5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang Tahu

Anak perusahaan ini gak bergerak di bidang teknologi

Samsung adalah produsen smartphone yang ternama. Pasti kata ini yang terbesit di pikiran kamu ketika mendengar kata Samsung. Dari kota pesisir Daegu, Korea Selatan Samsung lahir dari tangan pebisnis cerdas Lee Byung-chull yang mengubah sebuah firma ekspor buah, sayur, dan ikan kering menjadi perusahaan teknologi yang berpengaruh di dunia.

Tidak hanya itu sejak tahun 1938 hingga saat ini Samsung telah berkembang dan merambah banyak lini bisnis selain elektronik. Berikut ini 5 anak perusahaan Samsung yang jarang belum tahu.

1. Si anak emas Samsung Electronics Co. Ltd.

5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang TahuAngela Lang/CNET

Sebutan anak emas bisa kamu berikan untuk Samsung Elektronik. Bagaimana tidak, pada tahun 2012, 70% pendapatan Samsung Group didapat dari perusahaan ini. Beroperasi dan mendirikan pabrik rakitan serta jaringan penjualan di 80 negara. Pendapatan Samsung Elektronik  pada Juni 2018, berdasarkan kapitalisasi pasar mencapat USD 325,9. Produk Samsung elektronik seperti yang sudah kamu tahu yaitu Samsung Galaxy, perangkat rumah tangga seperti TV, lemari es, juga baterai Lithium-ion, Chip semi konduktor, perangkat hard drive dan masih banyak lagi. Pada 2006 samsung menjadi produsen TV terbesar di dunia hingga saat ini.

2. Renault Samsung Motor, duet Samsung dan Renault

5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang Tahucarscoops.com

Mulai dirintis 25 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1994. Samsung menjalin kerjasama dengan Renault (anak perusahaan Nissan) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Renault Samsung Motor berpusat Busan, Korea Selatan perusahaan ini mulai memasarkan mobil pada tahun 1988. Namun pada tahun 2000 perusahaan ini menjadi milik Renault meski Samsung tetap mempertahankan hak milik minoritasnya. Renault Samsung Motor membuat banyak model seperti mobil kecil Clio, Master sebagai kendaraan komersil, dan SM series.

Baca Juga: 5 Smartphone Terbaik Harga Rp 1 Jutaan, Spesifikasinya Menarik

3. Kartu kredit dari Samsung Bank Co. Ltd.

5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang Tahunews.samsung.com

Anak perusahaan Samsung yang bergerak di bidang perbankan ini berpusat di Busan, Korea Selatan. Samsung Bank yang juga dikenal sebagai Samsung Card menjadi salah satu perusahaan kartu kredit terbesar di Korea Selatan. Samsung Card dimiliki anak perusahaan Samsung lainnya yaitu Samsung Insurance sebesar 71,9%. Dan memiliki jumlah pengguna 9,64 juta serta memilki nilai aset produk yang sangat besar yaitu 21.181,9 miliar won pada akhir 2017. Ini belum termasuk total tagihan yang berkali-kali lipat dari nilai asetnya.

4. Samsung Life Insurance Co. Ltd., penyedia jaminan asuransi

5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang Tahubusinesskorea.co.kr

Satu lagi anak perusahaan Samsung yang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Korea Selatan. Ya, Samsung Life Insurance perusahaan asuransi multinasional yang dirintis Samsung Grup pada tahun 1957. Samsung Life juga menjadi salah satu perusahaan paling berharga di Korea Selatan dihitung dari kapitalisasi pasarnya. Produk unggulan dari Samsung Life yaitu asuransi jiwa, kesehatan, dan anuitas.

5. Produsen kapal, Samsung Heavy Industries Co. Ltd.

5 Anak Perusahan Samsung Ini Jarang Orang TahuTeekay

Bagaimana dengan Samsung yang membuat kapal? Pasti kamu kaget kan. Samsung Heavy Industries menjadi salah satu dari tiga pemain besar produsen kapal di Korea Selatan, dua diantaranya ada Hyundai dan Daewoo. Produk yang dibuat Samsung Heavy Industries berupa kapal yang berfungsi dalam bidang transportasi, komersil, konstruksi, pengeboran, serta beberapa perangkat pendukung kelautan lainnya. Berdiri pada tahun 1974 dan hingga saat ini Samsung Heavy Industries memiliki efisiensi produk tertinggi dengan tingkat pergantian dermaga 10 tahunan dan pembuatan 30 kapal setiap tahunnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Aryo Phramudhito Photo Community Writer Aryo Phramudhito

Yepp... it's me I'm deeply superficial person

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You