Comscore Tracker

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!

Mulai dari HP gaming hingga aksesoris seperti kontroler

Istilah pro gamer merujuk kepada seseorang yang memiliki keahlian profesional dalam bermain game. Dalam beberapa tahun terakhir, pro gamer tidak hanya bisa dikaitkan dengan mereka yang bermain di PC atau konsol, namun juga HP.

Keberadaan pro gamer di platform mobile, selain karena dukungan game kompetitif luar biasa, juga karena adanya banyak aksesori atau perangkat pendukung untuk menunjang kebutuhan gaming profesional. Jika kamu tertarik untuk terjun ke dunia pro mobile gamer, maka 7 perangkat ini wajib kamu miliki.

1. Asus ROG Phone 2

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!androidpit.com

Asus ROG Phone 2 menjadi raja di pasar HP gaming berkat spesifikasi kelas atas, tombol khusus gaming dan layar luas dengan refresh rate 120Hz. Lebih jelasnya, ROG Phone 2 ditenagai oleh Snapdragon 855+ bersama dengan RAM 8/12GB, penyimpanan UFS3.0 128/256/512GB atau 1TB dan baterai monster berkapasitas 6,000mAh.

Selain spesifikasi yang super gahar, ROG Phone 2 juga memiliki ekosistem yang kuat lewat aksesori gaming mobile, yang hampir tidak dapat ditandingi oleh HP gaming lainnya. Luar biasa!

2. LG G8X ThinQ

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!cnet.com

Meski bukan HP yang diperuntukkan untuk gaming, LG G8X ThinQ punya satu fitur mengesankan yang membuatnya cocok untuk digunakan bermain game. Fitur itu, tidak lain tidak bukan adalah layar kedua. Seperti Nintendo DS, G8X ThinQ memiliki layar ekstra yang bisa difungsikan sebagai kontroler virtual.

Menemani fitur utamanya yang menarik, G8X ThinQ juga dibekali dengan spesifikasi yang tidak main-main. G8X ThinQ dipersenjatai dengan Snapdragon 855, yang didukung oleh RAM 6GB, penyimpanan UFS2.1 128GB dan baterai 4,000mAh.

3. Nubia Red Magic 3S

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!androidpit.com

Nubia Red Magic 3S membuktikan bahwa untuk mendapatkan HP gaming yang mumpuni, tidak perlu mengeluarkan budget yang besar. Dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan yang lain, Red Magic 3S menawarkan ‘jeroan’ kelas flagship, desain atraktif dan tombol gaming khusus yang sempurna untuk game FPS seperti COD Mobile dan Fortnite. Untuk spesifikasi sendiri, sama seperti ROG Phone 2, Red Magic 3S mengandalkan Snapdragon 855+ yang dipadukan bersama RAM 8/12GB, penyimpanan UFS3.0 128/256GB dan baterai 5,000mAh.

Baca Juga: Wow, Ini 7 Seleb Dunia yang Tidak Kamu Ketahui Ternyata Gamer Sejati!

4. Razer Raiju Mobile

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!youtube.com/Pocketnow

Jika uang bukanlah masalah, maka Razer Raiju Mobile jadi pilihan kontroler terbaik untuk mobile gaming. Layout tombol yang diusung sama seperti milik Xbox One dan baterainya memiliki daya tahan hingga 23 jam.

Kontroler premium yang juga bisa digunakan di PC ini, juga menawarkan desain menarik yang dirancang secara khusus agar intuitif ketika digunakan di HP. Saking menariknya, banyak brand yang meniru desain dari Raiju Mobile, meski semuanya gagal dalam menciptakan kualitas yang serupa. Ini menjadi kontroler mobile gaming terbaik di pasaran saat ini.

5. SteelSeries Stratus Duo

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!androidauthority.com

Tidak jauh berbeda dengan Razer Raiju Mobile, SteelSeries Stratus Duo hadir sebagai kontroler mobile gaming dengan cara kerja ‘clip’. Ini meningkat dari saudaranya – SteelSeries XL, dengan membawa baterai isi ulang yang awet hingga 20 jam.

Dari segi bentuk, jika dibandingkan dengan Raiju Mobile, Stratus Duo lebih mengarah ke PS4 (Dualshock 4) ketimbang Xbox One. Beratnya sendiri hanya 245 gram, sehingga lebih portabel dan cocok untuk gaming on-the-go. Selain bisa digunakan untuk bermain game mobile di HP, Stratus Duo juga berfungsi dengan sangat baik di PC.

6. Razer Junglecat

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!perfectnewgadgets.com

Jika Razer Raiju Mobile dan SteelSeries Stratus Duo dirasa kurang begitu compact, maka kontroler Razer lainnya yaitu Junglecat bisa jadi solusi terbaik. Ini memiliki bentuk dan bekerja layaknya kontroler Nintendo Switch yaitu JoyCon, dengan tertempel di setiap bagian HP.

Selain bisa digunakan secara langsung di HP, Junglecat juga menyediakan opsi untuk digunakan secara wireless lewat koneksi Bluetooth. Secara keseluruhan, Junglecat berhasil dalam memberikan performa terbaik, daya tahan baterai awet dan tombol-tombol yang responsif.

7. Google Stadia Premiere Edition

Ingin Jadi Pro Mobile Gamer? 7 Perangkat Ini Wajib Kamu Miliki!cnet.com

Yang terakhir ada Google Stadia Premiere Edition – layanan cloud gaming dari Google yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game PC dan konsol favorit mereka di perangkat yang lebih kecil seperti HP. Stadia jadi alternatif menarik bagi mereka yang ingin menjadi pro gamer, namun memiliki perangkat yang terbatas.

Google bahkan menjanjikan akan menambah sekitar 120 game untuk Stadia pada tahun ini. Untuk sekarang, Stadia hanya bisa digunakan di HP-HP Pixel, namun diperkirakan akan segera memperluas dukungannya dalam beberapa bulan ke depan.

Demikian tadi ulasan mengenai perangkat yang wajib dimiliki jika ingin menjadi pro mobile gamer. Meski keberadaan perangkat-perangkat di atas penting, kemampuan atau skill tetap menjadi yang paling dibutuhkan jika ingin menjadi seorang pro gamer.

Baca Juga: 10 Smartphone Gaming Terbaik 2019 yang Cocok untuk Kamu Gamer Hardcore

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya