Comscore Tracker

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Charging

Mengisi daya tanpa kabel jadi sebuah fitur terbaru 

Smartphone dengan pengisian baterai nirkabel terlihat sangat keren. Cukup letakkan di atas docking station wireless maka smartphone sudah mengisi daya. Namun, ada beberapa kelemahan yang perlu diingat, pengisian nirkabel biasanya memakan waktu lebih lama daripada menggunakan kabel dan membuat smartphone sulit digunakan saat mengisi daya.

Wireless charging tersedia pada ponsel flagship dengan body kaca. Tidak setiap smartphone flagship memiliki teknologi ini. Berikut adalah 8 smartphone android yang hadir dengan fitur wireless charging.

1. Huawei P30 Pro

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingandroidauthority.net

P30 Pro adalah smartphone terbaru dari Huawei. P30 Pro sangat mengesankan dengan setup kameranya yang sangat serbaguna, dengan empat sensor di bagian belakang. P30 Pro sangat menakjubkan dalam kondisi low light dan memberi kamu banyak fleksibilitas berkat lensa telefoto serta lensa ultra wide angle.

P30 Pro terlihat cantik, memiliki notch yang jauh lebih kecil dari P20 Pro dan bezel yang lebih tipis di sekelilingnya. Seperti Mate 20 Pro, P30 Pro dilengkapi pemindai sidik jari dalam layar dan pengisian daya nirkabel. Bahkan mendukung reverse wireless charging.

P30 Pro ditenagai oleh chipset Kirin 980 dan memiliki layar 6,47 inci yang melengkung di samping. Spesifikasi dan fitur lainnya termasuk rating IP68, storage hingga 512GB yang dapat diperluas melalui kartu Memori Nano milik Huawei dan baterai 4.200 mAh. Saat ini P30 Pro dijual degan harga Rp10,8 juta.

2. Samsung Galaxy S10 series

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingsamsung.com

Ketiga ponsel Galaxy S10 yakni Galaxy S10+, S10 dan S10e sudah mendukung pengisian daya nirkabel. Terlebih lagi, S10 series menampilkan apa yang disebut Samsung Wireless PowerShare, memungkinkan Galaxy S10 series berfungsi ganda sebagai pengisi daya untuk perangkat pengisian nirkabel lainnya.

Model Plus jadi yang terbaik dari tiga Galaxy S10, menampilkan layar dan baterai terbesar serta dua kamera depan. S10+ juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang, pemindai sidik jari dalam layar dan rating IP68, yang semuanya tersedia juga pada S10. Sedangkan Galaxy S10e memiliki layar terkecil dan dilengkapi dengan dua kamera belakang.

S10e tidak memiliki layar melengkung atau pemindai sidik jari dalam layar. Tetapi S10e memiliki chipset yang sama, RAM dan tahan terhadap air dan debu. Ketiga model ini mendukung penyimpanan yang dapat diperluas dan dilengkapi dengan jack headphone. S10 series dibanderol dengan harga mulai dari Rp8,5 juta hingga Rp15,6 juta.

3. Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingwccftech.com

Meskipun Galaxy Note 10 seris tidak mendapatkan antusiasme yang sama dengan Note 9, tapi Note 10 dan Note 10+ merupakan smartphone terbaik saat ini. Note 10 series tidak hanya hadir dengan fitur pengisian nirkabel, tetapi juga hadir dengan reverse wireless charging, sanat ideal untuk menjaga baterai headphone nirkabel dan smartwatch tetap penuh saat bepergian. 

Galaxy Note 10 memiliki spesifikasi gahar dengan 8GB RAM dan 256 GB penyimpanan dan versi Note 10+ hadir dengan 12 GB RAM, 256 atau 512GB penyimpanan. Kedua perangkat menggunakan prosesor Exynos 9825. S Pen juga telah menerima peningkatan yang signifikan, seperti tampilan Galaxy Note.

Kamu sekarang dapat menemukannya dalam empat warna gradien yang cantik yakni Aura Glow, Aura White, Aura Black dan Aura Blue. Layar besar dan baterai 3500mAh atau 4.300 mAh juga merupakan fitur andalan. Note 10 series dibanderol dengan harga Rp12,9 juta hingga Rp16,5 juta.

4. Google Pixel 3 dan 3 XL

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingengadget.com

Pixel 3 dan 3 XL mendukung  fast wireless charging 10W dengan bantuan Pixel Stand, yang dijual terpisah. Saat berada Pixel Stand, Pixel 3 dapat mengaktifkan mode Jangan Ganggu secara otomatis di malam hari, berubah menjadi bingkai foto dan banyak lagi.

Pixel 3 dan 3 XL sangat mirip dalam hal spesifikasi yakni dengan chipset Snapdragon 845, 4GB RAM dan 64/128G penyimpanan. Kamera belakang 12.2MP. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah tampilan. Pixel 3 memiliki layar Full HD + 5,5 inci, sedangkan pada model XL hadir dengan layar 6,3 inci, menawarkan resolusi Quad HD + dan memiliki notch. Pixel 3 Series dijual pada harga Rp10,5 juta hingga Rp14,5 juta.

Baca Juga: 10 Android Hacks yang Bikin Hidupmu Lebih Mudah, Terapkan Yuk!

5. Huawei Mate 20 Pro

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingxiaomitoday.com

Huawei Mate 20 Pro mendukung pengisian nirkabel 15W dan merupakan smartphone pertama yang mendukung pengisian nirkabel terbalik. Itu berarti kamu dapat menggunakannya sebagai pengisi daya nirkabel dengan meletakkan smartphone atau smartwatch yang kompatibel dengan Qi di body Mate 20 Pro.

Mate 20 Pro menawarkan layar 6,39 inci, chipset Kirin 980, dan RAM sebesar 8GB. Mate 20 Pro memiliki tiga kamera di bagian belakang, pemindai sidik jari dalam layar dan baterai 4.200. Bahkan memiliki 3D face recognition. Mate 20 Pro memiliki desain premium dengan body berbahan kaca dan bingkai logam serta hadir dalam berbagai warna yang menarik. Mate 20 Pro sekarang bernilai Rp7,8 juta.

6. Xiaomi Mi 9

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Charginggsmarena.com

Xiaomi Mi 9 ditenagai oleh chipset Snapdragon 855, tiga kamera belakang dan pemindai sidik jari dalam layar. Mi 9 juga memiliki desain yang menarik dan terbuat dari kaca serta logam. Versi global dari Mi 9 hadir dengan 6GB RAM dan 64 atau 128GB penyimpanan, sementara versi Cina mendapatkan varian dengan 8 atau 12GB RAM dan 256GB penyimpanan.

Mi 9 mendukung fast wireless charging dan dapat megisi daya dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu 1 jam 40 menit jika kamu menggunakan special Charge Turbo wireless pad. Mi 9 juga mendukung pengisian kabel 27W yang akan mengisi penuh baterai dalam waktu sekitar 65 menit. Kelemahan  Mi 9 adalah tidak ada rating IP, tidak ada penyimpanan yang dapat diperluas atau jack headphone. Rp5,1 juta - Rp6,3 juta adalah harga dari Mi 9 saat ini.

7. Razer Phone 2

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingtomsguide.com

Smartphone gaming adalah tren terbaru di dunia Android. Namun, tidak semua smartphone game dibuat sama. Banyak fokus pada aksesori dan bling dengan mengorbankan fungsi lainnya. Hal ini tidak terjadi dengan Razer Phone  2 yang hadir dengan spesifikasi high end dan wireless charging.

Desain Razer Phone 2 sangat ramping. Namun, Razer Phone 2 memiliki bezel besar di atas dan di bawah yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan semua orang. Tetapi layarnya adalah salah satu sangat untuk bermain game! Meskipun menggunakan panel LCD, Razer Phone mempunyai kecepatan refresh 120Hz dengan resolusi 2.560 x 1.440 pixel. Razer Phone 2 memiliki chipset Snapdragon 845 dengan 8GB RAM dan 64GB penyimpanan internal serta baterai 4.000 mAh yang sangat besar. Razer Phone 2 saat ini dibanderol dengan harga Rp8,2 juta saja.

8. Sony Xperia XZ3

8 Smartphone Android Terbaik dengan Fitur Wireless Chargingpocket-lint.com

Kombinasi spesifikasi kelas atas, desain premium dan fitur unik lainnya seperti 3D Creator menjadikan Xperia XZ3 salah satu smartphone terbaik dengan pengisian daya nirkabel. Xperia XZ3 memiliki layar OLED melengkung, dual speaker dan sistem operasi Android 9.0. Dengan kustomisasi UI buatan Sony menambahkan fitur seperti Side Sense, yang memunculkan mini app drawer saat kamu mengetuk dua kali di tepi layar. Tidak seperti kebanyakan flagships lainnya, Xperia XZ3 tidak memiliki notch atau punch hole dan hanya dilengkapi dengan satu kamera belakan serta pemindai sidik jari terletak di bagian belakang.

Xperia XZ3 bukan untuk semua orang. Xperia XZ3 masih mempertahankan harga yang relatif tinggi yakni Rp11,2 juta meskipun dirilis hampir setahun yang lalu.

Nah itulah 8 smartphone android yang hadir dengan fitur wireless charging. Kamu tertarik dengan yang mana nih?

Baca Juga: Keren, Ini 10 Fitur Terbaru di Android 10 yang Semakin Canggih

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You