Comscore Tracker

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemula

Pantau harga emasmu, siap-siap raih untungmu #IDNTimesTech

Sejak dulu, emas merupakan instrumen investasi yang paling diminati masyarakat. Emas memiliki harga stabil dan cenderung naik tiap tahunnya. Sehingga kerap dijadikan sebagai aset investasi yang menguntungkan.

Kini, jual beli emas tidak harus dilakukan secara konvensional. Berbagai aplikasi hadir untuk memberi layanan investasi emas secara digital. Kamu bisa membeli, menyimpan dan menjual emas digital melalui aplikasi. Berikut deretan aplikasi investasi emas digital yang layak untuk dicoba!

1. Treasury

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulainstagram.com/wearetreasury

Mulai tahun 2018, Treasury hadir melayani investasi emas digital. Bukan hanya jual beli dan menyimpan emas, melalui aplikasi ini kamu bisa melihat pergerakan harga setiap harinya. Cukup dengan mendaftar mengunakan e-mail dan nomor telepon.

Masalah keamanannya tidak perlu dipertanyakan. Treasury merupakan aplikasi investasi emas yang aman dan terpercaya. Aplikasi ini sudah diawasi negara karena terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. BukaEmas

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulatwitter.com/bukalapak

BukaEmas merupakan salah satu aplikasi investasi yang ada di Bukalapak. Bagi yang ingin berinvestasi emas dengan modal terjangkau, aplikasi ini bisa jadi pilihan tepat. Kamu bisa mulai membeli emas dari 0,0001 gram saja, lho!

Aplikasi ini telah bermitra dengan Antam dan resmi terdaftar di OJK. Kamu juga bisa mengubahnya ke dalam bentuk fisik, berupa emas Antam yang bersertifikat. Namun, syarat cetak emas digital BukaEmas ialah minimal satu gram.

3. Tokopedia Emas

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulainstagram.com/tokopedia

Selanjutnya, ada aplikasi Tokopedia Emas yang dinaungi oleh e-commerce terbesar di Indonesia. Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan Pegadaian, jadi dijamin aman untuk investasi.

Tokopedia Emas sangat cocok bagi kamu yang ingin membeli emas, kemudian menjualnya ketika harga tinggi. Sebab, Tokopedia Emas dilengkapi fitur untuk memantau pergerakan harga emas. Segeralah mencoba, kamu bisa membeli dari harga Rp500 saja.

4. Lakuemas

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulainstagram.com/lakuemas

Lakuemas merupakan aplikasi investasi emas digital yang sudah bergabung di Fintech Indonesia, BAPPEBTI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, jual beli emas di Lakuemas minimal Rp50 ribu.

Terdapat 3 fitur unggulan yang dimiliki aplikasi ini, yakni Lakuemas, Laku Titipan dan Laku Tukar. Jadi tidak hanya jual beli, kamu bisa nabung emas dalam jangka waktu tertentu dan menukarkan emas dengan perhiasan.

Baca Juga: Fakta-Fakta VTube, Aplikasi Kekinian yang Ternyata Investasi Bodong

5. Pluang

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulainstagram.com/pluang_id

Aplikasi lainnya yang dapat kamu jadikan pilihan adalah Pluang, mereka menawarkan sistem praktis dan mudah untuk penggunanya dalam berinvestasi. Terlebih, kamu bisa melakukan top up dari berbagai jenis bank, termasuk GoPay.

Keunggulan aplikasi ini terletak pada harga emas yang relatif terjangkau. Pluang memiliki harga emas tiga persen lebih kecil dari aplikasi lainnya. Kamu pun bisa mencetak emas yang dimiliki.

6. Tamasia

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulainstagram.com/tamasia_id

Tamasia berada di daftar aplikasi investasi emas berikutnya. Aplikasi ini menyediakan layanan jual beli emas mulai dari Rp10 ribu. Tamasia terjamin keamanannya karena terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika dan diawasi oleh BAPPEBTI.

Sama seperti aplikasi lainnya, emas di Tamasia dapat diubah dalam bentuk fisik. Kelebihan lainnya, kamu bisa membeli emas dengan berbagai metode pembayaran seperti GrabKios, Paytren, OVO dan masih banyak lainnya.

7. Indogold

7 Aplikasi Investasi Emas, Praktis dan Cocok untuk Pemulainstagram.com/indogoldid

Aplikasi ini cocok untuk pemula yang baru mencoba investasi emas. Hanya bermodal Rp500, kamu bisa memulai investasi emas. Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan e-wallet, seperti LinkAja, OVO, GoPay, DANA dan sejenisnya. 

Aplikasi Indogold dilengkapi dengan fitur canggih, seperti Rencana Emas, Cicilan Emas, Gadai Emas. Aplikasi ini juga bisa melayani cetak fisik emas yang kamu miliki. 

Nah, dari tujuh aplikasi tadi memiliki keunggulan masing-masing. Sesuaikan dengan rencana investasi yang akan kamu lakukan, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Terdaftar di OJK, 7 Aplikasi Saham Online yang Aman untuk Investasi

Artha Pradhika Photo Verified Writer Artha Pradhika

Menulis hanya untuk menghabiskan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya