Comscore Tracker

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!

Lebih bagus dari iPhone SE 2020?

Google Pixel 3a menjadi salah satu HP paling menarik di tahun 2019 kemarin, menawarkan apa yang membuat Pixel 3 luar biasa di harga yang relatif terjangkau. Sekarang tahun 2020 dan semua mata tertuju pada Pixel 4a.

Sudah pasti, Pixel 4a akan berusaha meniru apa yang dilakukan oleh Pixel 3a – meminimalkan spesifikasi dari Pixel 4 sembari mempertahankan pembaruan Android super cepat, kamera belakang kelas flagship dan fitur eksklusif yang hanya ada di Pixel. Nah, sembari menunggu kemunculan resminya dalam waktu dekat, berikut beberapa bocoran informasi dan rumor yang diketahui mengenai Pixel 4a.

1. Nama

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!youtube.com/DroidHolic

Mengingat seri Google Pixel tidak pernah berganti nama atau mencoba penamaan baru sejak pertama kali muncul, kecil kemungkinkan jika penerus dari Pixel 3a akan memiliki nama yang berbeda. Pixel 4a hampir bisa dipastikan akan menjadi nama resmi dari varian ergonomis dari Pixel 4.

Huruf “a” sendiri tidak diketahui memiliki arti apa, namun besar kemungkinan jika itu melambangkan “affordable” alias terjangkau. Namun, bisa jadi penamaan “a” itu tidak memiliki arti dan hanya dipilih sebagai alternatif dari Lite dan Mini.

2. Tanggal rilis

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!techgig.com

Google meluncurkan Pixel 3a pada event I/O 2019, jadi masuk akal untuk berasumsi bahwa hal yang sama akan terulang di tahun ini. Jika asumsi itu benar, maka Pixel 4a akan meluncur di kisaran 12 Mei – tanggal di mana I/O 2020 seharusnya berlangsung (I/O tahun ini resmi dibatalkan karena pandemi COVID-19).

Pada awal April, gambar dus box dari Pixel 4a tersebar di internet, yang mengindikasikan bahwa perilisannya mungkin sudah dekat. Sementara itu, dilansir dari Android Authority, tidak akan ada varian Pixel 4a XL untuk tahun ini.

3. Desain

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!gizmochina.com

Berdasarkan 3D render dari OnLeaks, Pixel 4a memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda dengan Pixel 4a. Modul kamera persegi di bagian belakang masih dipertahankan, meski kini hanya mengemas satu kamera saja. Selain kamera, di bagian belakang juga terdapat sensor fingerprint.

Beralih ke depan, bezel tebal di bagian atas resmi menghilang karena kini, kamera selfie-nya ‘tersimpan’ di punch-hole mungil di pojok kanan atas. Untuk menegaskan statusnya sebagai HP terjangkau, Pixel 4a juga akan dibekali dengan headphone jack 3.5mm sama seperti Pixel 3a tahun lalu.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Ini 7 Produk Buatan Google yang Paling Canggih dan Keren

4. Spesifikasi

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!mi.com

Dilansir dari The Verge, Pixel 4a akan ditenagai oleh Snapdragon 730 – chipset mid-range yang juga digunakan di Realme X2, Redmi K30 dan Samsung Galaxy A71. Untuk lain-lain, Pixel 4a disebut-sebut akan membawa RAM 6GB, penyimpanan 64GB UFS 2.1 dan baterai 3,080mAh.

Sebagai perbandingan, Pixel 3a tahun lalu dibekali dengan Snapdragon 630, RAM 6GB, penyimpanan 64GB eMMC dan baterai 3,000mAh. Untuk layar, Pixel 4a memiliki layar 5,81 inci beresolusi 2,340 x 1,080 – naik sedikit dari Pixel 3a yang hanya memiliki layar 5,6 inci beresolusi 2,220 x 1,080.

5. Fitur unggulan

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!tablety.tl

Fotografi atau kamera masih menjadi fitur unggulan atau highlight pada Pixel 4a. Laporan dari 9to5Google menyebut jika Pixel 4a akan dilengkapi dengan kamera belakang berkekuatan 12,2MP (dengan OIS & EIS) serta kamera depan dengan resolusi 8MP.

Kemampuan perekaman video disebut-sebut sama seperti Pixel 4, dengan 1080p di 30, 60, 120fps; 720p di 240fps; dan 4K di 30fps. Plus, laporan yang sama juga mengklaim jika Pixel 4a akan memiliki model dengan penyimpanan 128GB, chip keamanan Titan M dan dukungan fast-charging 18W.

6. Harga

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!gsmarena.com

Dalam dua tahun terakhir, Google selalu menjaga harga HP flagship mereka agar tetap konsisten – dengan US$799 (Rp11 juta) untuk Pixel 3 dan Pixel 4. Berkaca dari itu, Pixel 4a kemungkinan akan dibanderol di harga yang sama dengan Pixel 3a di awal peluncurannya yaitu US$399 (Rp5,6 juta).

Perlu dicatat bahwa itu untuk model standar dengan penyimpanan 64GB. Sementara untuk model dengan penyimpanan 128GB, kemungkinan harganya akan berada dikisaran US$449 (Rp6,2 juta).

7. Ketersediaan

Yang Diketahui Sejauh Ini dari Google Pixel 4a, Lebih Terjangkau!neowin.com

Untuk ketersediaan, mengingat Google tidak memiliki histori yang baik dalam menjual HP buatannya ke banyak tempat di seluruh dunia, maka kecil kemungkinan untuk Pixel 4a masuk dan dirilis resmi di Indonesia.

9to5Google sendiri menyebut jika target pasar utama Pixel 4a untuk saat ini masihlah Amerika. Namun, dengan Pixel 4a yang juga ditujukan untuk pasar yang sedang berkembang, maka ada kemungkinan yang cukup besar untuk juga dirilis di India dan beberapa negara di Eropa.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang diketahui sejauh ini dari Google Pixel 4a. Info tambahan, untuk menggantikan slot kosong yang ditinggalkan Pixel 4a XL, Google dikabarkan akan merilis Pixel 4a 5G dengan Snapdragon 765.

Baca Juga: Untuk Lawan COVID-19, Apple dan Google Kerja Sama Kembangkan Aplikasi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya