur-fitur flagship pada seri Galaxy S21 namun tidak ingin mengeluarkan banyak uang.

Spesifikasinya sendiri meliputi Snapdragon 888/Exynos 2100 sebagai dapur pacu utama, dibantu oleh RAM 6/8GB, penyimpanan 128/256GB dan baterai 4,500mAh dengan fast-charging 25W serta dukungan fast wireless charging 15W. Untuk layar, Galaxy S21 FE memiliki layar Dynamic AMOLED 2X 6,4 inci dengan resolusi FHD+, refresh rate 120Hz dan dukungan fingerprint dalam layar.

2. OnePlus 10 Pro

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi OnePlus 10 Pro (expertreviews.co.uk)

Samsung bukan satu-satunya brand yang siap memulai 2022 dengan perilisan HP baru, karena OnePlus juga dikabarkan bakal melakukan yang sama, terlebih setelah tahun kemarin tidak jadi merilis seri T terbaru. HP anyar yang dikabarkan bakal diluncurkan OnePlus adalah OnePlus 10 Pro, yang disebut-sebut akan dirilis di Cina terlebih dahulu, sebelum akhirnya diluncurkan ke pasar global beberapa bulan kemudian.

Melalui co-founder OnePlus – Pete Lau, diketahui bahwa OnePlus 10 Pro bakal ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 terbaru dan memiliki layar 6,7 inci dengan teknologi LTPO 2.0 untuk animasi scrolling yang lebih mulus dari biasa. Sementara itu, rumor lain mengatakan jika kamera OnePlus 10 Pro masih akan sama dengan OnePlus 9 Pro.

3. Samsung Galaxy S22 Series

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi Samsung Galaxy S22 Series (gizmochina.com)

Selain Galaxy S21 FE, tahun ini Samsung juga hampir bisa dipastikan bakal merilis seri Galaxy S22. Sama seperti OnePlus 10 Pro, semua HP di seri Galaxy S22 yaitu Galaxy S22, Galaxy S22 Plus dan Galaxy S22 Ultra bakal dipersenjatai oleh Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm.

Rumor lain juga menyebut jika Galaxy S22 dan Galaxy S22 Plus akan memiliki kamera utama 50MP dan telephot dengan optical zoom murni, serta layar dengan desain flat alih-alih curved. Yang menarik, Galaxy S22 Ultra diklaim bakal dibekali dengan slot S Pen bawaan.

Karenanya, Samsung juga disebut-sebut akan menamai Galaxy S22 Ultra dengan Galaxy S22 Note. Untuk harga, ketiga dirumorkan akan sedikit lebih mahal dari seri Galaxy S21 tahun lalu.

Baca Juga: Spesifikasi Juara, Ini 7 HP Terbaik Samsung di 2021!

4. iPhone SE 3

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi iPhone SE 3 (wccftech.com)

Apple umumnya tidak merilis HP baru sebelum musim gugur, namun hal tersebut dilaporkan berubah di 2022. iPhone SE terbaru yang bernama iPhone SE 3 dikabarkan sedang dibuat dan Apple disebut-sebut akan merilis HP ini pada akhir Maret mendatang. Ketika dirilis nantinya, iPhone SE 3 dilaporkan masih akan sama dengan iPhone SE rilisan 2020 silam, di mana layarnya punya ukuran 4,7 inci dan hadir dengan body atau rangka yang mirip dengan iPhone 8.

Kendati demikian, iPhone SE 3 tetap akan hadir dengan beberapa hal baru seperti chipset A15 Bionic yang sebelumnya jadi otak pemrosesan utama seri iPhone 13. Jika rumor itu benar, maka iPhone SE 3 juga akan mendukung konektivitas 5G.

5. Google Pixel 6a

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi Google Pixel 6a (androidauthority.com)

Berbeda dengan Apple yang sangat jarang merilis HP “terjangkau”, Google secara rutin merilis seri lebih murah untuk mendampingi seri utama Pixel tiap tahunnya. Di 2022 ini, Google dikabarkan siap merilis Pixel 6a, yang sepertinya bakal membawa sejumlah fitur unggulan yang dimiliki oleh seri Pixel 6 tahun lalu.

Tidak diketahui apakah chipset buatan Google yaitu Tensor akan jadi otak pemrosesan utama Pixel 6a, tapi nampaknya demi menekan harga, Google akan lebih mengandalkan chipset Snapdragon 7xx dari Qualcomm. Selain itu, mengingat seri Pixel “a” telah menetapkan dua kamera belakang sebagai standar baru, maka masuk akal jika Pixel 6a nantinya juga akan hadir dengan dua kamera belakang.

6. iPhone 14 Series

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi iPhone 14 Series (br.atsit.in)

Jika tahun lalu Apple merilis seri iPhone 13, maka di tahun ini Apple hampir bisa dipastikan akan meluncurkan seri iPhone 14. Yang menarik, salah satu rumor menyebut bahwa Apple akan menghilangkan varian “mini” dan menggantikannya dengan varian “Max”. Varian baru yang disebut-sebut bakal memiliki layar 6,7 inci itu, akan ditemani oleh tiga varian lain yaitu varian standar, Pro dan Pro Max.

Tidak hanya itu, Apple juga dikabarkan akan membuang notch dan menggantikannya dengan punch-hole, serta membawa refresh rate tinggi ke semua varian. Untuk spesifikasi, A16 Bionic nampaknya bakal jadi chipset seri iPhone 14 yang tentunya bakal hadir dengan performa lebih baik dari A15 Bionic di seri iPhone 13.

7. Google Pixel 7 Series

7 HP Paling Dinantikan di 2022, Sudah Ada yang Dirilis!ilustrasi Google Pixel 7 Series (phonearena.com)

Dengan seri Pixel 6 yang baru saja dirilis Google akhir tahun lalu, tidak ada banyak rumor atau bocoran informasi terkait seri Pixel 7 sejauh ini. Meskipun begitu, dengan chipset Tensor yang tidak mengecewakan, besar kemungkinan jika generasi kedua dari chipset garapan Google itu sendiri akan diaplikasikan ke dalam seri Pixel 7.

Di samping itu, terdengar kabar juga Google akan mencoba menerapkan sistem kamera selfie yang tertanam di bawah layar pada seri Pixel 7. Apapun yang diberikan Google nantinya, seri Pixel 7 setidaknya harus memperbaiki sejumlah kekurangan dari seri Pixel 6 seperti fingerprint dalam layar yang kurang konsisten, layar yang kurang terang, daya tahan baterai lebih baik dan modem 5G lebih cepat.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa HP paling ditunggu-tunggu kehadirannya di 2022. Jika disuruh memilih satu dari daftar di atas, mana HP yang paling ingin kamu segera lihat di 2022?

Baca Juga: 7 HP Terbaik 2021, Spesifikasi Mantap Paling Layak Beli!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya