Comscore Tracker

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020

Apple merilis banyak perangkat tahun ini

Apple, meskipun merupakan salah satu perusahaan teknologi besar, tidak seperti brand premium lain yang menargetkan pasar untuk banyak orang. Apple memilih untuk mengambil pendekatan yang lebih unik dan berbeda.

Kendati demikian, tahun ini Apple merilis cukup banyak produk dari berbagai kategori. Namun tetap, semua dijual sebagai produk mewah yang tidak semua orang bisa memilikinya. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut setiap perangkat yang Apple rilis di 2020.

1. iPhone SE (2020)

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020expertreviews.co.uk

Setelah berbagai rumor, Apple akhirnya meresmikan iPhone SE versi terbaru yang mereka rilis awal tahun ini. Dengan banderol harga US$399, iPhone SE jadi iPhone paling terjangkau yang Apple rilis dalam beberapa tahun terakhir.

Tentu, harga itu sebanding dengan apa yang ditawarkan. iPhone SE tidak memiliki layar edge-to-edge dan hanya dibekali dengan satu kamera saja. Kendati demikian, secara performa iPhone SE tidak berbeda jauh dengan iPhone terbaru karena ditenagai oleh A13 Bionic yang juga digunakan di seri iPhone 11.

2. iPad Pro

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020mynexttablet.com

Jika iPhone SE (2020) diposisikan sebagai produk yang ramah kantong, iPad Pro lebih dipasarkan sebagai perangkat premium dengan harga tinggi. Tersedia dalam dua ukuran yaitu 11 inci dan 12,9 inci dengan banderol masing-masing US$799 dan U$399, iPad Pro edisi tahun 2020 dipersenjatai oleh A12Z Bionic.

Desain yang diusung masih sama seperti tahun kemarin namun dengan dua kamera belakang dan LiDAR scanner. Apple juga memperkenalkan aksesori Magic Keyboard yang dijual terpisah di harga US$349.

3. MacBook Air

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020laptopmag.com

Perilisan dua produk sebelumnya bisa dibilang telah diantisipasi, namun tidak untuk MacBook Air. Pengumuman dari perangkat ini cukup mengejutkan terutama lewat fakta bahwa Apple juga melakukan sejumlah perubahan.

Laptop berbasis MacOS yang ditenagai oleh prosesor dari Intel ini beralih ke keyboard scissor-switch, menggantikan keyboard butterfly yang dinilai sering bermasalah di MacBook Air generasi sebelumnya. Untuk harga, Apple mematok seri terendah dari lini laptop MacBook ini di harga US$999.

4. MacBook Pro (13 inch)

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020appleinsider.com

Tidak hanya MacBook Air, Apple juga memperbarui MacBook Pro varian layar 13 inci di awal tahun ini. Sama seperti MacBook Air pula, MacBook Pro juga menggunakan Magic Keyboard yang baru.

Peningkatan yang diusung MacBook Pro sebagian besar hadir di sisi spesifikasi. Dengan harga US$1299, MacBook Pro menawarkan prosesor Intel generasi ke-10, di samping dukungan untuk Dolby Atmos dan tiga mikrofon yang kualitasnya ditingkatkan.

5. iMac (27 inch)

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020creativebloq.com

Terlepas dari rumor mengenai iMac terbaru dengan desain yang lebih fresh, Apple nyatanya merilis iMac (27 inci) dengan peningkatan yang terbilang minim. iMac edisi terbaru ini mendapatkan prosesor Intel generasi ke-10 atau Comet Lake dan webcam beresolusi 1080p. Tidak ada desain yang diperbarui, kecuali prosesor yang lebih cepat, RAM yang lebih banyak, SSD dengan kapasitas lebih besar, GPU AMD yang lebih gesit dan dukungan True Tone pada layar.

Baca Juga: 7 Fitur Eksklusif iPhone 12 Pro yang Tak Ada di iPhone 12

6. iPad Air

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020expertreviews.co.uk

Diumumkan di Apple September event, iPad Air terbaru hadir dengan penampilan baru, menjadi iPad pertama sejak iPad Pro yang mengadopsi desain flat-edge dan layar edge-to-edge. iPad Air menjadi solusi Apple untuk mereka yang ingin perangkat seperti iPad Pro namun dengan harga yang lebih bersahabat. iPad Air yang dibanderol di harga US$599 juga diharapkan bisa mengisi jarak di antara iPad standar dan iPad Pro.

7. iPad (generasi ke-8)

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020expertreviews.co.uk

Alih-alih memperbarui iPad Mini, Apple memilih untuk menghadirkan edisi terbaru dari iPad versi standar. Ditujukan untuk pelajar dan pengguna kasual, iPad generasi ke-8 ini memiliki desain sama seperti generasi sebelumnya, namun dengan A12 Bionic untuk kinerja yang lebih mumpuni. Mengingat ini berada di bawah iPad Air, Apple hanya mematok harga sebesar US$349 bagi mereka yang tertarik untuk membeli iPad.

8. Watch Series 6 dan Watch SE

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020mobilesyrup.com

Sementara Watch Series 6 secara penampilan tidak jauh berbeda dari sebelumnya, jam tangan pintar dengan harga US$399 itu, dibekali dengan fitur pelacak oksigen darah yang penting di masa pandemi seperti saat ini. Bersamaan dengan perilisan Watch Series 6, Apple juga memperkenalkan Watch SE yang lebih murah dengan harga US$279, namun telah didukung dengan fitur seperti Family Setup dan Fall Detection.

9. iPhone 12 Series

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020appleinsider.com

Dengan empat varian pada seri iPhone 12, Apple melakukan apa yang banyak orang ragukan. Setiap varian ditujukan untuk pengguna berbeda dan strategi itu nampaknya berhasil untuk Apple. Keempat iPhone 12 punya penampilan dan kinerja yang terbilang mirip (sama-sama dipersenjatai dengan A14 Bionic).

Yang paling menarik perhatian adalah iPhone 12 Mini (US$699) yang mengembalikan konsep HP tangguh dengan ukuran minimalis. Tiga yang lain yaitu iPhone 12 (US$799), iPhone 12 Pro (US$999) dan iPhone 12 Pro Max (US$1099) masih mengusung konsep serupa seperti seri iPhone 11 tahun lalu.

10. Seri Mac dengan chipset M1

HP hingga Laptop, Ini 10 Gadget yang Apple Rilis di 2020techradar.com

Apple baru saja membuat gebrakan menarik dengan meluncurkan seri Mac pertama yang dilengkapi dengan chipset M1 yang mereka buat sendiri. MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini terbaru masih nampak seperti pendahulunya, namun ketiganya kini memiliki teknologi yang sama seperti yang ada pada seri iPhone 12. Apple mengklaim bahwa chipset M1 dapat meningkatkan performa dan daya tahan baterai, di samping memberi kemampuan untuk menjalankan aplikasi yang awalnya hanya ditujukan untuk iPhone dan iPad.

Demikian tadi ulasan mengenai produk apa saja yang Apple rilis di tahun 2020 ini. Dari segudang perangkat di atas, mana yang menurutmu paling menarik?

Baca Juga: 15 Aplikasi dan Game Terbaik 2020 Pilihan Apple, Beragam!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya