Comscore Tracker

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LG

LG banyak merilis HP yang terbilang 'unik'

Setelah lebih dari satu dekade berkecimpung dalam bisnis smartphone dan berkali-kali rugi, LG akhirnya secara resmi keluar dari bisnis gadget paling populer di dunia itu. Sejak pertama kali masuk ke bisnis ponsel pintar, LG memang tidak pernah mampu menyamai kesuksesan brand besar lain seperti Samsung ataupun OnePlus.

Namun, brand yang berbasis di Korea Selatan itu sempat membuat beberapa HP terbaik yang baik dari segi spesifikasi maupun fitur, dapat bersaing dengan HP unggulan dari brand lain. Berikut 7 di antaranya.

1. LG G2 (2013)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGandroidcentral.com

Dirilis pada tahun 2013, LG G2 meneruskan warisan HP pertama dari seri G – Optimus G yang dirilis satu tahun sebelumnya. G2 bukanlah HP flagship yang terbilang mainstream karena yang menarik, HP ini menempatkan tombol power dan volume-nya di bagian body belakang.

Fitur tersebut kemudian dipertahankan seri G hingga tahun 2016, sebelum akhirnya LG mengembalikan posisi tombol volume di tempat yang seharusnya (namun tombol power tetap). G2 sendiri ditenagai oleh Snapdragon 800, RAM 2GB dan baterai yang kala itu lebih besar dari Samsung Galaxy S4 dan HTC One M7.

2. LG G3 (2014)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGtechradar.com

Dapat disebut sebagai HP terbaik dari seri G sejauh ini, LG G3 menjadi pesaing tangguh untuk sejumlah HP flagship unggulan pada tahun 2014 seperti HTC One M8, Samsung Galaxy S5 dan Google Nexus 6. G3 memperkenalkan beberapa fitur menarik seperti modul laser autofocus yang diambil dari robot vacuum cleaner buatan LG, dan jadi salah satu HP yang pertama kali hadir dengan layar beresolusi QHD. Tidak hanya itu saja, G3 juga mengenalkan alternatif keamanan biometrik lewat fitur bernama Knock Code yang memungkinkan pengguna untuk membuka HP hanya dengan tap 4 kali di bagian layar mana saja.

3. LG G4 (2015)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGexpertreviews.co.uk

Salah satu nilai jual utama LG G4 ketika diluncurkan pada tahun 2015 adalah varian dengan body belakang berlapis kulit. Tak heran, jika brand lain seperti Huawei, Oppo dan Vivo mengadopsi fitur serupa tak lama setelahnya.

Selain itu, G4 juga berfokus pada pengalaman fotografi, membawa kamera utama 16MP dengan sensor temperatur warna untuk hasil yang lebih baik. Fotografi di kondisi minim cahaya juga ditingkatkan, di samping dihadirkannya fitur tambahan seperti ekspansi via kartu microSD dan baterai yang bisa dilepas (yang bahkan seri Samsung Galaxy S6 tidak bisa menawarkan hal serupa).

Baca Juga: 5 Produk Smartphone LG W Series Terbaru di Tahun 2021, Yuk Upgrade!

4. LG V20 (2016)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGnextpit.com

2016 jadi tahun yang kurang bagus pasca kegagalan G5, namun di tahun itu pula LG juga merilis salah satu HP luar biasa mereka – V20. Ini menjadi HP pertama LG yang menawarkan fitur quad DAC untuk pengalaman audio yang lebih baik.

Lalu, V20 juga membawa “layar mini ekstra” di bagian atas layar utama untuk notifikasi, pengaturan cepat dan banyak lagi. Fitur tersebut kemudian hilang setelah LG beralih ke layar dengan dukungan always-on display. Sama seperti G4 setahun sebelumnya, V20 juga jadi salah satu HP dengan spesifikasi tinggi yang masih menggunakan baterai yang dapat dilepas.

5. LG G6 (2017)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGt3.com

LG G6 hadir untuk memperbaiki kesalahan dari G5 yang gagal memberi impresi baik ke para pengguna. Diluncurkan pada tahun 2017, G6 mengemas desain anti air untuk pertama kalinya di seri G, layar dengan aspect ratio 18:9 dan kamera ultrawide dengan resolusi yang sama seperti kamera utama yakni 13MP.

Di samping itu, fitur quad DAC juga kembali dihadirkan untuk menemani fitur baru yaitu wireless charging. Sayangnya, dua fitur yang baru saja disebut tidak dibawa di beberapa pasar atau negara. Namun terlepas dari itu, G6 tetap menunjukkan bahwa LG masih mampu membuat HP flagship fantastis.

6. LG V60 (2020)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGandroidauthority.com

V60 dirilis pada tahun 2020 kemarin dan jadi HP flagship tradisional terakhir yang dirilis oleh LG. HP yang satu ini mengemas Snapdragon 865 sebagai dapur pacu utama, baterai 5,000mAh yang diklaim bisa bertahan hingga dua hari, fitur wireless charging dan rating IP68 untuk tahan air/debu.

Selain itu, HP ini juga punya sektor fotografi luar biasa dengan kamera utama 64MP, port headphone jack 3.5mm yang mulai langka di HP-HP flagship dan fitur quad DAC khas LG. Kendati demikian, V60 tidak benar-benar sempurna karena layarnya juga belum mendukung refresh rate tinggi.

7. LG Velvet (2020)

Keluar dari Bisnis Smartphone, Ini 7 HP Terbaik yang Pernah Dibuat LGmobilesyrup.com

Melalui Velvet, LG mencoba peruntungan lain untuk bisa bertahan di industri smartphone. Selain itu, brand asal Korea Selatan itu juga membuang sistem penamaan kombinasi huruf dan angka, dengan nama yang merepresentasikan desain superior yang diusungnya.

Velvet mungkin bukan HP flagship, namun Snapdragon 765G yang dibawanya telah mendukung koneksi 5G. Lalu, HP ini juga telah memiliki rating IP68, dukungan wireless charging dan sensor fingerprint dalam layar. Mulai dari desain, spesifikasi hingga fitur, LG berhasil melakukan apa yang terbaik ke dalam Velvet.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa HP terbaik yang pernah dibuat LG. Meski sudah dipastikan keluar dari bisnis smartphone, beberapa HP LG terutama yang terbaru masih tetap akan mendapatkan pembaruan OS dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: 5 Produk Smartphone LG yang Dibekali Jaringan 5G, Browsing Lancar!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya