9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgrade

Kapasitas penyimpanan makin besar

Beberapa tahun yang lalu, smartphone dengan memori yang dapat di-upgrade tidak menjadi pilihan utama. Namun, walaupun tidak semua perangkat memilikinya, fitur ini kini sangat berguna.

Ada beberapa smartphone yang menyertakan slot kartu microSD, sehingga kamu dapat memperluas penyimpanan. Apa saja? Berikut 9 smartphone Android terbaik dengan memori yang dapat diperluas.

1. Samsung Galaxy S10 series

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradetechnomedial.com

Galaxy S10 Plus, S10 dan S10e memiliki slot kartu microSD, memungkinkan kamu untuk memperluas memori sebanyak 512GB. Dikombinasikan dengan versi high-end 1TB dari S10 Plus, kamu bisa mendapatkan ruang memori sebanyak 1,5TB.

Ketiga ponsel diberi rating IP68, memiliki chipset yang sama yakni Exynos 9820 dan mendukung pengisian nirkabel. Galaxy S10 Plus menawarkan fitur paling banyak, menampilkan layar terbesar, RAM terbesar hingga 12GB dan dua kamera depan. Sebagian besar spesifikasi lainnya sama dengan Galaxy S10, yang mencakup pemindai sidik jari dalam layar, tiga kamera belakang dan layar melengkung.

Galaxy S10e adalah ponsel terkecil dan termurah. Dengan dua kamera belakang, layar datar dan pemindai sidik jari yang dipasang di samping. S10e dijual dengan harga Rp9,2 juta, S10 dijual dengan harga Rp9,9 juta dan S10+ dijual dengan harga Rp10,8 juta hingga Rp19,5 juta.

2. Sony Xperia 1

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradephonearena.com

Flagship terbaru dari Sony hadir dengan 64GB atau 128GB penyimpanan internal yang dapat diperluas hingga 1TB dengan slot MicroSD. Ini adalah smartphone yang besar, dengan layar 6,5 inci 4K dengan rasio aspek 21: 9. Ditenagai oleh chipset Snapdragon 855 dengan 6GB RAM. Xperia 1 juga dilengkapi tiga kamera belakang, tahan terhadap air dan debu serta memiliki pemindai sidik jari yang terpasang di samping. Xperia 1 tanpa pengisian nirkabel dan jack headphone.

3. Asus Zenfone 6

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradetechradar.com

Ada beberapa alasan yang menjadikan Asus Zenfone 6 menjadi salah satu smartphone Android terbaik dengan memori yang dapat diperluas. Zenfone 6 menawarkan spesifikasi andalan dengan banderol harga Rp8,5 juta. Hadir dengan baterai 5.000 mAh dan menjalankan Android yang mirip versi Android stock.

Tetapi yang membuatnya sangat menarik adalah kamera flip-up di bagian belakang yang juga dapat digunakan untuk mengambil foto selfie. Desain ini memungkinkan Asus untuk membuat ponsel tanpa notch atau punch hole untuk kamera depan. Kamu bisa mendapatkan Zenfone 6 dengan penyimpanan 64 atau 128GB yang dapat diperluas hingga 1TB.

4. LG V50 ThinQ

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradeandroidauthority.net

V50 ThinQ adalah smartphone dengan peningkatan minor atas pendahulunya, V40 ThinQ. Smartphone 5G ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 855, hadir dengan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas dengan MicroSD hingga 1TB. Ini adalah ponsel pintar yang bagus untuk pecinta musik, karena dilengkapi jack headphone serta Quad DAC untuk pengalaman audio yang lebih baik dengan headphone yang tepat. V50 juga dilengkapi dengan lima kamera, tiga di bagian belakang dan dua di bagian depan, IP68 dan memiliki baterai 4.000 mAh.

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Skor DxoMark Terbaik Bulan Juni, Ada Siapa Aja?

5. ZTE Axon 10 Pro

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradephonearena.com

Versi terendah flagship ZTE hadir dengan 128GB penyimpanan internal, tetapi pada versi tertinggi terdapat 256GB storage. Slot kartu microSD memungkinkan kamu memperluas penyimpanan hingga mencapai 1TB. Axon 10 Pro memiliki desain yang menarik dan spesifikasi kelas atas. Kamu mendapatkan chipset Snapdragon 855, tiga kamera belakang dan pemindai sidik jari dalam layar.

Ponsel pintar ini memiliki layar besar 6,47 inci dengan tepi melengkung dan menawarkan OS Android Pie 9.0. Daya tahan baterainya luar biasa berkat baterai 4.000 mAh-nya, yang juga mendukung pengisian daya nirkabel. Semua hal ini digabungkan menjadikan Axon 10 Pro salah satu ponsel terbaik dengan memori yang dapat diperluas.

6. Oppo Reno 10x Zoom

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgrade9to5google.com

Ada banyak hal yang menarik dari Oppo Reno 10x Zoom. Selain mendukung penyimpanan yang dapat diperluas hingga 256GB, smartphone ini memiliki tiga kamera serbaguna di bagian belakang yang menawarkan 5x optical zoom dan 10x hybrid zoom. Oppo Reno 10x Zoom memiliki kualitas build yang bagus dan dilengkapi dengan pemindai sidik jari dalam layar yang tergolong sangat cepat. Ini adalah smartphone flagship yang menggunakan chipset Snapdragon 855 dan RAM sebesar 8GB. Layar AMOLED berukuran 6,6 inci.

Seperti biasa, ada beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Tidak ada jack headphone 3.5mm, tidak ada pengisian nirkabel atau IP. Oppo Reno 10 Zoom dibanderol dengan harga Rp12,9 juta.

7. Pocophone F1

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradethenetweb.com

Pocophone F1 ditenagai oleh chipset Snapdragon 845, hingga 8GB RAM dan hingga 256GB penyimpanan internal yang dapat diperluas hingga 500GB. Poco F1 mempunyai dua kamera belakang dan memiliki baterai 4.000 mAh. Layar berukuran 6,18 inci dan memiliki resolusi Full HD+. Bahkan ada jack headphone 3.5mm, tetapi tidak ada pengisian nirkabel atau rating IP. Poco F1 dibanderol dengan harga Rp3,9 juta.

8. Samsung Galaxy Note 9

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradetomsguide.com

Galaxy Note 9 hadir dengan 128 atau 512GB penyimpanan internal yang dapat diperluas hingga 512GB melalui kartu microSD. Memiliki jack headphone 3.5mm, diberi rating IP68 untuk perlindungan terhadap air dan debu serta mendukung pengisian nirkabel. Dietnagai chipset buatan Samsung Exynos 9810 dan RAM sebesar 8GB. Namun yang membedakannya adalah S Pen, yang memiliki dukungan Bluetooth LE dan memungkinkan kamu untuk mengontrol kamera dari jarak jauh.

Spesifikasi dan fitur lain dari Note 9 termasuk layar besar 6,4 inci dengan tepi melengkung, pemindai sidik jari yang dipasang di belakang dan dua kamera di bagian belakang. Semua hal ini digabungkan menjadikan Note 9 salah satu ponsel terbaik dengan memori yang dapat diupgrade. Note 9 dijual dengan harga Rp8,8 juta hingga Rp12 juta tergantung varian RAM dan storage.

9. Razer Phone 2

9 Smartphone Android Terbaik dengan Memori yang Bisa Di-upgradegsmarena.com

Razer Phone 2 adalah smartphone yang ditujukan untuk para gamer. Kamu mendapatkan penyimpanan internal 64GB dan opsi untuk menambahkan kartu microSD dengan kapasitas hingga 1TB. Razer Phone 2 menggunakan sistem pendingin vapor chamber cooling dan desain yang jelas menonjol. Terdapat dua speaker yang menghadap ke depan dan layar yang menampilkan kecepatan refresh 120Hz. Ponsel pintar ini juga memiliki rating IP67 dan baterai berukuran 4.000 mAh.

Razer Phone 2 menggunakan chipset Snapdragon 845 bersama dengan 8GB RAM. Razer Phone 2 dibanderol pada harga Rp9,4 juta.

Nah itulah 8 smartphone Android dengan memori internal yang dapat di-upgrade. Dengan penyimpanan yang luas, bisa menampung semua file, aplikasi dan game yang kamu punya di smartphone.

Baca Juga: 7 Smartphone Ini Bisa Didaur Ulang dan Sangat Ramah Lingkungan 

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You