Comscore Tracker

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  

Data pribadi kamu pasti aman  

Smartphone telah berkembang pesat dalam hal privasi dan keamanan selama beberapa tahun terakhir. Hampir setiap smartphone saat ini hadir dengan fitur keamanan berbasis perangkat keras dan perangkat lunak seperti enkripsi, pengenalan wajah, iris scanner dan lainnya.

Tetapi metode peretasan dan pencurian data juga menjadi lebih kompleks daripada sebelumnya. Jadi, beberapa pengguna memerlukan smartphone khusus dengan lapisan privasi dan keamanan tambahan untuk menjaga keamanan data dan komunikasi mereka, terutama ketika smartphone telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. Di bawah ini adalah 10 smartphone dengan teknologi keamanan paling canggih di dunia.

1. Katim Phone

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  digitaltrends.com

Diluncurkan pada bulan Maret 2018 lalu oleh DarkMatter, Katim Phone adalah smartphone paling aman di dunia. Smartphone ini menjalankan versi Android yang sangat disesuaikan.

Pada setiap instance boot, Katim Phone memeriksa perangkat lunak lengkap untuk mendeteksi modifikasi. Ini membatalkan boot jika validasi gagal. Secara konstan memonitor smartphone dan data. Jika mendeteksi malware atau serangan keamanan yang mencoba meretas mekanisme keamanannya, Katim Phone akan membersihkan seluruh telepon.

Katim Phone juga mendapat Shield Mode untuk keamanan yang lebih baik. DarkMatter telah menambahkan aplikasi Email Katim ke Secure Communications Application Suite yang memungkinkan enkripsi 256-bit end-to-end. DarkMatter mengklaim Katim memungkinkan pegguna untuk berkomunikasi dengan sangat aman karena data dan panggilan suara tidak dapat diretas.

2. Blackphone 2

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  wired.com

Diluncurkan oleh Silent Circle, Blackphone 2 menjalankan SilentOS versi khusus Android dan menggunakan firewall GoSilent. Pusat Keamanannya memberi kamu kendali penuh atas izin aplikasi dan berbagi data. Fitur Spaces menyimpan data pekerjaan dan pribadi kamu secara terpisah.

Silent Circle mengklaim memiliki manajemen kerentanan tercepat di dunia yang meningkatkan kerentanan hanya dalam 72 jam setelah pendeteksian terjadinya peretasan. Pembaruan keamanan langsung dari Silent Circle.

3. Sirin Solarin

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  forbes.com

Dengan banderol harga 13.500 dolar AS atau sekitar Rp190 juta, Sirin Solarin bukan untuk semua orang. Smartphone ini dilengkapi dengan mode Pelindung Keamanan yang menciptakan zona terisolasi untuk panggilan dan pesan terenkripsi. Untuk email, sudah ada ProtonMail. Smartphone ini dibuat oleh Sirin Labs yang berbasis di Israel dengan bantuan Leonardo DiCaprio.

Sirin Labs mengklaim menawarkan teknologi privasi paling canggih yang saat ini tidak tersedia di luar dunia agensi. Sirin Solarin menggunakan prosesor Snapdragon 810 dan menawarkan enkripsi AES 256-bit.

4. Turing Phone

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  theverge.com

Turing Phone terbuat dari Liquidmorphium yakni paduan tembaga, aluminium, nikel, perak dan zirkonium. Pembuatnya mengklaim Turing Phone tidak bisa dipecahkan. Turing menjanjikan perlindungan total dari peretas, malware dan pencurian data. Menggunakan chip perangkat keras yang disebut Turing Imitation Key untuk mengotentikasi enkripsi secara lokal ketimbang mengandalkan server jarak jauh.

Turing Phone menjalankan SailfishOS dan menawarkan enkripsi end to end. Turing Phone memiliki prosesor 2.5GHz Krait, baterai 3.000 mAh dan layar 5,5 inci.

5. Boeing Black

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  dailymail.co.uk

Boeing Black adalah smartphone aman yang dirancang oleh raksasa kedirgantaraan AS bekerja sama dengan BlackBerry. Smartphone ini ditargetkan untuk pemerintah AS dan militer. Boeing Black menjalankan versi Android yang sangat disesuaikan dan dilengkapi dengan transmisi data tepercaya untuk koneksi ke jaringan yang tidak terklasifikasi dan terklasifikasi.

Harga 629 dolar AS atau setara dengan Rp8,9 juta digambarkan sebagai ponsel yang menawarkan fitur "Fort Knox-like" security. Jika smartphone mendeteksi seseorang mencoba merusaknya, itu akan secara otomatis menghancurkan dirinya sendiri. Data dan perangkat lunak dihapus dan smartphone menjadi tidak dapat dioperasikan.

Baca Juga: 6 Smartphone Terbaik Produksi Honor, Gak Kalah sama yang Lain!

6. BlackBerry Key2

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  zdnet.com

Jika kamu menginginkan smartphone yang aman tetapi juga suka mengambil foto yang bagus, Blackberry Key 2 punya setup kamera ganda di bagian belakang. Key2 menjalankan versi kustom Android Oreo dan fitur sensor sidik jari yang terintegrasi. Kamu juga mendapatkan pengalaman keyboard kelas dunia dari BlackBerry. BlackBerry mungkin telah gagal di pasar konsumen, tetapi terus membuat beberapa smartphone paling aman di dunia.

7. BlackBerry DTEK60

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  thegadgetflow.com

Ketika BlackBerry merilis DTEK60, Blackberry mengklaim DTEK60 adalah smartphone Android paling aman di dunia. DTEK memiliki kamera yang bagus, sensor sidik jari dan Keamanan BlackBerry bawaan. DTEK60 memiliki Penyimpan Kata Sandi untuk menyimpan semua kata sandi dengan aman.

DTEK60 mengenkripsi data untuk melindungi terhadap malware, peretasan dan segala upaya untuk merusak smartphone kamu. DTEK60 menggunakan proses urutan booting yang sangat aman.

8. K iPhone

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  kryptall.com

Jika kamu menginginkan keamanan yang lebih baik daripada iPhone XS, kamu dapat memilih untuk K iPhone yang dimodifikasi. Sebuah perusahaan bernama KryptAll telah merancang versi iPhone khusus untuk keamanan.

KryptAll mengubah firmware dan menambahkan aplikasi VoIP untuk memastikan bahwa semua panggilan telepon sepenuhnya dienkripsi. Bahkan KryptAll dan lembaga penegak hukum tidak dapat mendekripsi percakapan pengguna. Namun, perangkat ini sangat mahal yakni $ 4.500 atau setara dengan Rp64,8 juta.

9. iPhone XS dan XS Max

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  engadget.com

Meskipun hanya memiliki RAM 4GB namun duo iPhone XS ini sangat powerfull. Chipset Bionic A12 yang digunakan di iPhone XS memiliki fitur keamanan bawaan untuk mencegah serangan. IOS 13 juga meningkatkan level keamanan.

Fakta bahwa Apple mengontrol perangkat lunak dan perangkat keras memungkinkannya untuk meluncurkan pembaruan perangkat lunak dengan cepat. Apple selalu mendukung privasi pengguna, bahkan ketika diseret ke pengadilan oleh FBI.

10. Google Pixel 3 dan Pixel 3XL

Aman Banget, Ini 10 Smartphone dengan Teknologi Keamanan Tercanggih  T3.com

Pixel 3 dan Pixel 3 XL adalah smartphone buatan Google. Pixel 3 series adalah salah satu smartphone dengan kamera terbaik di dunia dan ditenagai oleh chipset Snapdragon 845 yang powerfull.

Apa yang membuat Pixel 3 salah satu smartphone paling aman adalah Pixel 3 series menjalankan versi stok Android 10. Jika kerentanan keamanan terlihat dalam perangkat lunak Android, ponsel Pixel adalah yang pertama menerima patch keamanan. Google meluncurkan patch keamanan yang tepat waktu untuk membuat pengguna terlindung dari segala eksploitasi dan peretasan data.

Nah itulah 10 smartphone yang hadir dengan teknologi keamanan tercanggih di dunia. Apakah smartphone kamu adalah salah satunya?

Baca Juga: 5 Smartphone Keluaran 2019 dengan Layar Nyaman & Idaman!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You