Comscore Tracker

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3

Jadi solusi buat yang pengen Pixel 4 tapi budget mepet

Beberapa minggu yang lalu, Google merilis Pixel 4 yang hadir dengan segudang fitur baru yang memukau. Sementara banyak di antaranya merupakan fitur eksklusif seperti Motion Sense dan Dual Exposure, tidak sedikit yang dibuat secara universal alias bisa dinikmati di Pixel generasi sebelumnya seperti Pixel 3.

Ini tentu saja membuat calon pembeli memiliki opsi yang lebih murah, namun tetap bisa mendapatkan sejumlah fitur unggulan dari Pixel 4. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 fitur Pixel 4 yang juga bisa dinikmati di Pixel 3.

1. Android 10

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3engadget.com

Android 10 mungkin bukanlah fitur, namun menjadi bagian yang menaungi fitur-fitur baru di Pixel 3. Sesuai janji Google, Pixel 3 akan mendapatkan pembaruan sistem operasi ke Android 10 dan kemungkinan Android 11 tahun depan.

Android 10 sendiri hadir dengan beberapa hal baru seperti gestur navigasi yang minimalis seperti di iPhone 11, Dark Mode yang bekerja secara menyeluruh dan pengaturan privasi yang lebih baik. Di luar itu, Android 10 juga membawa peningkatan di sisi daya tahan baterai dan optimalisasi performa.

2. Google Assistant 2.0

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 39to5google.com

Google memperbarui fitur asisten mereka yaitu Google Assistant dengan satu langkah besar, yaitu membuatnya bisa dioperasikan secara offline alias tanpa koneksi internet. Perubahan luar biasa ini pertama kali Google pamerkan di ajang I/O 2019 dan mengejutkan para penonton yang hadir kala itu.

Selain cara kerja yang baru, Google Assistant baru ini juga memiliki user-interface atau UI yang lebih sederhana, namun tetap menarik dan penuh warna. Google telah mengonfirmasi bahwa fitur ini nantinya juga akan tersedia di Pixel 3.

3. Top Shot

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3androidpolice.com

Top Shot merupakan fitur yang memanfaatkan AI untuk mengambil foto terbaik dari ratusan atau ribuan foto yang diambil dalam sepersekian detik. Ini sebenarnya fitur yang telah lama ada di Pixel 3, namun bersamaan dengan kemunculan Pixel 4, Google mengonfirmasi bahwa akan ada ‘sub-fitur’ baru di dalamnya.

Sub-fitur ini Google sebut sebagai “short video”, yang memungkinkan Top Shot untuk menyimpan potongan video pendek terbaik dari video yang diambil. Fitur ini akan segera tersedia untuk Pixel 4 dan Pixel 3.

Baca Juga: 7 Fitur Google Pixel 4 Ini Diharapkan Fans, Membenahi Kekurangan Lalu

4. Astrophotography

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3gizmodo.com.au

Melalui Google Camera terbaru, Google memperkenalkan fitur baru bernama Astrophotography. Singkatnya, fitur ini memanfaatkan kemampuan dari Night Sight (yang kini ditingkatkan), untuk menangkap pemandangan bintang di langit malam.

Melalui akun resmi Twitter-nya, Google bahkan menyebut bahwa ke depannya, fitur ini memungkinkan Pixel 3 untuk mengambil foto Milky Way tanpa menggunakan tripod. Astrophotography menjadi bukti bahwa Google tidak main-main dengan kemampuan software kameranya.

5. Live Caption

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3venturebeat.com

Selanjutnya adalah Live Caption, yang sama Google Assistant 2.0, diperkenalkan Google di ajang I/O awal tahun ini. Awalnya, Live Caption ditujukan untuk menjadi fitur eksklusif yang hanya ada di Pixel 4. Namun karena alasan tertentu, Google akhirnya memutuskan bahwa Live Caption juga akan meluncur ke Pixel 3.

Live Caption sendiri mampu memunculkan caption atau subtitle pada setiap video atau audio yang diputar. Menariknya, fitur ini juga dikabarkan akan bisa bekerja untuk video call atau panggilan telepon biasa.

6. Recorder

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3mobilesyrup.com

Google mengejutkan bahwa orang ketika menampilkan kemampuan aplikasi Recorder baru di Pixel 4. Sama seperti Live Caption, ini menjadi fitur eksklusif Pixel 4, yang akan diturunkan ke Pixel 3. Tidak seperti aplikasi perekaman audio kebanyakan, Recorder tidak hanya menyimpan file dalam bentuk audio saja, namun juga transkrip.

Jadi, setiap kalimat yang terekam, akan tersimpan dalam bentuk catatan. Kerennya lagi, fitur ini bisa bekerja tanpa koneksi internet. Sejauh ini, bahasa Inggris jadi satu-satunya bahasa yang didukung.

7. Google Stadia

7 Fitur Keren Google Pixel 4 Ini Ternyata Bisa Dinikmati di Pixel 3newsbeezer.com

Yang terakhir adalah Stadia, layanan streaming game dari Google, yang akan segera meluncur pada 19 November mendatang. Pixel 4 menjadi salah satu perangkat yang mendukung layanan ini, di samping Pixel 3 dan Pixel 2 yang juga kebagian.

Bagi yang belum tahu, Stadia mengusung konsep cloud-gaming di mana gamer bisa bermain game favorit mereka seperti Borderlands 3 dan Metro Exodus, di layar HP. Selain perangkat Pixel, Stadia juga bisa dinikmati di perangkat buatan Google lain seperti Chromebook dan Pixelbook.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai fitur-fitur Pixel 4 yang juga bisa dinikmati di Pixel 3. Selain Pixel 3, Google juga mengonfirmasi bawah fitur-fitur di atas akan ikut tersedia di Pixel 3a.

Baca Juga: Ini 7 Alasan Kenapa Harus dan Tidak Harus Membeli Google Pixel 4

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You