Comscore Tracker

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Online

Disebut-sebut bakal mirip Pixel 4a 5G tahun lalu

Tahun lalu, Google Pixel 4a menjadi salah satu HP terbaik di 2020 versi beberapa majalah atau situs gadget terkenal. Pixel 4a terbaik bukan untuk spesifikasinya yang mewah, namun untuk harga yang dibanderol, HP buatan Google itu menawarkan banyak hal menarik.

Kini dengan tahun yang telah berganti, semua mata tertuju pada penerusnya yaitu Pixel 5a. Google memang belum secara resmi mengonfirmasi kehadirannya, namun info mengenainya mulai dari spesifikasi, fitur hingga jadwal rilis telah tersebar di internet. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Nama

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlineyoutube.com/Phandroid

Bukan sekadar rumor, dapat dipastikan bahwa lini “a” selanjutnya dari seri Pixel adalah Pixel 5a. Google sendiri tidak pernah mengubah skema penamaan Pixel sejak meluncurkan generasi pertamanya pada tahun 2016.

Jadi untuk tahun ini, tidak ada alasan bagi Google untuk mencoba hal baru dan menggunakan skema penamaan yang berbeda lini Pixel “a” selanjutnya. Sedikit info tambahan, Google memulai lini Pixel “a” dua tahun lalu lewat Pixel 3a dan 3a XL yang diumumkan di acara I/O 2019. Jadi, Pixel 5a akan jadi generasi ketiga dari lini HP ergonomis itu.

2. Desain

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlinegadgetcrutches.com

Salah satu leaker terpercaya – Steve Hemmerstoffer atau yang biasa dikenal sebagai OnLeaks membagikan render dari kemungkinan desain yang akan dimiliki oleh Pixel 5a nantinya. Secara desain, Pixel 5a digambarkan akan punya desain yang mirip seperti Pixel 4a 5G alih-alih Pixel 4a biasa.

Jika Pixel 4a biasa hanya punya satu kamera belakang saja, sama seperti Pixel 4a 5G, Pixel 5a akan punya dua kamera belakang. Untuk lain-lain, headphone jack 3.5mm masih dipertahankan, di samping desain layar dengan punch-hole dan tombol home dengan aksen warna yang berbeda.

3. Layar

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlineandroidauthority.com

Berdasarkan desain render yang dibuat OnLeaks, terlihat bahwa layar Pixel 5a punya tampilan yang sama seperti Pixel 4a namun untuk ukuran yang lebih besar. Sama seperti Pixel 4a 5G, layar Pixel 5a dikabarkan akan memiliki ukuran 6,2 inci dengan resolusi FHD dan panel OLED.

Sebagai perbandingan, Pixel 4a hanya punya layar berukuran 5,81 inci namun dengan panel dan resolusi yang sama. Layar Pixel 5a juga diprediksi masih akan dilapisi kaca Gorilla Glass (belum diketahui tetap Gorilla Glass 3 atau lebih tinggi) dan kecil kemungkinannya untuk mendukung refresh rate tinggi.

Baca Juga: 8 Fitur Eksperimental Google Chrome yang Patut Kamu Coba

4. Spesifikasi

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlinetheaugust.com

Apabila “jarak” spesifikasi Pixel 4 dan Pixel 4a tahun lalu terbilang signifikan, tahun ini perbedaan itu nampaknya tidak akan seberapa. Lini Pixel “a” selama ini diposisikan sebagai HP mid-range dan menariknya, Pixel 5 itu sendiri telah berkelas mid-range.

Jadi, Pixel 5a kemungkinan hanya akan punya chipset yang sedikit lebih rendah dan fitur-fitur flagship yang ada di Pixel 5 seperti rating IP dan wireless charging, tidak akan diikutsertakan. Untuk layar diperkirakan masih akan beresolusi 1080p, dengan RAM minimal 6GB, penyimpanan minimal 128GB dan fast-charging minimal 18W.

5. Kamera

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlinenextpit.com

Seperti yang sudah dibahas di poin kedua, Pixel 5 diperkirakan akan hadir dengan satu kamera ekstra yakni lensa ultra-wide di bagian belakang. Jika rumor ini berakhir benar, maka Pixel 5a kemungkinan besar akan mengadopsi kamera belakang Pixel 5 yang berisi kamera utama 12.2MP dan ultra-wide 16MP.

Fitur-fitur unggulan seperti Night Sight dan Super Res Zoom juga diperkirakan masih akan menjadi nilai jual utama Pixel 5a. Beralih ke depan, Pixel 5a nampaknya juga masih akan mempertahankan kamera selfie berkekuatan 8MP dalam punch-hole di pojok kiri atas.

6. Harga

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlineexpertreviews.co.uk

Google mengejutkan banyak orang ketika mengumumkan bahwa Pixel 4a akan lebih murah dari Pixel 3a terlepas dari peningkatan yang dibawa. Tahun ini, hal tersebut nampaknya tidak akan terulang meski Google sendiri belum mengonfirmasi.

Pixel 5a kemungkinan akan punya harga yang sama seperti Pixel 4a yaitu US$349 (Rp5 juta) atau justru kembali seperti Pixel 3a di harga US$399 (Rp5,7 juta). Akan tetapi, dengan banyaknya rumor yang menyebut bahwa Pixel 5a akan membawa chipset 5G, bisa jadi harganya akan sedikit lebih mahal lagi di kisaran US$439 (Rp6,4 juta).

7. Tanggal rilis

Bocoran Info dan Rumor Google Pixel 5a, Menyebar Onlinetomsguide.com

Apabila lini utama Pixel selalu dirilis di bulan hingga bahkan event yang sama, lini Pixel “a” punya kebiasaan jadwal rilis yang bisa dibilang “berantakan”. Pixel 3a pertama dirilis pada Mei 2019 dan banyak yang menduga jika Pixel 4a akan meluncur di bulan yang sama.

Namun karena pandemi yang melanda dunia, Pixel 4a akhirnya baru dirilis pada Agustus 2020. Oleh karena itu, sangat sulit untuk menentukan kapan Pixel 5a akan diluncurkan. Namun, salah satu sumber menyebut bahwa Pixel 5a akan diresmikan ke publik awal Juni atau lebih tepatnya 11 Juni.

Itulah tadi ulasan mengenai rumor dan bocoran info tentang Google Pixel 5a. Sayangnya, sejauh ini Google belum melihat Indonesia sebagai pasar potensial untuk HP Pixel. Jadi apabila Pixel 5a dirilis nantinya, sepertinya tidak akan dijual secara resmi di Indonesia.

Baca Juga: 7 Aplikasi Membuat Catatan Terbaik Alternatif Google Keep

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya