Comscore Tracker

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!

Dirilis bersamaan dengan perilisan iPad Pro terbaru

Dalam beberapa tahun terakhir, MacBook Air selalu berusaha untuk menjadi MacBook yang setidaknya lebih murah dari ‘kakaknya’ yang superior – MacBook Pro. 2018 menandai perubahan terbesar MacBook Air, yang kemudian di tahun 2019 kemarin dan tahun 2020 ini.

Beberapa waktu yang lalu (18/3), bersamaan dengan perilisan iPad Pro 2020, Apple mengumumkan MacBook Air terbaru. Tidak hanya spesifikasi atau jeroan yang tentunya baru, MacBook Air edisi 2020 ini juga membawa sejumlah hal menarik baru dan harga ‘terjangkau’ yang juga baru. Penasaran seperti apa? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Prosesor Intel generasi ke-10 terbaru

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!anandtech.com

Menawarkan prosesor quad-core untuk pertama kalinya, MacBook Air kini mampu memberikan performa yang lebih baik untuk aktivitas sehari-hari seperti mengerjakan tugas dan mengedit video. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, berkat prosesor Intel Core generasi ke-10 – hingga Core i7, MacBook Air jadi bisa memiliki kinerja yang dua kali lebih cepat. Selain itu, dengan hadirnya Intel Iris Plus Graphics, MacBook Air sekarang jadi mampu menghasilkan performa grafis yang 80 persen lebih cepat, sehingga tugas intensif seperti bermain game dan mengedit video jadi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Layar Retina 13 inci

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!pcmag.com

MacBook Air edisi 2020 dibekali dengan layar Retina yang lebih tajam dan jernih ketimbang layar non-Retina yang digunakan di MacBook Air sebelum 2018. Masih sama seperti edisi tahun kemarin, layar MacBook Air 2020 berukuran 13,3 inci dan beresolusi 2560x1600, namun dengan 48 persen akurasi warna yang lebih baik.

Selain itu, layar MacBook Air 2020 juga telah didukung True Tone, yang mampu menyesuaikan kecerahan layar dan intensitas warna berdasarkan kondisi cahaya di sekitar. Ini diimplementasikan agar mata pengguna tidak lelah meski menatap layar dalam waktu yang lama.

3. Magic Keyboard baru

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!pcmag.com

Tak mau kalah dari iPad Pro 2020, MacBook Air 2020 kini juga dilengkapi dengan Magic Keyboard, yang pertama kali diperkenalkan di MacBook Pro 16 inci. Magic Keyboard pada MacBook Air 2020 memiliki mekanisme scissor yang dirancang ulang agar bisa memberikan 1mm travel key yang nyaman dan stabil untuk mengetik.

Sementara tombol arah panah berbentuk “T” yang juga baru, dibuat agar mudah ditemukan dan dinavigasi. MacBook Air sendiri mengusung desain unibody menawan yang 100 persen terbuat dari aluminium daur ulang dan tersedia dalam tiga varian warna yaitu gold, silver dan space gray.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Laptop Berbasis Windows Terbaik Alternatif MacBook Pro!

4. Penyimpanan internal dua kali lipat dari generasi sebelumnya

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!cultofmac.com

Menjawab keluhan banyak pengguna yang merasa jika MacBook Air (2019) memiliki penyimpanan internal yang kurang (terutama untuk model terendah), Apple akhirnya menggandakan penyimpanan internal minimal pada MacBook Air 2020. Kini, model terendah MacBook Air 2020 dibekali dengan penyimpanan internal 256GB yang tentunya lebih luas untuk menyimpan file seperti foto, lagu dan film. Jika itu dirasa masih kurang, MacBook Air 2020 juga menawarkan opsi ‘tambah lagi’ hingga 2TB, meningkat dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya.

5. Sistem keamanan bawaan yang lebih tangguh

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!wired.com

MacBook Air 2020 hadir dengan Apple T2 Security Chip, sistem keamanan generasi ke-2 buatan Apple sendiri. Sistem keamanan yang dikenal tangguh ini, akan memeriksa bahwa setiap software yang dimuat ketika proses booting tidak rusak dan menyediakan enkripsi data on-the-fly untuk semua yang tersimpan di penyimpanan.

Dengan ini, MacBook Air 2020 jadi bisa memiliki proses boot dan penyimpanan paling aman dibanding notebook canggih manapun. Tidak hanya itu saja, T2 juga menjaga informasi Touch ID sehingga informasi seperti password dan transaksi, bisa tetap aman.

6. Fitur lain

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!eftm.com

Di samping spesifikasi dan fitur-fitur utama di atas, MacBook Air 2020 juga menghadirkan fitur-fitur lain yang tidak kalah menarik. Beberapa di antaranya seperti trackpad Force Touch terbaik untuk kontrol kursor yang lebih akurat, port Thunderbolt 3 untuk transfer data dan isi daya, serta dukungan layar eksternal 6K – yang notabene pertama untuk MacBook Air. Dan satu lagi, MacBook Air juga dilengkapi dengan speaker stereo kelas wahid yang mampu menghasilkan kualitas suara yang imersif untuk aktivitas seperti menonton konten di Apple TV+ atau bermain game di Apple Arcade.

7. Harga

MacBook Air 2020 Rilis, Ini Spesifikasi, Harga dan Fitur Canggihnya!techradar.com

Yang terakhir tidak lain tidak bukan adalah harga. MacBook Air tersedia dalam dua model yang masing-masing punya jeroan yang berbeda-beda. Model pertama alias paling rendah memiliki prosesor Intel Core i3 generasi ke-10, RAM 8GB serta SSD 256GB, dan dibanderol di harga US$999 atau sekitar Rp14 juta.

Sementara varian kedua, yang dipersenjatai oleh Intel Core i5 generasi ke-10, RAM 8GB dan SSD 512GB, dijual di harga US$1299 atau sekitar Rp18 juta. Adapun opsi untuk peningkatan prosesor, RAM dan penyimpanan untuk masing-masing model, mulai dari US$100 (Rp1,4 juta) hingga US$800 (Rp11,2 juta).

Itulah tadi sedikit informasi tentang spesifikasi, fitur dan harga dari MacBook Air 2020 terbaru. MacBook Air 2020 sendiri sudah bisa dipesan sejak 18 Maret kemarin dan akan tersedia di toko resmi Apple minggu depan.

Baca Juga: Antara MacBook Air dan MacBook Pro, Mana yang Terbaik? 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya