Comscore Tracker

Hasil Foto Tajam, 5 HP vivo dengan Fitur Night Camera Terbaik

Ciptakan foto malam hari secerah siang 

Belakangan ini, produsen HP berlomba-lomba menonjolkan kamera sebagai nilai jual produk terbarunya. Akibatnya, kamera HP beresolusi besar menjamur di pasaran. Tidak bisa dimungkiri, kualitas kamera adalah salah satu pertimbangan utama konsumen.

Selain resolusi kamera yang besar, kamu juga sebaiknya mempertimbangkan fitur Night Camera saat memilih HP. Sebab, fitur ini sangat berguna untuk mengabadikan momen di malam hari atau kondisi minim cahaya. Tentunya kamu tidak ingin hasil foto malammu blur karena dipenuhi noise.

Berbagai HP keluaran vivo bisa menjadi solusinya. Oleh karena itu, berikut kami berikan rekomendasi lima HP vivo dengan fitur Night Camera terbaik.

1. vivo X60  

Hasil Foto Tajam, 5 HP vivo dengan Fitur Night Camera Terbaikvivo X60 (vivo.com)

vivo X60 hadir dengan tiga jenis lensa kamera di bagian belakang bodinya. Ketiganya terdiri dari lensa utama beresolusi 48MP, lensa telephoto untuk membidik objek dari jarak jauh beresolusi 13MP, dan lensa super lebar beresolusi 13MP yang juga bisa digunakan sebagai kamera makro karena mempunyai fokus hingga 2,5 cm.

vivo X60 terintegrasi dengan  ZEISS Co-engineered Imaging System yang merupakan hasil kolaborasi vivo bersama perusahaan optik ternama asal Jerman, ZEISS. ZEISS Optics diklaim dapat menghadirkan keajaiban dan keindahan pada setiap objek bidikan.

Inovasi Extreme Night Vision 2.0 yang dibawa oleh vivo X60 membuat potret malam hari terlihat cerah seperti siang. Ini terjadi berkat AI Noise Reduction yang menghasilkan gambar menakjubkan meski lingkungan sekitarnya minim cahaya. Optimasi Super Night Potrait menjaga warna objek foto tetap terpancar, fokus dan tajam.

Mengambil potret lanskap malam hari juga bukan hal yang mustahil menggunakan vivo X60, Ultra-Wide Night Mode dengan jangkauan 120 derajat membuat tangkapan foto menjadi sempurna. Untuk tangkapan lanskap yang lebih lebar, kamu bisa menggunakan fitur Super Pano.

Meskipun saat ini latar bokeh telah menjadi fitur umum di ponsel, vivo X60 memberikan pengalaman yang berbeda, yaitu menghasilkan hasil foto berlatar bokeh yang berputar di sekitarnya. Keunggulan ini lahir dari kecanggihan lensa klasik ZEISS Biotar yang ia miliki.

vivo X60 juga mampu menangkap objek bergerak dengan sangat baik berkat fitur VIS 5-Axis Video Stabilization. Kombinasi 4 Axis OIS dan EIS (Electronic Image Stabilization) membuat foto dan video tetap stabil. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memoto aktivitas olahraga atau mengabadikan momen anak-anak yang aktif bergerak.

Sementara, bagian depan vivo X60 dibekali kamera dengan sensor resolusi 32MP. Seperti kamera belakangnya, kamera depan juga menangkap objek dengan sangat baik. Meski kondisi minim cahaya, hasil swafoto kamu tetap terhindar dari noise. Saat swafoto membelakangi cahaya, kamu bisa mengaktifkan mode HDR yang meminimalisir gangguan exposure di latar dan wajah. Ponsel dengan kamera kelas professional ini dijual dengan harga Rp7,9 juta.

vivo X60 juga hadir dalam versi Pro, dimana vivo meningkatkan kualitas fotografi dengan menambahkan fitur Gimba Sabilization 2.0. Inovasi ini memungkinkan pengguna untuk menangkap semua momen berharga yang ada di hadapannya. Lensa dapat digerakkan ke berbagai arah agar hasil gambar lebih berkualitas dan nyata. vivo X60 Pro dibanderol seharga Rp9,9 juta.

2. vivo X70 Pro 

Hasil Foto Tajam, 5 HP vivo dengan Fitur Night Camera Terbaikvivo X70 Pro (vivo.com)

Masih menggandeng ZEISS Opctics, vivo kembali menghadirkan kualitas kamera profesional di dalam perangkat HP vivo X70 Pro. Ponsel ini dibekali empat kamera belakang yang seluruhnya telah memenuhi standar ZEISS T* coating untuk mengurangi stray light dan efek ghosting sehingga menghasilkan warna yang otentik. Ditambah lagi dengan fitur Gimbal Stabilization 3.0 yang dikombinasi dengan sensor Sony IMX766V akan menghasilkan tingkat kestabilan gambar yang luar biasa baik di siang dan malam hari.

Empat kamera belakang terdiri dari lensa utama beresolusi 50MP, lensa portrait beresolusi 12MP dengan zoom optic 2x, lensa super lebar beresolusi 12MP dengan kemampuan makro hingga 2,5cm, dan lensa telephoto beresolusi 8MP dengan zoom optic 5x.

Mengusung fitur Real-Time Extreme Night Vision, hasil bidikan kamera vivo X70 Pro memenuhi harapan penggunanya. Singkatnya, apa yang kamu lihat di depan matamu akan tertangkap sempurna oleh kamera. Kamu bisa mengatur kecerahan secara otomatis sehingga hasil foto akan lebih nyata.

Kamera portrait 12MP dengan panjang fokus 50 mm memiliki empat mode lensa, yaitu Distagon Style, Planar Style, Sonnar Style dan Biotar Style. Keempatnya menghasilakn efek bokeh menakjubkan yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Begitu pula saat digunakan untuk merekam video di malam hari, Fitur Super Night Video membuat momen yang kamu abadikan tetap jelas meski konsidi minim cahaya. Kelebihan lainnya yang dimiliki vivo X70 Pro adalah fitur Pro Cinematic Mode. Fitur ini diklaim memberikanmu pengalaman mengambil video layaknya sutradara profesional. Ini juga dikombinasi dengan fitur VIS 5-Axis Ultra Stable Video yang membuatmu bisa merekam video dengan sudut yang luas namun tetap stabil.

vivo X70 Pro tentunya juga dilengkapi dengan kamera depan untuk swafoto dan panggilan video. Kamera beresolusi 32MP ini tidak kalah berkualitas dengan kamera belekangnya. Hasil foto bidikannya jernih dan tidak berlebihan. Kamu juga menggunakan fitur Face Beauty yang tersedia untuk membuat swafoto kian memukau. Kecanggihan kamera profesional dalam ponsel ini bisa kamu bawa pulang dengan harga Rp10,9 juta.

Baca Juga: Main Seru Tanpa Gangguan, 7 Alasan vivo V21 Cocok untuk Gamer

3. vivo Y33s 

Hasil Foto Tajam, 5 HP vivo dengan Fitur Night Camera Terbaikvivo Y33s (vivo.com)

Dari seri X, kini kita beralih ke seri Y yang tidak ketinggalan membawa fitur Night Camera, yaitu vivo Y33s. Perangkat ini dibekali empat lensa kamera, yaitu kamera utama beresolusi 50MP yang juga bisa digunakan untuk lensa lebar, 2MP depth-lens untuk menghasilkan bokeh effect, 2MP kamera super makro untuk memotret objek sangat dekat dan 16MP kamera depan untuk swafoto.

Kamera utama vivo Y33s yang beresolusi 50MP dilengkapi fitur Night Camera dengan kualitas tinggi. Ini membuat kamu bisa membidik objek di malam hari dan hasilnya tetap jernih meski diperbesar. Selain itu, ada pula algoritma Super Night yang mengusung teknologi Super Noise Reduction level RWA paling mutakhir. Teknologi ini menggabungkan beberapa bingkai menjadi satu, sehingga menghasilkan hasil foto yang jernih dan tajam. Pengambilan video juga tidak masalah saat perangkat terguncang, karena vivo Y33s memiliki fitur Ultra Stable Video, dimana EIS (Electronic Image Stabilization) di kamera belakangnya ini akan bekerja otomatis untuk menjaga kestabilan gambar.

vivo juga meningkatkan algoritma di kamera bokeh Y33s, sehingga membuat latar belakang foto tampak lebih artistik namun tetap alami. Sementara, kamera makro membantumu membidik objek kecil dari jarak dekat hingga 4 cm.

Mengusung 16MP Super Night Selfie, kamera depan vivo Y33s diklaim mampu menampilkan hasil swafoto yang jernih dan natural. Ini ditunjang teknologi Super Noise Reduction dan Selfie Softlight Band untuk menghasilkan potret yang memukau, termasuk saat foto diperbesar. Sehingga, wajah akan tetap cerah saat swafoto di siang dan malam hari. Dari situs resmi vivo Indonesia, vivo Y33s dijual seharga Rp3,4 juta

4. vivo V20 

Hasil Foto Tajam, 5 HP vivo dengan Fitur Night Camera Terbaikvivo V20 (vivo.com)

Kita beralih lagi ke seri V yang dikenal sebagai HP kelas menengah yang menunjang aktivitas fotografi, salah satunya vivo V20. HP yang dirilis Oktober 2020 lalu ini memiliki tiga kamera belakang, yaitu 64MP main camera, 8MP multifunction camera dan 2MP mono camera.  

Kamera utama beresolusi 64MP ini dilengkapi dengan fitur Super Night Mode yang meningkatkan kestabilan dan pencahayaan sehingga hasil foto di malam hari tetap cerah, jernih dan tajam. Ditambah lagi dengan fitur lain seperti algoritma AI Noise Cancellation untuk membuat foto tetap alami dan algoritma Sky Divider yang memisahkan latar belakang foto sehingga membuatnya terlihat lebih mulus.

Kamera kedua, 8MP multifunction camera mempunyai tiga fungsi sekaligus. Kamu bisa menggunakannya untuk memotret lanskap lebar hingga sudut 210 derajat. Fungsi depth camera untuk memberikan bokeh effect pada foto dan fungsi macro camera untuk memotret objek dekat hingga jarak 2,5 cm.

Kamera vivo V20 dilengkapi dengan berbagai fitur lain seperti Motion Autofocus yang akan mengunci objek dan mempertahankan fokusnya meski objek terus bergerak. Fitur Smart Zoom untuk menghasilkan foto dan video yang stabil saat diperbesar.

Beralih ke kamera depan, vivo V20 mengusung 44MP Eye Autofocus yang menangkap fokus secara tajam dari jarak 15cm. Untuk mengambil swafoto di kondisi minim cahaya, kombinasi fitur Noise Cancellation dan Selfie Softlight Band akan menyesuaikan pencahayaan dan menghasilkan foto yang tajam namun tetap natural layaknya hasil foto profesional.

vivo V20 diklaim cocok untuk digunakan membuat swavideo atau vlogging. Klaim ini dibuktikan dengan adanya fitur 4K Selfie Video untuk memberikan hasil memesona dengan sentuhan warna artistik sehingga membuat video lebih hidup. Stabilitas video juga akan ditunjang dengan fitur Steadiface Selfie Video yang membuat video tidak patah meski objeknya terus bergerak. Perangkat HP ini dirilis dengan harga Rp4,4 juta, sebanding dengan keunggulan fitur yang ditawarkannya.

5. vivo V21 

Hasil Foto Tajam, 5 HP vivo dengan Fitur Night Camera Terbaikvivo V21 (vivo.com)

Di lini V Series, vivo V21 adalah produk terbaru yang diluncurkan pada Juni 2021 silam. Ricky Bunardi dari vivo Indonesia di Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times mengatakan perangkat HP ini menonjolkan kamera sebagai nilai jual. Setali tiga uang, banyak pengguna yang mengakui puas pada kualitas kamera vivo V21 yang mumpuni.

vivo V21 memiliki tiga kamera belakang, yaitu 64MP kamera utama, 8MP kamera ultra lebar dan 2MP kamera super makro. Foto dan video yang dihasilkan oleh kamera HP vivo V21 berkualitas Ultra HD yang detail, tajam dan jernih.

Memotret di malam hari yang minim cahaya akan dibantu oleh fitur AI Super Night Mode, apalagi fitur ini juga dikombinasikan dengan Ultra Wide Angle yang menyuguhkan pemandangan lanskap malam yang sangat indah. Ingin potret malam yang lebih indah lagi? Kamu bisa memanfaatkan Stylish Night Filters yang terdiri dari Cyberpunk, Black Gold, Blue Ice dan Green Lime.

Seperti produk terdahulunya, vivo V21 juga dibekali dengan kemampuan Motion Autofocus yang kualitasnya telah ditingkatkan. Fitur ini akan mengunci fokus objek foto hanya dengan mengetuk dua kali pada layar HP.

Sementara dari sisi kamera depan, vivo V21 ditunjang dengan kehadiran 44MP Eye Autofocus Front Camera yang memiliki fitur Ultra HD Selfie. Kamu akan mendapatkan hasil swafoto berkualitas tinggi di setiap pikselnya, bahkan saat gambar diperbesar pun hasilnya akan tetap detail. Fitur Autofocus memfokuskan pengambilan foto pada jarak 15 cm atau lebih. Ia mengunci dan melacak gerakan mata sehingga tangkapan foto tetap jernih dan tajam.

Untuk swafoto di malam hari, kamu akan dibantu oleh fitur Super Night Selfie yang disempurnakan dengan multi-frame optimization dan multi-level exposure sehingga hasil foto tetap memesona meski kondisi sekitarnya minim cahaya. Lalu ada pula fitur Night Potrait yang dikombinasi dengan AI dan multi-frame noise reduction sehingga membuat hasil fotomu tetap cerah dan bercahaya. Produk vivo V21 ini bisa kamu dibanderol mulai dari Rp4,4 juta. Harga yang sangat masuk akal untuk semua keunggulan fitur yang ada di dalamnya.

Setelah melihat lima ulasan kamera HP vivo di atas, apakah kamu sudah menentukan perangkat mana yang akan kamu pilih? Atau justru semakin bingung karena semuanya menawarkan fitur unggulan?

Daripada bingung, lebih baik mengunjungi vivo CLUB Indonesia untuk mendapat penilaian langsung dari para pengguna HP vivo. Mereka yang telah menjadi pengguna setia vivo tentu mempunyai pengalaman jujur terhadap produk-produk di atas.

Buat kamu yang belum tahu, vivo CLUB Indonesia adalah tempat berkumpulnya pengguna HP Android, khususnya vivo yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Platform yang bisa diakses di alamat vivoclub.id ini menyediakan ruang untuk bertanya, membagikan informasi dan berdiskusi seputar HP Android dan smartphone photography. Jika kamu adalah salah satu pengguna HP vivo, kamu juga bisa mencari informasi mengenai bagaimana memanfaatkan berbagai fitur HP-mu agar lebih maksimal. Seru, kan? Makanya, buruan bergabung!

Baca Juga: Tes 5 Game Berat di vivo V21, Gaming Smartphone Banget!

arya dilla sari Photo Writer arya dilla sari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya