Comscore Tracker

4 Teknik Charge HP Inilah yang Terbaik Secara Ilmiah!

Bisa buat bateraimu tahan lama

Baterai adalah salah satu komponen ponsel yang sering bermasalah. Tingkat "kesehatan" baterai bisa terasa pada perubahan kecepatan charge, perubahan kecepatan berkurangnya daya dan membuat ponselmu cepat panas.

Sebuah situs dari perusahaan baterai Cadex yang dinamakan Battery University, mengungkap 4 teknik charge ponsel terbaik yang sudah diteliti secara ilmiah. Baca selengkapnya di sini!

1. Jangan dibiarkan tercolok listrik ketika baterainya sudah penuh

4 Teknik Charge HP Inilah yang Terbaik Secara Ilmiah!metro.co.uk

Menurut Battery University, membiarkan teleponmu tercolok listrik saat terisi penuh, misalnya sepanjang semalam, gak baik untuk baterai dalam jangka panjang. Begitu ponselmu sudah terisi 100 persen, kamu harus membayar "pajak" daya, sehingga baterai makin lama akan makin susah mencapai 100 persen. Karena tindakan itu membuat baterai dalam keadaan tegangan tinggi dan beregenerasi tinggi, yang akan menurunkan berbagai kandungan kimia di dalamnya.

2. Lebih baiknya, jangan pernah men-charge baterai ponsel sampai 100 persen

4 Teknik Charge HP Inilah yang Terbaik Secara Ilmiah!businessinsider.com

Kecuali kalau memang lagi dibutuhkan, seperti akan berpergian jauh. Menurut Battery University, baterai Li-ion gak perlu terisi penuh, malah lebih baik jangan, karena tegangan tinggi akan membebani baterainya. Hal itu mungkin terasa berlawanan dengan intuisi, karena umumnya kamu akan berusaha agar ponselmu tetap tercolok listrik sepanjang hari.

Baca juga: Seorang Pria Nyaris Meninggal karena Tidur di Samping Ponselnya!

3. Colokkan ponselmu pada aliran listrik, kapanpun kamu bisa

4 Teknik Charge HP Inilah yang Terbaik Secara Ilmiah!alltechbuzz.net

Ternyata baterai di smartphone kita jauh lebih bahagia jika kamu menchargenya sesekali sepanjang hari, dibandingkan mencolokkannya ke listrik dalam sesi pengisian daya yang lama saat baterainya kosong.

Pengisian daya ponselmu saat kehilangan 10 persen akan jadi opsi terbaik, menurut Battery University. Jelas gak praktis bagi kebanyakan orang, apalagi yang super sibuk. Jadi charge saja ponselmu kapan pun kamu bisa.

Gak masalah jika harus menyambungkan dan mencabutnya beberapa kali dalam sehari. Hal ini gak hanya membuat baterai smartphonemu berdaya optimal lebih lama, namun juga membuatnya tetap terjaga sepanjang hari.

4. Jaga agar baterai dan ponselmu tetap dingin, copot casing ponselmu saat charge

4 Teknik Charge HP Inilah yang Terbaik Secara Ilmiah!Ilustrasi charger handphone (IDN Times/Maudy)

Baterai ponsel zaman sekarang sangat sensitif terhadap panas sehingga perusahaan-perusahaan ponsel sendiri menyarankanmu untuk melepas casing saat kamu mengisi baterai. Apalagi jika ponselmu menjadi panas.

Jika kamu berada di bawah terik matahari, jaga agar ponselmu tetap terlindungi. Ini akan melindungi kesehatan bateraimu.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara terbaik yang terbukti ilmiah untuk membuat baterai ponselmu tetap sehat? Coba dituruti ya, toh demi kebaikanmu sendiri. Rawat ponselmu dengan baik ya!

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Baca Juga: 10 Tip Kabel Charger HP Awet, supaya Kamu Gak Beli yang Baru Melulu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya