Comscore Tracker

Samsung Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9: Ini 5 Perbedaannya

Kamu pilih yang mana nih?

Samsung Galaxy Note 10 adalah smartphone flagship terbaru dari Samsung. Galaxy Note 10 dirilis pada bulan Agustus lalu. Pada Galaxy Note 10, Samsung terus berinovasi dan menyempurnakan beberapa kekurangan yang masih terdapat pada pendahulunya yakni Galaxy Note 9.

Lantas, bagaimana jadinya jika Samsung Galaxy Note 10 dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 9? Berikut adalah perbandingannya.

1. Layar dengan teknologi terkini

Samsung Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9: Ini 5 Perbedaannyathenextweb.com

Samsung adalah yang terdepan dalam teknologi layar. Galaxy Note 9 memiliki layar seluas 6,4 inci, sedangkan Galaxy Note 10 memiliki layar 6,3 inci. Note 10 memiliki layar dengan panel Dynamic AMOLED yang menawarkan kecerahan lebih tinggi daripada Super AMOLED pada Galaxy Note 9.

Galaxy Note 9 sudah mempunyai fitur HDR10, tetapi Galaxy Note 10 memiliki fitur setingkat lebih tinggi yakni HDR10 +. Menariknya, kerapatan piksel pada Note 9 lebih tinggi daripada  Note 10, 516 ppi pada Note 9 sedangkan Note 10 hanya 401 ppi.

2. Jeroan yang lebih bertenaga

Samsung Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9: Ini 5 Perbedaannyapocketnow.com

Galaxy Note 9 ditenagai oleh chipset Exynos 9810, sementara Note 10 ditenagai chipset Exynos 9825. Samsung mengatakan bahwa Galaxy Note 10 33% lebih cepat dalam hal pemrosesan dan 42% lebih cepat dalam hal grafis jika dibandingkan Galaxy Note 9.

Note 9 hadir dengan 6GB atau 8GB RAM, Note 10 hadir dengan 8GB RAM. Galaxy Note 10 memiliki baterai yang jauh lebih kecil daripada Note 9, tetapi Note 10 juga memiliki layar yang sedikit lebih kecil dan chipset yang lebih hemat daya. Galaxy Note 9 ditenagai baterai 4000mAh sedangkan Galaxy Note 10 memiliki baterai berkapasitas 3500 mAh.

3. Dual Kamera VS Triple Kamera

Samsung Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9: Ini 5 Perbedaannyaphonearena.com

Galaxy Note 9 hanya memiliki dua kamera dengan resolusi 12-megapiksel untuk kamera belakang dan kamera depan 8 megapiksel. Disisi lain Galaxy Note 10 hadir dengan tiga buah kamera belakang dengan konfigurasi lensa ultra wide 16-megapiksel, 12-megapiksel lensa wide dan lensa telefoto 12-megapiksel serta 10-megapiksel untuk kamera depannya.

Baca Juga: Cara Bikin Film Ala Sutradara Lewat Samsung Galaxy Note 10 Plus

4. Software dengan dukungan DeX desktop mode

Samsung Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9: Ini 5 Perbedaannyazdnet.com

Keduanya sama-sama sudah menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan user interface Samsung One UI. Samsung Galaxy Note 10 bisa dipastikan menjadi salah satu smartphone Samsung yang bisa mencicipi Android 10. Tapi untuk Galaxy Note 9 belum ada desus-desus bahwa akan mendapatkan update OS.

Pada Samsung Galaxy Note series, kamu pasti akan menemukan S -Pen stylus. Fitur lainnya yang cukup menarik adalah Bixby, mode DeX dan banyak lagi. Note 10 memiliki beberapa peningkatan di S-Pen dan dukungan DeX yang diperluas, memungkinkan pengguna untuk mengkonversi tulisan tangan dan mengekspor ke Microsoft Word atau merubah Galaxy Note 10 menjadi desktop.

5. Desain yang makin indah dan stylish

Samsung Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9: Ini 5 Perbedaannyathestar.com.my

Samsung Galaxy Note 10 jauh lebih kecil daripada Note 9, meskipun hampir memiliki ukuran layar yang sama. Samsung telah berhasil membuat layar yang jauh lebih besar tanpa harus membesarkan ukuran smartphone. Galaxy Note 10 hadir dengan desain edge-to-edge serta punch-hole seperti pada Galaxy S10.  Kedua smartphone ini menggunakan body kaca di depan dan di belakang yang melengkung dengan rapi ke dalam bingkai logam, tetapi Note 10 menggunakan setup kamera yang ditumpuk secara vertikal.

S-Pen dan port pengisian USB-C, tetapi Samsung telah membuang port audio 3.5mm pada Note 10. Sensor sidik jari di bagian belakang pada Note 9, sedangkan Note 10 beralih ke pemindai sidik jari ultrasonik dalam layar. Keduanya tahan terhadap debu dan air berkat IP68.

Samsung Galaxy Note 10 dibanderol dengan harga Rp11,9 juta sedangkan Galaxy Note 9 dijual pada rentang harga Rp9,9 juta hingga Rp10,2 juta tergantung varian ram yang kamu pilih. Nah itulah 5 perbedaan Galaxy Note 10 VS Galaxy Note 9, kamu pilih yang mana nih?

Dapatkan galaxy note10 di Shopee dan gunakan kode voucher Shopee untuk diskon tambahan ya!

Baca Juga: 7 Fitur Samsung Galaxy Note 10 Plus yang Membuat HP Lain Mendadak Kuno

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya