Comscore Tracker

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PC

Dijamin bikin makin jago nge-game!

Bermain game di PC jauh lebih baik daripada di konsol atau perangkat mobile karena dukungan periferal atau perangkat tambahan yang lebih lengkap, salah satunya kontroler. Kontroler hadir sebagai alternatif bagi gamer agar bisa memainkan beberapa game seperti Mortal Kombat 11 atau FIFA 22 dengan lebih nyaman, daripada menggunakan keyboard dan mouse.

Di luar sana ada cukup banyak kontroler menarik untuk dipilih, mulai dari brand periferal gaming kenamaan seperti Razer hingga yang notabene merupakan kontroler untuk konsol seperti Xbox Series X/S dan juga PS5. Berikut daftarnya.

1. Xbox Wireless Controller

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi Xbox Wireless Controller (tomsguide.com)

Dengan Xbox 360 Wireless Controller yang dinilai nyaman dan pas bagi sebagian besar gamer, tak heran jika Microsoft memutuskan untuk terus mempertahankan layout kontroler di konsol terbaru mereka yaitu Xbox Series X/S. Xbox Wireless Controller hadir dengan dua dukungan konektivitas yaitu via wireless dan Bluetooth.

Melalui protokol Xbox Wireless, gamer bisa dengan mudah dan cepat menghubungkan Xbox Wireless Controller ke PC mereka. Secara keseluruhan, XBox Wireless Controller jadi pilihan sempurna karena tidak hanya punya ukuran yang pas, tapi juga tombol trigger yang enak dan d-pad yang diperbarui agar bisa lebih nyaman ketika digunakan bermain game-game retro.

2. Xbox Elite Wireless Controller Series 2

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi Xbox Elite Wireless Controller Series 2 (techtimes.com)

Bagi mereka yang suka dengan desain, nilai ergonomis dan kemudahan yang dimiliki oleh Xbox Wireless Controller namun ingin fitur lebih lengkap, maka Xbox Elite Wireless Controller Series 2 jadi opsi yang tidak dapat dilewatkan. Harganya tentu lebih mahal dari Xbox Wireless Controller biasa, namun gamer mendapat cukup banyak fitur anyar sekaligus dukungan untuk kustomisasi yang lebih lengkap.

Beberapa di antaranya seperti analog atau thumbstick yang bisa diatur tekanannya, d-pad yang bisa diganti, dukungan untuk membuat profile kustom, fitur perintah suara lebih canggih dan daya tahan baterai lebih baik hingga 40 jam. Sederhananya, Xbox Elite Wireless Controller Series 2 menyempurnakan Xbox Wireless Controller.

3. PlayStation DualSense

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi PlayStation DualSense (bgr.com)

PlayStation 5 hadir dengan desain baru yang keren sehingga tak heran jika kontroler-nya mengambil langkah serupa, baik dalam hal estetika maupun fitur. Bernama DualSense, kontroler dengan warna dasar putih ini terlihat keren dan modern. Tak hanya itu, DualSense juga hadir dengan berbagai fitur yang bisa diharapkan dari kontroler yang baik seperti dukungan konektivitas wireless, baterai bawaan, haptic feedback, adaptive trigger dan motion sensor dan banyak lagi.

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua fiturnya bisa digunakan di PC dan pengguna perlu melakukan beberapa tweak untuk bisa menggunakannya dengan sempurna. Meskipun begitu, ini masih jadi kontroler yang sempurna untuk digunakan di PC.

Baca Juga: 7 Fitur Baru dan Canggih dari Kontroler PlayStation 5, DualSense

4. Razer Wolverine Ultimate

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi Razer Wolverine Ultimate (techradar.com)

Secara garis besar, Razer Wolverine Ultimate nampak seperti Xbox Wireless Controller namun sentuhan penuh warna. Salah satu fitur khas Razer yaitu Chroma Lighting hadir pada kontroller di mana lampu RGB menyinari logo Xbox yang ada di atas. Selain itu, tombol d-pad juga memiliki lampu backlit berwarna hijau yang tampak keren dalam gelap.

Terdapat opsi kustomisasi pula bagi mereka yang tidak suka dengan fitur RGB atau backlit semacam itu. Disamping kustomisasi tersebut, Wolverine Ultimate juga punya beberapa komponen yang bisa dirubah seperti analog/thumbstick, tombol d-pad, bumper dan trigger. Lalu, ada juga aplikasi Razer Synapse yang bisa digunakan untuk melakukan remapping pada tombol atau trigger.

5. SteelSeries Stratus Duo

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi SteelSeries Stratus Duo (tomsguide.com)

SteelSeries Stratus Duo telah ada sejak 2019 namun hingga kini masih jadi salah satu kontroler PC terbaik untuk dibeli. Ini jadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari kontroler dengan build-quality bagus namun tetap punya harga yang relatif terjangkau. Kontroler yang satu ini bisa dihubungkan baik via koneksi Bluetooth, wireless melalui dongle ataupun kabel.

Stratus Duo juga salah satu kontroler “Steam-enabled” alias bisa langsung digunakan untuk memainkan game-game Steam tanpa perlu kustomisasi. Kontroler ini bisa bertahan hingga lebih dari 20 jam dalam satu kali pengisian daya dan juga bisa digunakan di Android maupun perangkat VR.

6. Nintendo Switch Pro Controller

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi Nintendo Switch Pro Controller (techradar.com)

Meski awalnya diciptakan sebagai alternatif kontroler untuk Nintendo Switch, Switch Pro Controller faktanya juga jadi opsi anti-mainstream untuk kontroler PC. Jika memainkan via kabel, gamer hanya perlu menghubungkannya ke PC dan sudah bisa langsung digunakan. Namun untuk bermain via koneksi wireless, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Selain itu, kontroler ini juga akan terbaca sebagai kontroler Xbox di Steam dan dibutuhkan 8Bitdo Wireless USB Adapter jika ingin bermain game diluar Steam. Terlepas dari itu, ini kontroler yang luar biasa dengan analog yang nyaman ketika digunakan dan d-pad yang cocok dipakai untuk memainkan game-game retro atau lawas.

7. 8Bitdo SN30 Pro Plus

Gaming Makin Mantap, Ini 7 Kontroler Terbaik untuk PCilustrasi 8Bitdo SN30 Pro Plus (androidauthority.com)

8Bitdo SN30 Pro Plus terlihat seperti kontroler yang dirilis di era SNES, namun pada dasarnya ini merupakan kontroler modern. Itu artinya, gamer mendapat desain kontroler dengan dua analog, tombol ABXY, d-pad, trigger dan empat tombol tambahan yaitu Start, Select, Home dan Capture.

Tombol ABXY kontroler ini mengikuti layout Switch sehingga juga bisa digunakan sebagai kontroler Switch, di samping Switch Pro Controller di poin sebelumnya. Sama seperti banyak kontroler pihak ketiga, SN30 Pro Plus juga hadir dengan aplikasi bernama 8Bitdo Ultimate Software, di mana melalui aplikasi itu, pengguna bisa melakukan remapping tombol, mengatur makro dan mengganti sensitivitas analog dan juga trigger.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa kontroler terbaik untuk PC. Punya rekomendasi lain? Jika ada, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kontroler Nintendo Switch dari Berbagai Harga

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya